Tips Hemat Biaya Haji 2024

Nur Jannah


Tips Hemat Biaya Haji 2024

Biaya haji 2024 merupakan besaran dana yang harus dikeluarkan oleh calon jamaah haji untuk bisa melaksanakan ibadah haji di tahun tersebut. Biaya ini ditetapkan oleh pemerintah Indonesia melalui Kementerian Agama dan mencakup berbagai komponen, seperti biaya transportasi, akomodasi, makan, dan visa.

Menunaikan ibadah haji memiliki banyak manfaat spiritual dan sosial. Selain sebagai rukun Islam kelima, haji juga menjadi sarana untuk mempererat ukhuwah Islamiah dan meningkatkan ketakwaan. Sepanjang sejarah, biaya haji mengalami perubahan seiring dengan perkembangan ekonomi dan kebijakan pemerintah. Salah satu peristiwa penting yang memengaruhi biaya haji adalah penetapan kuota haji oleh Pemerintah Arab Saudi.

Dalam artikel ini, kita akan membahas secara mendalam tentang biaya haji 2024, termasuk komponen-komponennya, faktor-faktor yang memengaruhinya, dan tips yang dapat dilakukan untuk menghemat biaya haji.

Biaya Haji 2024

Biaya haji merupakan salah satu faktor penting yang perlu dipertimbangkan dalam mempersiapkan ibadah haji. Berikut ini adalah beberapa aspek penting yang terkait dengan biaya haji 2024:

  • Komponen biaya
  • Besaran biaya
  • Cara pembayaran
  • Pembiayaan haji
  • Subsidi pemerintah
  • Pengaruh kurs mata uang
  • Perencanaan keuangan
  • Penghematan biaya
  • Dampak ekonomi
  • Peran teknologi

Setiap aspek tersebut saling terkait dan memengaruhi biaya haji secara keseluruhan. Misalnya, besaran biaya haji ditentukan oleh komponen biaya yang ditetapkan pemerintah, seperti biaya transportasi, akomodasi, dan makan. Selain itu, cara pembayaran dan pembiayaan haji juga dapat memengaruhi total biaya yang harus dikeluarkan oleh jamaah. Pemerintah Indonesia memberikan subsidi haji untuk meringankan beban biaya bagi jamaah yang kurang mampu. Namun, subsidi ini juga dapat berubah setiap tahunnya, sehingga jamaah perlu mempersiapkan keuangan dengan baik.

Komponen Biaya

Komponen biaya merupakan salah satu aspek penting yang memengaruhi besaran biaya haji 2024. Komponen biaya ini ditetapkan oleh pemerintah melalui Kementerian Agama dan mencakup berbagai kebutuhan selama menjalankan ibadah haji, seperti:

  • Biaya penerbangan
    Biaya penerbangan merupakan komponen terbesar dari biaya haji. Biaya ini ditentukan oleh maskapai penerbangan yang digunakan, kelas penerbangan, dan jarak tempuh.
  • Biaya akomodasi
    Biaya akomodasi meliputi biaya hotel atau penginapan selama di Mekkah dan Madinah. Biaya ini bervariasi tergantung pada jenis dan lokasi penginapan.
  • Biaya transportasi darat
    Biaya transportasi darat mencakup biaya bus atau mobil yang digunakan untuk berpindah tempat selama di Arab Saudi, seperti dari Mekkah ke Madinah atau ke tempat-tempat ibadah lainnya.
  • Biaya makan
    Biaya makan meliputi biaya konsumsi makanan selama di Arab Saudi. Biaya ini bervariasi tergantung pada jenis makanan dan tempat makan yang dipilih.

Selain komponen di atas, terdapat juga komponen biaya lainnya, seperti biaya visa, biaya kesehatan, dan biaya pengurusan dokumen. Seluruh komponen biaya tersebut harus diperhitungkan oleh jamaah haji dalam mempersiapkan biaya haji 2024.

Besaran Biaya

Besaran biaya merupakan faktor krusial yang memengaruhi biaya haji 2024 secara keseluruhan. Besaran biaya ini ditetapkan oleh pemerintah melalui Kementerian Agama dan mencakup berbagai komponen kebutuhan selama menjalankan ibadah haji, seperti biaya penerbangan, akomodasi, transportasi darat, dan makan. Masing-masing komponen biaya tersebut memiliki pengaruh yang signifikan terhadap total biaya haji.

Sebagai contoh, biaya penerbangan merupakan komponen terbesar dari biaya haji. Biaya ini dipengaruhi oleh jarak tempuh, kelas penerbangan, dan maskapai penerbangan yang digunakan. Jamaah haji yang memilih penerbangan langsung dengan maskapai ternama biasanya dikenakan biaya lebih tinggi dibandingkan dengan jamaah yang memilih penerbangan tidak langsung dengan maskapai berbiaya rendah. Selain itu, biaya akomodasi juga memengaruhi besaran biaya haji. Jamaah haji yang memilih hotel berbintang di lokasi strategis biasanya dikenakan biaya lebih tinggi dibandingkan dengan jamaah yang memilih hotel sederhana di lokasi yang lebih jauh dari pusat ibadah.

Secara umum, besaran biaya haji 2024 akan meningkat jika komponen-komponen biaya, seperti biaya penerbangan, akomodasi, dan transportasi darat, mengalami kenaikan. Sebaliknya, besaran biaya haji akan menurun jika komponen-komponen biaya tersebut mengalami penurunan. Oleh karena itu, jamaah haji perlu mempersiapkan keuangan dengan baik dan mempertimbangkan berbagai faktor yang dapat memengaruhi besaran biaya haji.

Cara Pembayaran

Cara pembayaran merupakan aspek penting yang perlu diperhatikan dalam mempersiapkan biaya haji 2024. Terdapat beberapa cara pembayaran yang dapat dipilih oleh jamaah haji, yang masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan.

  • Pembayaran Tunai
    Pembayaran tunai merupakan cara pembayaran yang paling umum digunakan oleh jamaah haji. Cara ini dianggap lebih praktis dan mudah karena jamaah tidak perlu mengurus proses administrasi yang rumit. Namun, pembayaran tunai juga memiliki risiko, seperti adanya potensi pencurian atau kehilangan uang.
  • Pembayaran Transfer Bank
    Pembayaran transfer bank merupakan cara pembayaran yang lebih aman dibandingkan dengan pembayaran tunai. Jamaah haji dapat melakukan transfer pembayaran melalui bank yang ditunjuk oleh pemerintah. Cara ini lebih praktis dan efisien karena jamaah tidak perlu membawa uang tunai dalam jumlah besar.
  • Pembayaran Kartu Kredit
    Pembayaran kartu kredit merupakan cara pembayaran yang dapat digunakan oleh jamaah haji yang memiliki kartu kredit. Cara ini lebih cepat dan mudah, namun jamaah perlu memperhitungkan biaya tambahan, seperti biaya administrasi dan bunga.
  • Pembiayaan Haji
    Pembiayaan haji merupakan cara pembayaran yang dapat digunakan oleh jamaah haji yang tidak memiliki cukup dana untuk membayar biaya haji secara tunai. Jamaah dapat mengajukan pembiayaan haji melalui bank atau lembaga keuangan syariah. Cara ini dapat meringankan beban biaya haji, namun jamaah perlu mempertimbangkan biaya tambahan, seperti biaya administrasi dan bunga.

Pemilihan cara pembayaran biaya haji 2024 harus disesuaikan dengan kondisi keuangan dan kebutuhan masing-masing jamaah haji. Jamaah perlu mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan masing-masing cara pembayaran sebelum mengambil keputusan.

Pembiayaan haji

Pembiayaan haji merupakan salah satu aspek penting dalam mempersiapkan biaya haji 2024. Pembiayaan haji dapat membantu jamaah haji yang tidak memiliki cukup dana untuk membayar biaya haji secara tunai. Terdapat berbagai skema pembiayaan haji yang ditawarkan oleh bank dan lembaga keuangan syariah.

  • Jenis Pembiayaan

    Terdapat dua jenis pembiayaan haji, yaitu pembiayaan talangan haji dan pembiayaan porsi haji. Pembiayaan talangan haji diberikan kepada jamaah haji yang belum mendapatkan porsi haji dari pemerintah. Sementara itu, pembiayaan porsi haji diberikan kepada jamaah haji yang telah mendapatkan porsi haji tetapi belum memiliki cukup dana untuk membayar biaya haji.

  • Syarat dan Ketentuan

    Syarat dan ketentuan pembiayaan haji berbeda-beda tergantung pada bank atau lembaga keuangan syariah yang memberikan pembiayaan. Secara umum, jamaah haji harus memenuhi persyaratan usia, penghasilan, dan jaminan.

  • Biaya dan Tenor

    Biaya pembiayaan haji meliputi biaya administrasi, biaya asuransi, dan margin keuntungan. Tenor pembiayaan haji biasanya berkisar antara 3 sampai 5 tahun.

  • Keuntungan dan Risiko

    Keuntungan pembiayaan haji adalah dapat meringankan beban biaya haji. Risiko pembiayaan haji adalah adanya biaya tambahan, seperti biaya administrasi, biaya asuransi, dan margin keuntungan.

Pembiayaan haji dapat menjadi solusi bagi jamaah haji yang ingin berangkat haji tetapi tidak memiliki cukup dana. Namun, jamaah haji perlu mempertimbangkan dengan matang biaya dan risiko pembiayaan haji sebelum mengambil keputusan.

Subsidi Pemerintah

Subsidi pemerintah merupakan salah satu aspek penting yang memengaruhi biaya haji 2024. Subsidi pemerintah diberikan untuk meringankan beban biaya haji bagi jamaah yang kurang mampu. Subsidi ini diberikan dalam bentuk pengurangan biaya haji yang dibebankan kepada jamaah.

Besaran subsidi pemerintah untuk biaya haji 2024 belum ditetapkan. Namun, pemerintah telah berkomitmen untuk terus memberikan subsidi haji bagi jamaah yang kurang mampu. Subsidi haji ini merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk memberikan akses yang lebih luas bagi masyarakat Indonesia untuk melaksanakan ibadah haji.

Subsidi pemerintah sangat penting untuk menjaga keterjangkauan biaya haji bagi jamaah yang kurang mampu. Tanpa subsidi pemerintah, biaya haji akan menjadi lebih mahal dan semakin sulit dijangkau oleh masyarakat. Oleh karena itu, pemerintah perlu terus memberikan subsidi haji untuk memastikan bahwa ibadah haji tetap dapat diakses oleh seluruh lapisan masyarakat.

Pengaruh Kurs Mata Uang

Pengaruh kurs mata uang merupakan salah satu faktor penting yang perlu diperhatikan dalam mempersiapkan biaya haji 2024. Kurs mata uang yang tidak stabil dapat memengaruhi besaran biaya haji yang harus dikeluarkan oleh jamaah.

  • Nilai Tukar Rupiah
    Nilai tukar rupiah terhadap mata uang asing, khususnya dolar Amerika Serikat (USD), sangat memengaruhi biaya haji. Jika nilai tukar rupiah melemah, maka biaya haji akan meningkat. Sebaliknya, jika nilai tukar rupiah menguat, maka biaya haji akan menurun.
  • Harga Komponen Biaya
    Kurs mata uang juga memengaruhi harga komponen biaya haji, seperti biaya penerbangan, akomodasi, dan transportasi. Sebagian besar komponen biaya haji dibayarkan dalam mata uang asing, sehingga perubahan kurs mata uang akan memengaruhi besaran biaya yang harus dikeluarkan oleh jamaah.
  • Biaya Perjalanan Tambahan
    Selain biaya haji pokok, jamaah haji juga biasanya mengeluarkan biaya perjalanan tambahan, seperti biaya oleh-oleh dan biaya wisata religi. Kurs mata uang juga memengaruhi biaya perjalanan tambahan ini, sehingga jamaah perlu mempersiapkan anggaran yang cukup.
  • Kebijakan Pemerintah
    Pemerintah Indonesia menetapkan besaran biaya haji berdasarkan kurs mata uang yang berlaku pada saat tertentu. Perubahan kurs mata uang dapat memengaruhi kebijakan pemerintah dalam menetapkan biaya haji, sehingga jamaah perlu memantau perkembangan kurs mata uang secara berkala.

Pengaruh kurs mata uang terhadap biaya haji 2024 perlu diperhatikan dengan seksama oleh jamaah haji. Jamaah perlu mempersiapkan anggaran yang cukup dan memantau perkembangan kurs mata uang untuk mengantisipasi perubahan biaya haji. Selain itu, jamaah juga dapat mempertimbangkan untuk melakukan pembayaran biaya haji secara bertahap untuk meminimalkan risiko kerugian akibat perubahan kurs mata uang.

Perencanaan Keuangan

Perencanaan keuangan merupakan aspek krusial dalam mempersiapkan biaya haji 2024. Biaya haji yang tidak sedikit memerlukan perencanaan keuangan yang matang agar tidak memberatkan jamaah haji. Perencanaan keuangan yang baik dapat membantu jamaah haji mempersiapkan dana haji secara bertahap dan menghindari utang yang berlebihan.

Salah satu cara perencanaan keuangan untuk biaya haji 2024 adalah dengan menabung secara rutin. Jamaah haji dapat menyisihkan sebagian pendapatannya setiap bulan untuk ditabung khusus biaya haji. Selain itu, jamaah haji juga dapat berinvestasi pada instrumen investasi yang aman dan halal untuk mengembangkan dana hajinya. Perencanaan keuangan juga meliputi pengurangan pengeluaran yang tidak perlu dan mencari sumber penghasilan tambahan.

Perencanaan keuangan yang baik sangat penting untuk mengantisipasi perubahan biaya haji 2024. Jamaah haji perlu memantau perkembangan biaya haji dan menyesuaikan rencana keuangannya sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, perencanaan keuangan juga dapat membantu jamaah haji menghindari risiko kerugian akibat inflasi atau fluktuasi kurs mata uang.

Penghematan Biaya

Penghematan biaya merupakan salah satu aspek penting dalam mempersiapkan biaya haji 2024. Biaya haji yang tidak sedikit memerlukan upaya penghematan agar tidak memberatkan jamaah haji. Penghematan biaya dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti:

  • Memilih maskapai penerbangan dengan biaya terjangkau
  • Memilih akomodasi yang sederhana dan tidak terletak di lokasi strategis
  • Membatasi pengeluaran untuk oleh-oleh dan wisata religi
  • Membawa bekal makanan dan minuman dari Indonesia
  • Memanfaatkan program diskon dan promo dari biro perjalanan haji

Penghematan biaya sangat penting untuk mengurangi beban biaya haji 2024. Jamaah haji dapat menghemat biaya haji tanpa mengurangi kenyamanan dan kekhusyukan ibadah haji. Selain itu, penghematan biaya juga dapat membantu jamaah haji menghindari utang yang berlebihan.

Penghematan biaya tidak hanya berdampak positif pada jamaah haji secara individu, tetapi juga pada masyarakat secara keseluruhan. Penghematan biaya haji dapat mengurangi beban subsidi pemerintah untuk biaya haji, sehingga pemerintah dapat mengalokasikan dana tersebut untuk program-program sosial lainnya yang lebih bermanfaat bagi masyarakat.

Dalam konteks yang lebih luas, penghematan biaya haji sejalan dengan ajaran Islam tentang hidup sederhana dan menghindari pemborosan. Jamaah haji diharapkan dapat memanfaatkan ibadah haji sebagai momentum untuk meningkatkan ketakwaan dan mempererat ukhuwah Islamiyah, bukan sebagai ajang untuk bermewah-mewahan dan berfoya-foya.

Dampak ekonomi

Biaya haji 2024 memiliki dampak ekonomi yang signifikan baik bagi jamaah haji secara individu maupun masyarakat Indonesia secara keseluruhan. Dampak ekonomi ini dapat dilihat dari berbagai aspek, antara lain:

  1. Pengeluaran jamaah haji: Biaya haji yang dikeluarkan oleh jamaah haji merupakan salah satu sumber devisa bagi negara. Devisa ini dapat digunakan untuk membiayai pembangunan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.
  2. Penyerapan tenaga kerja: Ibadah haji membutuhkan banyak tenaga kerja, mulai dari penyelenggaraan di dalam negeri hingga di Arab Saudi. Hal ini dapat menciptakan lapangan kerja dan meningkatkan pendapatan masyarakat.
  3. Pertumbuhan industri terkait: Biaya haji 2024 juga berdampak positif pada industri terkait, seperti industri pariwisata, transportasi, dan perhotelan. Industri-industri ini akan mendapatkan pemasukan tambahan dari jamaah haji.
  4. Promosi produk dan budaya Indonesia: Ibadah haji juga menjadi ajang promosi produk dan budaya Indonesia di Arab Saudi. Hal ini dapat meningkatkan ekspor produk Indonesia dan mempererat hubungan budaya antara Indonesia dan Arab Saudi.

Dengan demikian, biaya haji 2024 tidak hanya berdampak pada jamaah haji secara individu, tetapi juga pada perekonomian Indonesia secara keseluruhan. Dampak ekonomi ini perlu dikelola dengan baik agar memberikan manfaat yang optimal bagi masyarakat.

Peran Teknologi

Teknologi memainkan peran penting dalam pengelolaan biaya haji 2024. Pemanfaatan teknologi dapat membantu mengurangi biaya haji dan meningkatkan transparansi dalam proses penyelenggaraan haji.

Salah satu contoh nyata peran teknologi dalam penghematan biaya haji adalah penggunaan sistem pendaftaran haji online. Sistem ini memungkinkan jamaah haji mendaftar haji secara mandiri tanpa harus datang langsung ke kantor Kementerian Agama. Hal ini menghemat biaya transportasi dan akomodasi bagi jamaah haji, terutama bagi mereka yang berasal dari daerah terpencil.

Selain itu, teknologi juga dapat digunakan untuk meningkatkan transparansi dalam proses penyelenggaraan haji. Misalnya, penggunaan sistem informasi haji terpadu dapat memberikan informasi yang akurat dan terkini tentang biaya haji, daftar tunggu haji, dan berbagai layanan yang tersedia bagi jamaah haji. Transparansi ini dapat mencegah terjadinya penyalahgunaan dana haji dan meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap penyelenggaraan ibadah haji.

Dengan demikian, peran teknologi sangat penting dalam pengelolaan biaya haji 2024. Pemanfaatan teknologi dapat membantu mengurangi biaya haji, meningkatkan transparansi, dan memberikan kemudahan bagi jamaah haji. Ke depan, diharapkan peran teknologi dalam penyelenggaraan haji akan terus ditingkatkan untuk memberikan pelayanan yang lebih baik kepada jamaah haji.

Biaya Haji 2024

Pertanyaan dan jawaban berikut ini disusun untuk memberikan informasi yang komprehensif tentang biaya haji 2024. Pertanyaan-pertanyaan ini mengantisipasi pertanyaan umum dan mengklarifikasi aspek-aspek penting dari biaya haji.

Pertanyaan 1: Berapa besaran biaya haji 2024?

Jawaban: Besaran biaya haji 2024 belum ditetapkan oleh pemerintah. Namun, biaya haji diperkirakan akan mengalami kenaikan dibandingkan tahun sebelumnya.

Pertanyaan 2: Apa saja komponen biaya haji?

Jawaban: Komponen biaya haji meliputi biaya penerbangan, akomodasi, transportasi darat, makan, biaya visa, biaya kesehatan, dan biaya pengurusan dokumen.

Pertanyaan 3: Bagaimana cara pembayaran biaya haji?

Jawaban: Pembayaran biaya haji dapat dilakukan melalui pembayaran tunai, transfer bank, kartu kredit, atau pembiayaan haji.

Pertanyaan 4: Apakah ada subsidi pemerintah untuk biaya haji?

Jawaban: Ya, pemerintah memberikan subsidi haji bagi jamaah haji yang kurang mampu. Besaran subsidi bervariasi setiap tahun.

Pertanyaan 5: Apa yang dapat dilakukan untuk menghemat biaya haji?

Jawaban: Jamaah haji dapat menghemat biaya haji dengan memilih maskapai penerbangan dengan biaya terjangkau, memilih akomodasi sederhana, membatasi pengeluaran untuk oleh-oleh, membawa bekal makanan dan minuman dari Indonesia, dan memanfaatkan diskon atau promo dari biro perjalanan haji.

Pertanyaan 6: Bagaimana peran teknologi dalam pengelolaan biaya haji?

Jawaban: Teknologi dapat membantu mengurangi biaya haji dan meningkatkan transparansi melalui sistem pendaftaran haji online dan sistem informasi haji terpadu.

Pertanyaan dan jawaban di atas memberikan gambaran umum tentang biaya haji 2024. Untuk informasi lebih detail, jamaah haji dapat berkonsultasi dengan biro perjalanan haji atau Kementerian Agama.

Selanjutnya, kita akan membahas tentang perencanaan keuangan untuk biaya haji 2024. Perencanaan keuangan yang baik sangat penting untuk mempersiapkan biaya haji secara bertahap dan menghindari utang yang berlebihan.

Tips Mengelola Biaya Haji 2024

Perencanaan keuangan yang baik sangat penting untuk mempersiapkan biaya haji 2024 secara bertahap dan menghindari utang yang berlebihan. Berikut ini adalah beberapa tips untuk mengelola biaya haji:

Tip 1: Menabung Secara Rutin
Sisihkan sebagian pendapatan secara rutin untuk ditabung khusus biaya haji. Tentukan target tabungan dan usahakan untuk disiplin menyisihkan dana sesuai target.

Tip 2: Berinvestasi
Investasikan dana haji pada instrumen investasi yang aman dan halal, seperti emas atau reksa dana syariah. Investasi dapat membantu mengembangkan dana haji lebih cepat.

Tip 3: Mengurangi Pengeluaran
Evaluasi pengeluaran dan identifikasi pengeluaran yang tidak perlu. Kurangi atau hilangkan pengeluaran tersebut untuk menghemat biaya haji.

Tip 4: Mencari Sumber Penghasilan Tambahan
Cari sumber penghasilan tambahan untuk menambah dana haji. Misalnya, dengan membuka usaha sampingan atau menyewakan aset.

Tip 5: Memanfaatkan Program Diskon
Beberapa biro perjalanan haji menawarkan diskon atau promo untuk biaya haji. Manfaatkan program diskon tersebut untuk menghemat biaya haji.

Tip 6: Berangkat Haji Bersama Kelompok
Berangkat haji bersama kelompok dapat menghemat biaya, seperti biaya transportasi dan akomodasi yang dapat dibagi bersama.

Tip 7: Membawa Bekal dari Indonesia
Bawa bekal makanan dan minuman dari Indonesia untuk menghemat biaya makan selama di Arab Saudi.

Tip 8: Memanfaatkan Teknologi
Gunakan teknologi untuk menghemat biaya haji, seperti dengan mendaftar haji secara online dan memanfaatkan aplikasi haji untuk mencari informasi dan diskon.

Tips-tips di atas dapat membantu jamaah haji mengelola biaya haji 2024 secara efektif dan efisien. Dengan perencanaan keuangan yang baik, jamaah haji dapat mempersiapkan biaya haji tanpa terbebani secara finansial.

Persiapan biaya haji tidak hanya penting untuk aspek finansial, tetapi juga untuk aspek spiritual. Jamaah haji diharapkan mempersiapkan diri secara lahir dan batin agar dapat melaksanakan ibadah haji dengan khusyuk dan meraih haji mabrur.

Kesimpulan

Biaya haji 2024 merupakan aspek penting yang harus dipersiapkan dengan baik. Artikel ini telah mengulas secara komprehensif tentang biaya haji, mulai dari komponen biaya, cara pembayaran, pembiayaan haji, hingga tips mengelola biaya haji.

Beberapa poin utama yang dapat disimpulkan dari artikel ini adalah:

  1. Biaya haji 2024 terdiri dari berbagai komponen, seperti biaya penerbangan, akomodasi, transportasi darat, dan makan.
  2. Jamaah haji dapat memilih berbagai cara pembayaran biaya haji, seperti pembayaran tunai, transfer bank, kartu kredit, atau pembiayaan haji.
  3. Pemerintah memberikan subsidi haji bagi jamaah haji yang kurang mampu untuk meringankan beban biaya haji.

Persiapan biaya haji bukan hanya sekedar persiapan finansial, tetapi juga persiapan spiritual. Jamaah haji diharapkan mempersiapkan diri secara lahir dan batin agar dapat melaksanakan ibadah haji dengan khusyuk dan meraih haji mabrur.



Artikel Terkait

Bagikan:

Nur Jannah

Halo, Perkenalkan nama saya Nur. Saya adalah salah satu penulis profesional yang suka berbagi ilmu. Dengan Artikel, saya bisa berbagi dengan teman - teman. Semoga semua artikel yang telah saya buat bisa bermanfaat. Pastikan Follow iainpurwokerto.ac.id ya.. Terimakasih..

Tags

Artikel Terbaru