Beranda » Berita » Unlam Berpartisipasi dalam Lokakarya Potensi Sektor Swasta

 
 

Unlam Berpartisipasi dalam Lokakarya Potensi Sektor Swasta

Membangun kerjasama dengan berbagai pihak, baik instransi pemerintah maupun sektor swasta merupakan salah satu misi Unlam sebagaimana dicanangkan dalam Renstra Unlam 2010-2014. Berbagai upaya telah dilakukan untuk meningkatkan kerjasama selama tiga tahun terakhir. Hasilnya, jumlah kerjasama meningkat pesat. Saat ini, Unlam telah mendapatkan manfaat besar dari kerjasama tersebut. Manfaat tersebut antara lain, pemberdayaan dosen dalam berbagai kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat, yang berimbas pada peningkatan jumlah publikasi, perolehan HKI dan pemantapan peran Unlam dalam program pengembangan masyarakat. Selain ini, mahasiswa Unlam memperoleh manfaat berupa beasiswa dan rekrutmen alumni oleh berbagai perusahaan.
Unlam juga merupakan salah satu perguruan tinggi yang terpilih sebagai mitra USAID dalam program HELM (Higher Education Leadership and Management). Serangkaian lokakarya yang disponsori oleh USAID telah diikuti oleh dosen dan staf Unlam.
Tiga lokakarya terakhir yang diikuti Unlam adalah: Lokakarya Penguatan Peran Perempuan dalam Kepemimpinan Pendidikan Tinggi di Surabaya. Lokakarya ini diikuti oleh Prof Dr Marijati Sangen, MM (Asdir Program Pascasarjana), Dr Herita Warni, MPd (PD I FKIP Unlam) dan Dra Fitri A Kusasi (Karo BAAK).
Kemudian, lokakarya integrasi data pendidikan tinggi di Makassar. Diikuti oleh Dr Abdi Fithria (Badan Penjaminan Mutu), Dr Badruz Saufari (Kaprodi Biologi) dan Akhmad Gazali SKom (Staf BAPSI).
Terakhir, lokakarya potensi sektor swasta: penguatan lembaga penelitian dan pengabdian masyarakat. Kegiatan ini berlangsung di Hotel Aryaduta, Makassar, 10-11 April 2013. Unlam diwakili oleh Prof Dr Sutarto Hadi MSc (Pembantu Rektor Bidang Perencanaan dan Kerjasama), Dr Ahmad Alim Bachri, SE, MSi (Ketua Lembaga Penelitian) dan Prof Dr Yudi Firmanul Ariffin, MSc (Kepala Pusat Unggulan Hutan Tropis Berkelanjutan).
Melalui lokakarya ini Unlam diharapkan akan semakin mantap dalam menjalin kerjasama dengan berbagai pihak, khususnya sektor swasta dan pemangku kepentingan lainnya. Ini diharapkan berdampak pada peningkatan kualitas pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.
Keterangan Foto:
1. Peserta dan panitia foto bersama sebelum sesi workshop pada hari kedua.

2. Prof Sutarto Hadi mempresentasikan hasil diskusi kelompok