Sambutan Rektor Unlam

SUTARTO HADI

“Selamat datang mahasiswa baru di kampus perjuangan Unlam”

Saya mengucapkan selamat datang kepada mahasiswa baru Unlam yang diterima melalui jalur SNMPTN 2015. Selamat bergabung di kampus perjuangan Unlam. Unlam adalah universitas tertua di Kalimantan yang didirikan pada 21 September 1958, berkat jasa dan perjuangan Pahlawan Nasional Brigjen H. Hassan Basry bersama dengan penjuang nasional yang tergabung dalam Divisi IV ALRI Pertahanan Kalimantan. Pendirian Unlam pada tahun 1958 adalah langkah visioner para pejuang untuk membangun sumber daya manusia Kalimantan. Mereka menyadari bahwa kemerdekaan 17 Agustus 1945 harus diisi dengan pembangunan untuk menyejahterakan rakyat. Salah satunya melalui pendidikan tinggi. Brigjen H. Hassan Basry adalah Rektor Unlam yang pertama yang menjabat dari 1958 hingga 1963.

Beberapa tahun sebelum mendirikan Unlam, langkah visioner lain dari Brigjen H. Hassan Basry adalah pada 17 Mei 1949 ketika beliau memproklamasikan Kalimantan sebagai bagian dari NKRI. Pada saat itu, berdasarkan Perjanjian Linggarjati Belanda hanya mengakui wilayah RI meliputi Jawa, Sumatera, dan Madura. Para pejuang di Kalimantan tidak menerima konsep tersebut. Pada 17 Mei 1949 dicetuskanlah Proklamasi 17 Mei yang berbunyi:

PROKLAMASI

Merdeka!

Dengan ini kami rakyat Indonesia di Kalimantan, mempermaklumkan berdirinya pemerintahan Gubernur Tentara ALRI melingkupi seluruh daerah Kalimantan menjadi bagian dari Republik Indonesia, untuk memenuhi isi Proklamasi 17 Agustus 1945 yang ditandatangani oleh Presiden Soekarno dan Wakil Presiden Mohammad Hatta. Hal-hal yang bersangkutan dengan pemindahan kekuasaan akan dipertahankan dan kalau perlu diperjuangkan sampai tetes darah yang penghabisan. Tetap Merdeka!

Kandangan, 17 Mei IV REP

Atas nama rakyat Indonesia di Kalimantan

Gubernur Tentara

HASSAN BASRY

Sekali lagi, saya ingin mengucapkan selamat bergabung di kampus perjuangan kepada mahasiswa baru Unlam yang telah diterima melalui jalur SNMPTN 2015. Kepada yang belum berhasil masih ada kesempatan bergabung melalui jalur SBMPTN 2015 dan melalui jalur UTAMA (Ujian Tulis Mandiri Masuk) Unlam.

Rektor,

Prof. Dr. Sutarto Hadi, M.Si., M.Sc.