FAKULTAS KEDOKTERAN GIGI

  1. Informasi Umum

    Pada tanggal 13 Agustus 2009, didirikanlah Program Studi Kedokteran Gigi (PSKG) di Universitas Lambung Mangkurat (Unlam). Program studi ini berada dalam naungan Fakultas Kedokteran, dan beralamatkan di Jalan Ahmad Yani km 36,5 Banjarbaru, Kalimantan Selatan. Di kampus tersebut juga berdiri program studi yang lain, yaitu Program Studi Pendidikan Dokter (PSPD), Program Studi Kesehatan Masyarakat (PSKM), Program Studi Ilmu Keperawatan (PSIK), dan Program Studi Psikologi (PSPsi). Kemudian, pada tanggal 28 Maret 2012, Program Studi Kedokteran Gigi (PSKG) dan Program Studi Pendidikan Dokter (PSPD) resmi pindah ke kampus baru yang beralamat di Jalan Veteran No. 128B RT.20, Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

  2. Visi

    Program studi yang unggul dalam penyelenggaraan Tridharma Perguruan Tinggi untuk menghasilkan lulusan yang berkompeten, serta memiliki kemandirian dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

  3. Misi
    1. Menyelenggarakan dan memantapkan penyelenggaraan pendidikan kedokteran gigi yang berbasis kompetensi dan pembelajaran berpusat pada mahasiswa.
    2. Menyelenggarakan penelitian yang menghasilkan IPTEK kedokteran gigi yang mengacu pada unggulan universitas, kebutuhan prioritas masyarakat lokal dan daerah serta pembangunan nasional.
    3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dan menyebarluaskan IPTEK kedokteran gigi untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat.
    4. Menyelenggarakan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat berbasis permasalahan kesehatan gigi berwawasan penyakit pada lahan basah.
  4. Tujuan
    1. Mampu melakukan profesi dokter gigi dan senantiasa meningkatkan dan menilai kegiatan profesi secara berkala, menyadari keperluan untuk menambah pendidikan, memilih sumber pendidikan yang sesuai, serta menilai kemajuan yang telah dicapai secara kritis.
    2. Mengembangkan ilmu kesehatan dan ilmu kedokteran gigi, serta mencari penyelesaian masalah kesehatan penderita, masyarakat dan sistem pelayanan kesehatan.
    3. Memelihara dan mengembangkan kepribadian dan sikap yang diperlukan untuk kelangsungan profesinya dan berfungsi sebagai anggota masyarakat yang kreatif, produktif dan bersikap terbuka.
    4. Menghasilkan kinerja pendidikan, lulusan, temuan hasil penelitian dan pengabdian masyarakat terutama permasalahan kesehatan gigi pada lahan basah.
  5. Program Studi & Kurikulum
    Kedokteran Gigi S1 Kedokteran Gigi
  6. Contact

    Alamat : Jl. Veteran, Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Indonesia, Kode Pos 70232
    Telp. : (0511) 3255604
    Fax : (0511) 3255604
    Website: http://fkg.unlam.ac.id