Beranda » Kegiatan » Sosialisasi Undang-Undang No 12 Th. 2012 tentang Pendidikan Tinggi

 
 

Sosialisasi Undang-Undang No 12 Th. 2012 tentang Pendidikan Tinggi

Sehubungan dengan terbitnya Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi, maka untuk mempercepat pemahaman Undang-Undang tersebut, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan mengadakan Sosialisasi yang akan dilaksanakan pada: Rabu, 31 Oktober 2012, mulai pukul 09.30 s.d. selesai, bertempat di Ruang Aula Lt. 1 Rektorat UNLAM. 

Untuk itu, Rektor UNLAM mengundang seluruh Pimpinan Fakultas di lingkungan UNLAM, Pimpinan Perguruan Tinggi Swasta, Ketua dan Sekretaris Kopertis Wilayah XI Kalimantan, Direktur Politeknik Negeri Banjarmasin, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Selatan, Ketua Lembaga, Ketua Prodi, Kepala Biro, Ketua BEM dan mahasiswa UNLAM. 

Adapun narasumber dalam kegiatan tersebut adalah Prof T Basaruddin, PhD. atau lebih populer dikenal dengan Chan adalah guru besar di Fakultas Ilmu Komputer (Fasilkom) UI dengan bidang keahlian Komputasi Numerik dan Komputasi Berkinerja Tinggi. Sejak menyelesaikan program doktor di University of Manchester tahun 1990, membaktikan diri sebagai dosen yang selalu menyukai berada di tengah-tengah mahasiswa. Di Fasilkom UI ia banyak belajar nilai-nilai dan prinsip akademis yang dicontohkan baik oleh para senior maupun juniornya.

Pengalaman manajemen dimulai saat menjabat sebagai Pembantu Dekan bidang Akademik di Fasilkom periode 1993 – 2000. Jabatan ini menjadi pengalaman yang sangat berharga khususnya menyangkut pengelolaan kegiatan akademik. Jabatan sebagai Pembantu Dekan bidang Kemahasiswaan pada tahun 2001 – 2002 memberi perspektif baru dan keyakinan baginya bahwa kegiatan bidang kemahasiswaan seharusnya diintegrasikan dengan dan dimaknai sebagai bagian tak terpisahkan dari kegiatan akademik. Kemudian mengusulkan konsep pengintegrasian tersebut dan disetujui Pimpinan UI. Sehingga sejak 2002 jabatan Pembantu Dekan bidang kemahasiswaan diintegrasikan di bawah Pembantu Dekan Akademik dan Kemahasiswaan di Fasilkom. Jabatan sebagai Dekan Fasilkom pada periode 2004 – 2012 tentu saja memperluas cakrawala dan pemahaman dalam pengelolaan fakultas, sehingga mendorongnya untuk mengembangkan inovasi dalam manajemen internal dalam upaya untuk peningkatan kinerja fakultas.

Prof T Basaruddin, PhD

Prof T Basaruddin, PhD

Sebagai reviewer Dewan Pendidikan Tinggi (DPT) sejak 1996 dan kemudian menjabat sebagai Sekretaris DPT pada periode 2003 – 2005, memberinya kesempatan untuk memahami lebih jauh dan kemudian melibatkan diri dalam penentuan kebijakan pengelolaan pendidikan tinggi di tingkat nasional. Pengalaman ini kemudian membawanya untuk berkecimpung lebih jauh sebagai konsultan ahli manajemen pendidikan tinggi baik di dalam maupun luar negeri. Sejak sekitar tahun 1999 hingga saat ini berperan aktif dan instrumental dalam kegiatan pengembangan otonomi perguruan tinggi di Indonesia. [] (pn)