ORGANISASI MAHASISWA

Pengembangan kegiatan mahasiswa dilingkungan Universitas Lambung Mangkurat merupakan bagian integral dalam sistem. Pendidikan Nasional sebagai kegiatan ekstrakurikuler seiring dengan usaha pencapaian tujuan Pendidikan Tinggi.

Fungsi Organisasi Mahasiswa dan Unit Kegiatan Mahasiswa adalah sebagai wahana, sarana dan wadah untuk :

  1. Pengembangan diri mahasiswa untuk menanamkan sikap ilmiah, pemahaman tentang arah profesi dan sekaligus meningkatkan kerjasama serta menambahkan rasa persatuan dan kesatuan.
  2. Pengembangan, pelatihan dan keterampilan berorganisasi, manajemen dan kepemimpinan.
  3. Pengembangan terhadap kemampuan dan keterampilan dalam penalaran dan keilmuan, minat bakat dan kegemaran, peningkatan kesejahteraan mahasiswa dan pengabdian kepada masyarakat.

Adapun organisasi yang ada di tingkat Universitas Lambung Mangkurat adalah :

  1. DPM (Dewan Perwakilan Mahasiswa) adalah sebuah Badan Legislatif Mahasiswa dalam Perguruan Tinggi yang merupakan lembaga tertinggi sebagai pengurus dan pengendali kehidupan dinamika keorganisasian dan aspirasi mahasiswa di Perguruan Tinggin, dengan demikian DPM merupakan Pengawas BEM.
  2. BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa) adalah organisasi mahasiswa intra kampus yang merupakan Badan Eksekutif ditingkat Universitas. Dalam melaksanakan program kerjanya BEM menjadi sebuah lembaga yang bisa mewadahi aspirasi mahasiswa yang memiliki semangat untuk melakukan perubahan dalam paradigma emosional, intelektual sekaligus nilai-nilai religius.
  3. UKM atau Unit Kegiatan Mahasiswa yaitu organisasi kemahasiswaan ditingkat Universitas yag memiliki kesamaan minat, kreativitas dan orientasi aktivitas yang membidangi 1 (satu) jenis kegiatan ekstrakurikuler tetentu yang bersifat terbuka bagi seluruh mahasiswa Universitas Lambung Mangkurat.

UKM-UKM yang ada di tingkat Universitas adalah sebagai berikut :

  1. UKM Taekwondo.
  2. UKM Kempo.
  3. UKM Kampoeng Seni Budaya (KSB).
  4. UKM Unit Kerohanian Mahasiswa Muslim (UKMM).
  5. UKM Pusat Informasi Konseling Mahasiswa “Bina Remaja Mandiri” (PIK-MA BRM).
  6. UKM Merpati Putih.
  7. UKM Koperasi Mahasiswa (KOPMA).
  8. UKM Kelompok Mahasiswa Pencinta Alam Dan Seni “Borneo” (Kompas Borneo).
  9. UKM Pramuka “Dewan Racana Hasanuddin HM Dan Ratu Zaleha”.
  10. UKM Korps Sukarela Palang Merah Indonesia (KSR-PMI).
  11. UKM Lembaga Penerbitan dan Pers Mahasiswa “Kinday” (LPM Kinday).
  12. UKM Resimen Mahasisawa (MENWA).
  13. UKM Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT).
  14. UKM Lembaga Advokasi Dan Aksi Mahasiswa (LA2M).
  15. UKM Institut Karate-Do Indenesia (INKAI).

Selain DPM, BEM, dan UKM-UKM yang ada di Universitas, terdapat pula BLM, BEM, dan UKM serta HIMA (Himpunan Mahasiswa) yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing Fakultas.