FAKULTAS KEDOKTERAN

  1. Informasi Umum

    Cita-cita masyarakat Kalimantan Selatan (Kalsel) untuk memiliki Fakultas Kedokteran telah dimulai sejak tahun 1966 dengan pembentukan Panitia Persiapan dan pembukaan Perguruan Tinggi Kedokteran Kalsel yang dilebur ke dalam Universitas Ahmad Yani di bawah pembinaan Kodam X Lambung Mangkurat. Fakultas Kedokteran Ahmad Yani berjalan sampai tahun 1972. Kemudian terbit Peraturan Pemerintah yang mensyaratkan untuk memilih apakah menjadi Fakultas Kedokteran yang dikelola swasta murni/bukan proyek ABRI atau menjadi Fakultas Kedokteran Negeri yang berada di lingkungan Universitas Lambung Mangkurat (Unlam). Dari hasil penilaian, ternyata Unlam belum siap menerima kehadiran Fakultas Kedokteran, karena keterbatasan dana dan tenaga. Dengan demikian, mahasiswa Fakultas Kedokteran Ahmad Yani yang telah duduk di tingkat III (30 orang) harus disalurkan ke berbagai Fakultas Kedokteran di Jawa dan Sulawesi.

    Cita-cita tersebut ternyata tidak pernah padam. Pada tanggal 6 September 1989 dikeluarkan SK Dirjen Dikti No. 87/DIKTI/Kep/1989 tentang Pembentukan Program Studi Kedokteran di Unlam. Pada tanggal 11 Agustus 1990, Pimpinan Program Studi Kedokteran Unlam dilantik oleh Rektor Unlam, dan pada akhir Agustus dilaksanakan pembukaan masa perkuliahan.

    Adapun Pimpinan Program Studi Kedokteran Unlam yang pertama adalah:

    Ketua : Prof. dr. H. Abdulcholiq Chuseri, M.Sc, Ph.D
    Sekretaris I : dr. H. Hasni Hasan Basri, Sp.A
    Sekretaris II : dr. H. Soekirman MD, Sp.THT
    Sekretaris III : dr. H. Hasyim Fachir

    Setelah menyelenggarakan kegiatan akademik beberapa tahun, dikeluarkan SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 0366/O/1993 tanggal 21 Oktober 1993 tentang Program Studi Kedokteran ditingkatkan menjadi Fakultas Kedokteran Unlam.

    Sejalan dengan tujuan masyarakat Kalsel menuju ”Kalimantan Selatan Sehat 2010”, Fakultas Kedokteran Unlam mendirikan Program Studi Kesehatan Masyarakat pada tahun 2002. Berdasarkan SK Rektor Unlam No. 243/JO8/PP/2002, tentang Pembentukan Program Studi Kesehatan Masyarakat pada Fakultas Kedokteran Unlam, Program Studi Kesehatan Masyarakat mulai menerima mahasiswa baru pada tahun akademik 2002/2003. Proses pembelajaran Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran Unlam terus berjalan, dan pada tanggal 13 April 2004, Dirjen Dikti Depdiknas mengeluarkan SK No. 1362/D/T/2004 tentang Ijin Penyelenggaraan Program Studi Kesehatan Masyarakat (S1) pada Universitas Lambung Mangkurat. Saat ini Program Studi Kesehatan Masyarakat menerima mahasiswa melalui jalur reguler dan alih jenjang. Saat ini, Program Studi Pendidikan Dokter dan Program Studi Kesehatan Masyarakat telah menyandang akreditasi B.

  2. Visi

    Menjadi fakultas yang unggul dalam penyelenggaraan Tridharma Perguruan Tinggi untuk menghasilkan lulusan yang kompeten dalam bidang pengelolaan penyakit dan komunitas berbasis area sungai dan pertambangan pada tingkat nasional tahun 2023 berlandaskan moral dan etika.

  3. Misi
    1. Memantapkan penyelenggaraan pendidikan sebagai teaching faculty dalam menghasilkan lulusan yang berkompeten, bermoral dan beretika dalam bidang pengelolaan penyakit dan komunitas di daerah sungai dan pertambangan sebagai pendukung pembangunan nasional.
    2. Menyelenggarakan penelitian yang menghasilkan IPTEK kedokteran dan kesehatan sesuai dengan bidang unggulan pengelolaan penyakit dan komunitas di daerah sungai dan pertambangan.
    3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dan menyebarluaskan IPTEK kedokteran dan kesehatan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat terutama pada penyakit-penyakit di daerah sungai dan pertambangan.
    4. Memantapkan pengelolaan fakultas kedokteran dan ilmu kesehatan yang transparan dan akuntabel.
    5. Memantapkan kerjasama dengan berbagai pihak, baik regional, nasional maupun internasional dalam kegiatan tridharma perguruan tinggi dan penggalian sumber dana (income generating).
  4. Tujuan
    1. Terwujudnya penyelenggaraan pendidikan kedokteran dan ilmu kesehatan yang mampu menghasilkan lulusan yang kompeten, bermoral dan beretika terutama dalam hal pengelolaan penyakit dan komunitas di daerah sungai dan pertambangan sehingga mampu bersaing di tingkat nasional.
    2. Menghasilkan penelitian yang bermutu dan dapat dimanfaatkan untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan pelayanan kepada masyarakat terutama dalam mengatasi masalah pada bidang kedokteran dan kesehatan di daerah sungai dan pertambangan.
    3. Terwujudnya kegiatan pengabdian masyarakat yang bermutu, konsisten dan terarah sehingga dapat membantu meningkatkan derajat kesehatan masyarakat terutama pada masalah penyakit di daerah sungai dan pertambangan.
    4. Terwujudnya manajemen Fakultas yang transparan dan akuntabel.
    5. Terjalinnya kerjasama regional, nasional dan internasional di bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat untuk pencapaian visi misi Fakultas.

     

  5. Program Studi & Kurikulum
    Kedokteran S1 Pendidikan Dokter
      S1 Kesehatan Masyarakat
      S1 Ilmu Keperawatan
      S1 Psikologi
  6. Contact

    Jl. Veteran No. 128 Banjarmasin 70232 – Jl. A. Yani km 36,00 Banjarbaru 70712
    Website: http://fk.unlam.ac.id