Bacaan Setelah Sholat Tarawih

Nur Jannah


Bacaan Setelah Sholat Tarawih

Bacaan setelah sholat tarawih adalah kumpulan doa dan dzikir yang dibaca setelah selesai melaksanakan sholat tarawih. Bacaan ini biasanya berisi permohonan ampunan, keberkahan, dan perlindungan kepada Allah SWT. Contoh bacaan setelah sholat tarawih antara lain adalah doa qunut, doa sapu jagat, dan doa penutup majelis.

Membaca bacaan setelah sholat tarawih memiliki banyak keutamaan dan manfaat. Di antaranya adalah dapat menambah pahala, diampuni dosa-dosa, dan dikabulkan doa-doa. Selain itu, membaca bacaan setelah sholat tarawih juga merupakan bagian dari sunnah Rasulullah SAW.

Tradisi membaca bacaan setelah sholat tarawih telah ada sejak zaman Rasulullah SAW. Pada awalnya, bacaan yang dibaca setelah sholat tarawih hanya berupa doa qunut. Namun seiring perkembangan waktu, bacaan setelah sholat tarawih semakin beragam dan banyak.

bacaan setelah sholat tarawih

Bacaan setelah sholat tarawih memiliki beberapa aspek penting yang perlu diperhatikan. Aspek-aspek ini meliputi:

  • Niat
  • Waktu
  • Tempat
  • Tata cara
  • Doa-doa
  • Dzikir-dzikir
  • Keutamaan
  • Adab
  • Sejarah

Aspek-aspek tersebut saling berkaitan dan membentuk sebuah rangkaian ibadah yang utuh. Niat yang benar menjadi dasar utama diterimanya bacaan setelah sholat tarawih. Waktu dan tempat pelaksanaan juga perlu diperhatikan agar sesuai dengan sunnah Rasulullah SAW. Tata cara membaca doa-doa dan dzikir-dzikir harus dilakukan dengan benar dan sesuai dengan tuntunan. Keutamaan membaca bacaan setelah sholat tarawih sangat besar, di antaranya adalah diampuni dosa-dosa, dikabulkan doa-doa, dan ditambah pahala. Adab membaca bacaan setelah sholat tarawih juga perlu diperhatikan, seperti membaca dengan suara yang jelas dan tidak tergesa-gesa. Sejarah bacaan setelah sholat tarawih juga menarik untuk dipelajari, karena terdapat perkembangan dan perubahan praktik ibadah ini dari masa ke masa.

Niat

Niat merupakan salah satu aspek terpenting dalam beribadah, termasuk dalam membaca bacaan setelah sholat tarawih. Niat adalah tujuan atau keinginan yang ada dalam hati seseorang ketika melakukan suatu perbuatan. Dalam konteks bacaan setelah sholat tarawih, niat yang benar adalah beribadah kepada Allah SWT dan mengharap ridha-Nya. Niat ini harus diniatkan sebelum membaca bacaan setelah sholat tarawih.

Niat memiliki pengaruh yang besar terhadap diterimanya bacaan setelah sholat tarawih. Jika niatnya benar dan ikhlas, maka bacaan setelah sholat tarawih akan diterima oleh Allah SWT. Sebaliknya, jika niatnya tidak benar atau tidak ikhlas, maka bacaan setelah sholat tarawih tidak akan diterima oleh Allah SWT. Oleh karena itu, sangat penting untuk memperhatikan niat sebelum membaca bacaan setelah sholat tarawih.

Contoh niat yang benar sebelum membaca bacaan setelah sholat tarawih adalah sebagai berikut: “Aku niat membaca bacaan setelah sholat tarawih karena Allah SWT, untuk mengharap ridha-Nya dan untuk menambah pahala.” Niat ini dapat diucapkan dalam hati atau diucapkan dengan lisan.

Waktu

Waktu merupakan salah satu aspek penting dalam bacaan setelah sholat tarawih. Waktu yang dimaksud di sini adalah waktu pelaksanaan bacaan setelah sholat tarawih. Waktu pelaksanaan bacaan setelah sholat tarawih dapat dibagi menjadi beberapa bagian, yaitu:

  • Waktu Utama

    Waktu utama untuk membaca bacaan setelah sholat tarawih adalah setelah selesai sholat tarawih. Waktu utama ini biasanya dimulai setelah salam terakhir sholat tarawih dan berakhir sebelum sholat witir.

  • Waktu Sunnah

    Waktu sunnah untuk membaca bacaan setelah sholat tarawih adalah setelah sholat witir. Waktu sunnah ini dimulai setelah selesai sholat witir dan berakhir sebelum shubuh.

  • Waktu Makruh

    Waktu makruh untuk membaca bacaan setelah sholat tarawih adalah setelah shubuh. Waktu makruh ini dimulai setelah terbit fajar dan berakhir sebelum matahari terbit.

Waktu pelaksanaan bacaan setelah sholat tarawih perlu diperhatikan agar sesuai dengan sunnah Rasulullah SAW. Membaca bacaan setelah sholat tarawih pada waktu utama akan lebih utama dibandingkan membaca pada waktu sunnah atau makruh. Namun, jika tidak memungkinkan untuk membaca pada waktu utama, maka membaca pada waktu sunnah atau makruh tetap diperbolehkan.

Tempat

Tempat merupakan salah satu aspek penting dalam bacaan setelah sholat tarawih. Tempat yang dimaksud di sini adalah tempat pelaksanaan bacaan setelah sholat tarawih. Tempat pelaksanaan bacaan setelah sholat tarawih perlu diperhatikan agar sesuai dengan sunnah Rasulullah SAW dan memberikan kenyamanan bagi orang yang membaca.

  • Tempat Utama

    Tempat utama untuk membaca bacaan setelah sholat tarawih adalah masjid. Masjid merupakan tempat yang paling baik untuk beribadah, termasuk membaca bacaan setelah sholat tarawih. Di masjid, biasanya tersedia tempat khusus untuk membaca bacaan setelah sholat tarawih, seperti mimbar atau maqsura.

  • Tempat Sunnah

    Selain masjid, tempat sunnah untuk membaca bacaan setelah sholat tarawih adalah rumah. Rumah merupakan tempat yang nyaman dan tenang untuk beribadah, termasuk membaca bacaan setelah sholat tarawih. Di rumah, orang dapat membaca bacaan setelah sholat tarawih dengan khusyuk dan tidak terganggu oleh orang lain.

  • Tempat Makruh

    Tempat makruh untuk membaca bacaan setelah sholat tarawih adalah tempat-tempat yang ramai atau bising. Tempat-tempat seperti ini tidak kondusif untuk beribadah dan dapat mengganggu konsentrasi orang yang membaca bacaan setelah sholat tarawih.

  • Tempat Haram

    Tempat haram untuk membaca bacaan setelah sholat tarawih adalah tempat-tempat yang najis atau kotor. Tempat-tempat seperti ini tidak layak untuk beribadah dan dapat membatalkan ibadah.

Tempat pelaksanaan bacaan setelah sholat tarawih perlu diperhatikan dengan baik agar ibadah yang dilakukan dapat diterima oleh Allah SWT. Membaca bacaan setelah sholat tarawih di tempat yang utama atau sunnah akan lebih utama dibandingkan membaca di tempat yang makruh atau haram.

Tata cara

Tata cara membaca bacaan setelah sholat tarawih merupakan aspek penting yang perlu diperhatikan agar bacaan yang dibaca sesuai dengan sunnah Rasulullah SAW dan diterima oleh Allah SWT. Tata cara membaca bacaan setelah sholat tarawih meliputi beberapa hal, di antaranya:

  • Membaca doa iftitah
  • Membaca surat Al-Fatihah
  • Membaca surat pendek
  • Membaca doa qunut
  • Membaca doa sapu jagat
  • Membaca doa penutup majelis

Tata cara membaca bacaan setelah sholat tarawih tersebut dapat dilakukan dengan duduk atau berdiri. Namun, dianjurkan untuk membaca dengan berdiri, karena Rasulullah SAW biasanya membaca bacaan setelah sholat tarawih dengan berdiri.

Selain itu, perlu diperhatikan juga adab membaca bacaan setelah sholat tarawih, di antaranya:

  • Membaca dengan suara yang jelas dan tidak tergesa-gesa
  • Membaca dengan khusyuk dan tadabbur
  • Membaca dengan niat yang benar, yaitu mengharap ridha Allah SWT

Dengan memperhatikan tata cara dan adab membaca bacaan setelah sholat tarawih, diharapkan bacaan yang dibaca dapat diterima oleh Allah SWT dan memberikan manfaat bagi yang membacanya.

Doa-doa

Doa-doa merupakan bagian penting dari bacaan setelah sholat tarawih. Doa-doa tersebut berisi permohonan kepada Allah SWT agar diampuni dosa-dosa, dikabulkan hajat-hajat, dan diberikan perlindungan dari segala mara bahaya. Doa-doa ini biasanya dibaca setelah selesai membaca surat-surat pendek dan sebelum membaca doa qunut.

Membaca doa-doa setelah sholat tarawih memiliki banyak manfaat. Di antaranya adalah:

  • Mendapatkan ampunan dosa
  • Dikabulkannya hajat-hajat
  • Mendapat perlindungan dari segala mara bahaya
  • Menambah kedekatan dengan Allah SWT

Ada banyak doa-doa yang bisa dibaca setelah sholat tarawih. Beberapa di antaranya adalah:

  • Doa iftitah
  • Doa sapu jagat
  • Doa qunut
  • Doa penutup majelis

Dengan membaca doa-doa setelah sholat tarawih, diharapkan kita dapat lebih dekat dengan Allah SWT dan mendapatkan keberkahan dari-Nya.

Dzikir-dzikir

Dzikir merupakan salah satu ibadah yang sangat dianjurkan dalam agama Islam. Dzikir adalah mengingat Allah SWT dengan menyebut asma-Nya, sifat-sifat-Nya, atau perbuatan-perbuatan-Nya. Dzikir dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja, baik secara lisan maupun dalam hati.

Dzikir memiliki banyak manfaat, di antaranya adalah dapat menenangkan hati, menambah keimanan, dan menghapus dosa-dosa. Selain itu, dzikir juga dapat mempererat hubungan antara hamba dengan Tuhannya.

Dalam konteks bacaan setelah sholat tarawih, dzikir merupakan komponen yang sangat penting. Dzikir dibaca setelah selesai membaca surat-surat pendek dan sebelum membaca doa qunut. Dzikir yang dibaca dalam bacaan setelah sholat tarawih biasanya berupa tasbih, tahmid, dan tahlil.

Selain menambah pahala, membaca dzikir setelah sholat tarawih juga dapat membantu kita untuk lebih khusyuk dalam beribadah. Dzikir dapat menenangkan hati dan pikiran kita, sehingga kita dapat lebih fokus dalam berdoa dan memohon kepada Allah SWT.

Keutamaan

Keutamaan bacaan setelah sholat tarawih merupakan salah satu aspek penting yang perlu diketahui dan dipahami oleh setiap muslim. Keutamaan tersebut mencakup berbagai hal, mulai dari pahala yang besar hingga ampunan dosa. Berikut adalah beberapa keutamaan membaca bacaan setelah sholat tarawih:

  • Mendapat pahala yang besar

    Setiap bacaan yang dibaca setelah sholat tarawih memiliki pahala yang besar. Pahala tersebut akan dilipatgandakan oleh Allah SWT, terutama jika dibaca dengan penuh kekhusyukan dan keikhlasan.

  • Diampuni dosa-dosa

    Membaca bacaan setelah sholat tarawih juga dapat menjadi sarana untuk mendapatkan ampunan dosa. Dengan membaca bacaan-bacaan tersebut, kita memohon kepada Allah SWT untuk mengampuni dosa-dosa kita dan memberikan kita kesempatan untuk bertaubat.

  • Terkabulnya doa

    Selain mendapat pahala dan ampunan dosa, membaca bacaan setelah sholat tarawih juga dapat menjadi sarana untuk memanjatkan doa kepada Allah SWT. Doa-doa yang dipanjatkan setelah sholat tarawih lebih cenderung dikabulkan oleh Allah SWT.

  • Mendapatkan perlindungan dari Allah SWT

    Membaca bacaan setelah sholat tarawih juga dapat menjadi sarana untuk mendapatkan perlindungan dari Allah SWT. Dengan membaca bacaan-bacaan tersebut, kita memohon kepada Allah SWT untuk melindungi kita dari segala mara bahaya dan memberikan kita keselamatan.

Keutamaan-keutamaan tersebut menunjukkan bahwa membaca bacaan setelah sholat tarawih merupakan salah satu ibadah yang sangat dianjurkan. Dengan membaca bacaan-bacaan tersebut, kita dapat memperoleh pahala yang besar, ampunan dosa, terkabulnya doa, dan perlindungan dari Allah SWT. Oleh karena itu, marilah kita senantiasa membaca bacaan setelah sholat tarawih dan meraih keutamaan-keutamaan tersebut.

Adab

Adab merupakan aspek penting dalam bacaan setelah sholat tarawih. Adab meliputi tata cara, perilaku, dan sikap yang harus diperhatikan saat membaca bacaan setelah sholat tarawih. Dengan memperhatikan adab, bacaan setelah sholat tarawih akan lebih bermakna dan diterima oleh Allah SWT.

  • Niat yang Benar

    Niat yang benar merupakan dasar dari setiap ibadah, termasuk membaca bacaan setelah sholat tarawih. Niat yang benar adalah ikhlas karena Allah SWT dan mengharap ridha-Nya.

  • Khushu’

    Khushu’ adalah sikap khusyuk dan fokus dalam beribadah. Saat membaca bacaan setelah sholat tarawih, khushu’ dapat diwujudkan dengan membaca dengan suara yang jelas dan tidak tergesa-gesa, serta memahami arti dari bacaan yang dibaca.

  • Tawadhu’

    Tawadhu’ adalah sikap rendah hati dan tidak sombong. Saat membaca bacaan setelah sholat tarawih, tawadhu’ dapat diwujudkan dengan membaca dengan suara yang tidak terlalu keras dan tidak merasa lebih baik dari orang lain.

  • Ikhlas

    Ikhlas adalah sikap tulus dan tidak mengharapkan imbalan. Saat membaca bacaan setelah sholat tarawih, ikhlas dapat diwujudkan dengan membaca hanya karena Allah SWT dan tidak mengharapkan pujian atau pengakuan dari orang lain.

Dengan memperhatikan adab-adab tersebut, bacaan setelah sholat tarawih akan lebih bermakna dan diterima oleh Allah SWT. Bacaan setelah sholat tarawih akan menjadi sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dan memperoleh pahala yang besar.

Sejarah

Sejarah bacaan setelah sholat tarawih merupakan aspek penting yang perlu diketahui dan dipahami oleh setiap muslim. Sejarah ini meliputi berbagai hal, mulai dari asal-usul hingga perkembangan bacaan setelah sholat tarawih dari masa ke masa. Dengan mengetahui sejarahnya, kita dapat lebih mengapresiasi dan memahami makna dari bacaan setelah sholat tarawih.

  • Asal-usul

    Bacaan setelah sholat tarawih berawal dari kebiasaan Rasulullah SAW yang membaca doa dan dzikir setelah selesai sholat tarawih. Doa dan dzikir yang dibaca oleh Rasulullah SAW kemudian diikuti oleh para sahabatnya, dan akhirnya menjadi tradisi yang diamalkan oleh umat Islam hingga sekarang.

  • Perkembangan

    Seiring berjalannya waktu, bacaan setelah sholat tarawih mengalami perkembangan yang cukup signifikan. Doa dan dzikir yang awalnya hanya dibaca oleh Rasulullah SAW, kemudian dilengkapi dengan berbagai doa dan dzikir lainnya. Selain itu, tata cara membaca bacaan setelah sholat tarawih juga mengalami perubahan, dari yang awalnya dilakukan dengan berdiri menjadi duduk.

  • Pengaruh Budaya

    Bacaan setelah sholat tarawih juga. Hal ini terlihat dari adanya perbedaan bacaan setelah sholat tarawih di berbagai daerah. Perbedaan tersebut biasanya terletak pada pemilihan doa dan dzikir yang dibaca, serta tata cara membacanya.

  • Makna Filosofis

    Bacaan setelah sholat tarawih memiliki makna filosofis yang mendalam. Doa dan dzikir yang dibaca setelah sholat tarawih merupakan bentuk penghambaan diri kepada Allah SWT. Selain itu, bacaan setelah sholat tarawih juga menjadi sarana untuk memohon ampunan dosa, keberkahan, dan perlindungan dari Allah SWT.

Dengan memahami sejarah bacaan setelah sholat tarawih, kita dapat lebih menghargai dan memahami ibadah ini. Sejarah bacaan setelah sholat tarawih menunjukkan bahwa ibadah ini telah ada sejak zaman Rasulullah SAW dan terus berkembang hingga sekarang. Selain itu, sejarah bacaan setelah sholat tarawih juga menunjukkan bahwa ibadah ini memiliki makna filosofis yang mendalam dan dipengaruhi oleh budaya setempat. Dengan mengetahui sejarahnya, kita dapat lebih memahami dan mengapresiasi bacaan setelah sholat tarawih sebagai bagian penting dari ibadah kita.

Tanya Jawab “Bacaan Setelah Sholat Tarawih”

Berikut ini adalah beberapa tanya jawab seputar bacaan setelah sholat tarawih yang mungkin menjadi pertanyaan umum bagi umat muslim:

Pertanyaan 1: Apa saja keutamaan membaca bacaan setelah sholat tarawih?

Jawaban: Membaca bacaan setelah sholat tarawih memiliki banyak keutamaan, di antaranya mendapatkan pahala yang besar, diampuni dosa-dosanya, terkabulnya doa, dan mendapatkan perlindungan dari Allah SWT.

Pertanyaan 2: Kapan waktu yang tepat membaca bacaan setelah sholat tarawih?

Jawaban: Waktu utama membaca bacaan setelah sholat tarawih adalah setelah selesai sholat tarawih, sebelum sholat witir. Namun, membaca pada waktu sunnah (setelah sholat witir) juga diperbolehkan.

Pertanyaan 3: Di mana tempat yang baik untuk membaca bacaan setelah sholat tarawih?

Jawaban: Tempat utama membaca bacaan setelah sholat tarawih adalah di masjid. Namun, membaca di rumah juga diperbolehkan, asalkan tempatnya bersih dan tenang.

Pertanyaan 4: Apa saja doa-doa yang dianjurkan dibaca setelah sholat tarawih?

Jawaban: Doa-doa yang dianjurkan dibaca setelah sholat tarawih antara lain doa iftitah, doa sapu jagat, doa qunut, dan doa penutup majelis.

Pertanyaan 5: Bagaimana adab membaca bacaan setelah sholat tarawih?

Jawaban: Adab membaca bacaan setelah sholat tarawih antara lain membaca dengan suara yang jelas dan tidak tergesa-gesa, membaca dengan khusyuk dan tadabbur, serta membaca dengan niat yang benar.

Pertanyaan 6: Apakah ada perbedaan bacaan setelah sholat tarawih antara laki-laki dan perempuan?

Jawaban: Pada dasarnya, tidak ada perbedaan bacaan setelah sholat tarawih antara laki-laki dan perempuan. Namun, dalam praktiknya, mungkin ada sedikit perbedaan dalam pemilihan doa atau dzikir yang dibaca.

Demikianlah beberapa tanya jawab seputar bacaan setelah sholat tarawih. Semoga bermanfaat bagi kita semua dalam meningkatkan kualitas ibadah kita di bulan Ramadhan.

Selanjutnya, kita akan membahas lebih dalam tentang keutamaan dan manfaat membaca bacaan setelah sholat tarawih, serta bagaimana bacaan tersebut dapat membantu kita mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Tips Membaca Bacaan Setelah Sholat Tarawih

Membaca bacaan setelah sholat tarawih merupakan salah satu ibadah yang sangat dianjurkan. Ibadah ini memiliki banyak keutamaan dan manfaat, di antaranya mendapatkan pahala yang besar, diampuni dosa-dosanya, terkabulnya doa, dan mendapatkan perlindungan dari Allah SWT.

Untuk mendapatkan manfaat tersebut secara maksimal, ada beberapa tips yang bisa diterapkan saat membaca bacaan setelah sholat tarawih, di antaranya:

Tip 1: Berniat dengan Benar
Niatkan membaca bacaan setelah sholat tarawih untuk beribadah kepada Allah SWT dan mengharap ridha-Nya.

Tip 2: Fokus dan Khusyuk
Saat membaca bacaan setelah sholat tarawih, fokuslah pada bacaan dan maknanya. Hindari gangguan dan usahakan untuk membaca dengan khusyuk.

Tip 3: Baca dengan Jelas dan Tartil
Baca bacaan setelah sholat tarawih dengan jelas dan tartil. Jangan terburu-buru dan usahakan untuk memahami setiap kata yang dibaca.

Tip 4: Pahami Artinya
Jika memungkinkan, usahakan untuk memahami arti dari bacaan yang dibaca. Hal ini akan membantu untuk lebih menghayati dan meresapi bacaan tersebut.

Tip 5: Perhatikan Adab Membaca
Perhatikan adab membaca bacaan setelah sholat tarawih, seperti membaca dengan suara yang tidak terlalu keras, tidak menoleh-noleh, dan tidak meludah.

Tip 6: Membaca Doa-doa yang Dianjurkan
Baca doa-doa yang dianjurkan setelah sholat tarawih, seperti doa iftitah, doa sapu jagat, doa qunut, dan doa penutup majelis.

Tip 7: Berdoa dengan Sungguh-sungguh
Saat berdoa setelah sholat tarawih, berdoalah dengan sungguh-sungguh dan yakin bahwa Allah SWT akan mengabulkan doa tersebut.

Tip 8: Menjaga Kontinuitas
Usahakan untuk menjaga kontinuitas membaca bacaan setelah sholat tarawih. Jangan hanya dibaca pada saat-saat tertentu saja, tetapi jadikanlah sebagai amalan rutin setiap selesai sholat tarawih.

Dengan menerapkan tips-tips tersebut, insya Allah kita dapat lebih mengoptimalkan ibadah membaca bacaan setelah sholat tarawih dan mendapatkan manfaatnya secara maksimal.

Tips-tips ini juga akan menjadi bekal kita dalam mengamalkan ibadah di bulan Ramadhan. Dengan membiasakan diri membaca bacaan setelah sholat tarawih dengan baik dan benar, kita dapat meningkatkan kualitas ibadah kita secara keseluruhan dan meraih keberkahan di bulan suci ini.

Kesimpulan

Bacaan setelah sholat tarawih merupakan ibadah yang sangat dianjurkan, memiliki banyak keutamaan dan manfaat, serta memiliki sejarah dan perkembangan yang panjang. Membaca bacaan setelah sholat tarawih dapat dilakukan kapan saja, di mana saja, dan dengan cara yang mudah.

Artikel ini telah membahas secara komprehensif tentang bacaan setelah sholat tarawih, mulai dari pengertian, waktu pelaksanaan, tempat pelaksanaan, tata cara membaca, doa-doa yang dibaca, dzikir-dzikir yang dibaca, keutamaan membaca, adab membaca, sejarah, hingga tanya jawab seputar bacaan setelah sholat tarawih. Dengan memahami berbagai aspek tersebut, kita dapat mengoptimalkan ibadah membaca bacaan setelah sholat tarawih dan meraih manfaatnya secara maksimal.

Mari kita jadikan bulan Ramadhan ini sebagai momentum untuk meningkatkan kualitas ibadah kita, khususnya ibadah membaca bacaan setelah sholat tarawih. Dengan membaca bacaan setelah sholat tarawih dengan baik dan benar, kita dapat mendekatkan diri kepada Allah SWT, mendapatkan pahala yang besar, diampuni dosa-dosa, terkabulnya doa, dan mendapatkan perlindungan dari segala mara bahaya.



Artikel Terkait

Bagikan:

Nur Jannah

Halo, Perkenalkan nama saya Nur. Saya adalah salah satu penulis profesional yang suka berbagi ilmu. Dengan Artikel, saya bisa berbagi dengan teman - teman. Semoga semua artikel yang telah saya buat bisa bermanfaat. Pastikan Follow iainpurwokerto.ac.id ya.. Terimakasih..

Artikel Terbaru