Panduan Lengkap: Contoh Kalimat Deskripsi untuk Penulisan yang Efektif

Nur Jannah


Panduan Lengkap: Contoh Kalimat Deskripsi untuk Penulisan yang Efektif

Kalimat deskripsi adalah kalimat yang digunakan untuk memberikan gambaran jelas dan terperinci tentang objek, tempat, atau orang. Misalnya, “Rumah itu besar dan megah, dengan dinding putih dan atap merah, serta dikelilingi oleh taman yang indah dengan bunga-bunga berwarna-warni.”

Kalimat deskripsi sangat penting dalam penulisan karena dapat membuat tulisan menjadi lebih hidup dan mudah dipahami. Kalimat ini juga dapat membantu pembaca untuk lebih mengenal dan membayangkan objek yang digambarkan. Dari segi sejarah, penggunaan kalimat deskripsi telah berkembang sejak zaman kuno, di mana para penulis menggunakannya untuk merekam peristiwa dan pengalaman mereka.

Dalam artikel ini, kita akan membahas berbagai jenis kalimat deskripsi, cara menggunakannya secara efektif, dan contoh-contoh kalimat deskripsi yang terkenal.

Contoh Kalimat Deskripsi

Kalimat deskripsi sangat penting dalam penulisan karena dapat membuat tulisan menjadi lebih hidup dan mudah dipahami. Kalimat ini juga dapat membantu pembaca untuk lebih mengenal dan membayangkan objek yang digambarkan.

  • Jenis-jenis kalimat deskripsi
  • Struktur kalimat deskripsi
  • Ciri-ciri kalimat deskripsi
  • Fungsi kalimat deskripsi
  • Cara menggunakan kalimat deskripsi secara efektif
  • Contoh-contoh kalimat deskripsi
  • Kalimat deskripsi dalam karya sastra
  • Kalimat deskripsi dalam penulisan ilmiah
  • Kalimat deskripsi dalam penulisan jurnalistik

Dengan memahami berbagai aspek dari kalimat deskripsi, kita dapat menggunakannya secara efektif untuk membuat tulisan kita lebih menarik, informatif, dan berkesan.

Jenis-jenis Kalimat Deskripsi

Jenis-jenis kalimat deskripsi sangat penting untuk dipahami karena menentukan bagaimana suatu objek, tempat, atau orang digambarkan. Jenis-jenis kalimat deskripsi yang berbeda memiliki tujuan dan efek yang berbeda, sehingga penulis harus memilih jenis yang paling sesuai dengan kebutuhan mereka.

Contoh kalimat deskripsi sangat penting untuk mengilustrasikan berbagai jenis kalimat deskripsi. Dengan melihat contoh-contoh ini, penulis dapat mempelajari cara menggunakan setiap jenis secara efektif. Misalnya, kalimat deskripsi objektif memberikan fakta tentang suatu objek, sedangkan kalimat deskripsi subjektif mengekspresikan perasaan atau pendapat penulis tentang suatu objek. Dengan memahami perbedaan antara jenis-jenis kalimat deskripsi ini, penulis dapat membuat tulisan mereka lebih jelas dan menarik.

Secara praktis, memahami jenis-jenis kalimat deskripsi sangat penting untuk penulisan yang efektif. Penulis yang dapat menggunakan berbagai jenis kalimat deskripsi dapat membuat tulisan mereka lebih deskriptif dan hidup. Hal ini sangat penting dalam penulisan fiksi, di mana penulis harus menciptakan dunia dan karakter yang dapat dibayangkan oleh pembaca. Namun, jenis-jenis kalimat deskripsi juga penting dalam penulisan non-fiksi, seperti penulisan ilmiah dan jurnalistik, di mana penulis harus menyampaikan informasi dengan cara yang jelas dan ringkas.

Struktur Kalimat Deskripsi

Struktur kalimat deskripsi sangatlah penting karena menentukan bagaimana sebuah objek, tempat, atau orang digambarkan. Struktur yang jelas dan efektif akan membantu pembaca untuk lebih mudah memahami dan membayangkan apa yang digambarkan. Contoh kalimat deskripsi dapat memberikan ilustrasi yang jelas tentang bagaimana struktur kalimat deskripsi yang baik dapat digunakan untuk menciptakan deskripsi yang hidup dan menarik.

Salah satu elemen penting dalam struktur kalimat deskripsi adalah penggunaan kata sifat dan kata keterangan. Kata sifat digunakan untuk menggambarkan kualitas atau karakteristik suatu objek, sedangkan kata keterangan digunakan untuk memberikan informasi tentang bagaimana, di mana, atau kapan suatu tindakan dilakukan. Dengan menggabungkan kata sifat dan kata keterangan secara efektif, penulis dapat menciptakan deskripsi yang kaya dan detail yang dapat menarik imajinasi pembaca. Contoh kalimat deskripsi yang baik akan menunjukkan bagaimana kata sifat dan kata keterangan digunakan untuk membuat deskripsi yang jelas dan hidup.

Selain penggunaan kata sifat dan kata keterangan, struktur kalimat deskripsi juga harus memperhatikan urutan kata dan penggunaan alat bantu seperti metafora dan simile. Urutan kata dapat mempengaruhi penekanan dan dampak deskripsi, sementara penggunaan alat bantu dapat membuat deskripsi lebih hidup dan mudah diingat. Contoh kalimat deskripsi yang baik akan menunjukkan bagaimana semua elemen ini digabungkan untuk menciptakan deskripsi yang efektif dan berkesan.

Memahami struktur kalimat deskripsi sangat penting untuk penulisan yang efektif. Penulis yang dapat menguasai struktur kalimat deskripsi dapat membuat tulisan mereka lebih deskriptif, jelas, dan menarik. Hal ini sangat penting dalam penulisan fiksi dan non-fiksi, karena penulis harus dapat menciptakan dunia dan karakter yang jelas dan dapat dibayangkan oleh pembaca.

Ciri-ciri kalimat deskripsi

Ciri-ciri kalimat deskripsi merupakan aspek penting dalam memahami dan menggunakan kalimat deskripsi secara efektif. Ciri-ciri ini membantu penulis dalam menciptakan deskripsi yang jelas, hidup, dan menarik, sehingga dapat memberikan gambaran yang jelas kepada pembaca. Berikut adalah beberapa ciri-ciri utama kalimat deskripsi:

  • Menggunakan kata-kata yang jelas dan spesifik

    Kalimat deskripsi yang baik menggunakan kata-kata yang jelas dan spesifik untuk menggambarkan objek, tempat, atau orang. Penulis harus menghindari penggunaan kata-kata umum atau abstrak yang dapat membuat deskripsi menjadi tidak jelas. Misalnya, daripada menulis “Rumah itu indah,” penulis dapat menulis “Rumah itu memiliki fasad putih bersih dengan jendela-jendela besar dan taman yang tertata rapi.”

  • Menggunakan panca indera

    Kalimat deskripsi yang efektif menggunakan panca indera untuk memberikan gambaran yang lebih jelas dan hidup. Penulis harus melibatkan sebanyak mungkin indera dalam deskripsi mereka, seperti penglihatan, pendengaran, penciuman, rasa, dan sentuhan. Misalnya, daripada menulis “Taman itu indah,” penulis dapat menulis “Taman itu dipenuhi dengan aroma bunga yang harum, kicauan burung yang merdu, dan tekstur rumput yang lembut saat disentuh.”

  • Menggunakan bahasa figuratif

    Kalimat deskripsi yang menarik sering kali menggunakan bahasa figuratif, seperti metafora, simile, dan personifikasi. Bahasa figuratif dapat membantu penulis dalam menciptakan deskripsi yang lebih hidup dan mudah diingat. Misalnya, daripada menulis “Matahari itu terang,” penulis dapat menulis “Matahari itu bersinar seperti bola api di langit.”

  • Berfokus pada detail

    Kalimat deskripsi yang baik berfokus pada detail yang spesifik dan mengungkapkan. Penulis harus menghindari deskripsi yang umum atau dangkal yang tidak memberikan gambaran yang jelas kepada pembaca. Misalnya, daripada menulis “Rumah itu besar,” penulis dapat menulis “Rumah itu memiliki tiga lantai, dengan beranda yang luas dan atap mansard yang unik.”

Dengan memahami dan menerapkan ciri-ciri kalimat deskripsi ini, penulis dapat menciptakan deskripsi yang jelas, hidup, dan menarik, yang mampu memikat pembaca dan membantu mereka memvisualisasikan objek, tempat, atau orang yang digambarkan. Ciri-ciri ini sangat penting dalam berbagai jenis tulisan, termasuk fiksi, non-fiksi, dan jurnalisme.

Fungsi Kalimat Deskripsi

Fungsi kalimat deskripsi adalah untuk memberikan gambaran yang jelas dan rinci tentang suatu objek, tempat, atau orang. Kalimat deskripsi dapat digunakan untuk mengekspresikan kesan atau perasaan penulis, atau untuk memberikan informasi yang obyektif dan faktual. Kalimat deskripsi yang baik akan memungkinkan pembaca untuk memvisualisasikan dan memahami subjek dengan jelas.

Contoh kalimat deskripsi dapat digunakan untuk mengilustrasikan berbagai fungsi kalimat deskripsi. Misalnya, kalimat deskripsi yang ekspresif dapat digunakan untuk menciptakan suasana hati atau kesan tertentu. Kalimat deskripsi yang informatif dapat digunakan untuk menyampaikan informasi penting tentang suatu subjek. Dalam karya fiksi, kalimat deskripsi dapat digunakan untuk membangun dunia dan karakter. Dalam karya non-fiksi, kalimat deskripsi dapat digunakan untuk menjelaskan konsep atau proses.

Memahami fungsi kalimat deskripsi sangat penting untuk menulis yang efektif. Penulis yang dapat menggunakan kalimat deskripsi secara efektif dapat menciptakan tulisan yang lebih jelas, hidup, dan menarik. Kalimat deskripsi dapat digunakan dalam berbagai jenis tulisan, termasuk fiksi, non-fiksi, dan jurnalisme. Dengan memahami fungsi kalimat deskripsi dan cara menggunakannya secara efektif, penulis dapat meningkatkan tulisan mereka dan terhubung dengan pembaca mereka pada tingkat yang lebih dalam.

Cara menggunakan kalimat deskripsi secara efektif

Cara menggunakan kalimat deskripsi secara efektif merupakan aspek penting dalam penulisan deskriptif yang baik. Dengan menggunakan kalimat deskripsi secara efektif, penulis dapat menciptakan gambaran yang jelas dan hidup dalam pikiran pembaca, sehingga membuat tulisan menjadi lebih menarik dan mudah dipahami. Contoh kalimat deskripsi yang efektif dapat menjadi panduan bagi penulis dalam memahami dan mengimplementasikan teknik-teknik penulisan deskriptif yang baik.

Contoh kalimat deskripsi dapat memberikan ilustrasi nyata tentang bagaimana menggunakan kalimat deskripsi secara efektif. Dengan menganalisis contoh-contoh tersebut, penulis dapat mempelajari teknik-teknik yang digunakan untuk menciptakan deskripsi yang jelas, deskriptif, dan menarik. Misalnya, penulis dapat mengamati bagaimana penulis menggunakan kata-kata sensorik, bahasa figuratif, dan detail-detail spesifik untuk membuat gambaran yang hidup dalam pikiran pembaca.

Memahami cara menggunakan kalimat deskripsi secara efektif memiliki aplikasi praktis dalam berbagai bidang penulisan. Dalam penulisan fiksi, deskripsi yang efektif dapat membangun dunia dan karakter yang imersif. Dalam penulisan non-fiksi, deskripsi yang efektif dapat menjelaskan konsep dan proses dengan cara yang mudah dipahami. Dalam jurnalisme, deskripsi yang efektif dapat membuat laporan berita menjadi lebih hidup dan menarik.

Contoh-contoh kalimat deskripsi

Contoh-contoh kalimat deskripsi merupakan bagian penting dalam memahami dan menguasai keterampilan menulis kalimat deskripsi yang efektif. Melalui contoh-contoh tersebut, penulis dapat mempelajari teknik-teknik penulisan deskriptif yang baik dan menerapkannya dalam tulisan mereka sendiri.

  • Jenis-jenis kalimat deskripsi

    Contoh kalimat deskripsi dapat diklasifikasikan ke dalam berbagai jenis, seperti deskripsi objektif, deskripsi subjektif, deskripsi teknis, dan deskripsi imajinatif. Setiap jenis memiliki ciri-ciri dan tujuan penggunaannya masing-masing.

  • Struktur kalimat deskripsi

    Contoh kalimat deskripsi dapat dianalisis untuk mengidentifikasi struktur dan komponennya, seperti penggunaan kata sifat, kata keterangan, dan bahasa figuratif. Memahami struktur kalimat deskripsi sangat penting untuk membangun deskripsi yang jelas dan koheren.

  • Fungsi kalimat deskripsi

    Contoh kalimat deskripsi dapat digunakan untuk berbagai fungsi, seperti membangun suasana, menciptakan karakter, atau menjelaskan proses. Memahami fungsi kalimat deskripsi sangat penting untuk menggunakannya secara efektif dalam tulisan.

  • Penggunaan kalimat deskripsi

    Contoh kalimat deskripsi dapat membantu penulis dalam mengidentifikasi teknik-teknik penulisan deskriptif yang efektif. Penulis dapat mempelajari bagaimana menggunakan kata sensorik, bahasa figuratif, dan detail-detail spesifik untuk membuat deskripsi yang hidup dan menarik.

Dengan memahami dan memanfaatkan contoh-contoh kalimat deskripsi, penulis dapat meningkatkan keterampilan menulis mereka dan menghasilkan tulisan yang lebih deskriptif, jelas, dan menarik. Contoh-contoh tersebut memberikan panduan praktis tentang cara menggunakan kalimat deskripsi secara efektif dalam berbagai genre dan konteks penulisan.

Kalimat Deskripsi dalam Karya Sastra

Kalimat deskripsi dalam karya sastra merupakan bagian penting dari contoh kalimat deskripsi yang digunakan untuk melukiskan gambaran yang jelas dan hidup tentang dunia, karakter, dan peristiwa dalam sebuah karya sastra. Kalimat-kalimat ini tidak hanya memberikan detail dan konteks, tetapi juga membangkitkan emosi dan imajinasi pembaca.

  • Penggambaran Karakter

    Kalimat deskripsi dalam karya sastra sering digunakan untuk menggambarkan karakter, baik secara fisik maupun emosional. Penulis menggunakan kata-kata yang jelas dan sensorik untuk menciptakan gambaran yang hidup tentang penampilan, perilaku, dan kepribadian karakter.

  • Pembangunan Latar

    Kalimat deskripsi juga memainkan peran penting dalam membangun latar sebuah karya sastra. Penulis menggunakan kalimat deskriptif untuk menciptakan suasana dan memberikan detail tentang lingkungan tempat cerita berlangsung. Latar yang digambarkan dengan jelas dapat membantu pembaca membayangkan dan tenggelam dalam dunia yang diciptakan oleh penulis.

  • Penggunaan Bahasa Figuratif

    Kalimat deskripsi dalam karya sastra sering menggunakan bahasa figuratif, seperti metafora, simile, dan personifikasi. Bahasa figuratif dapat membantu penulis mengekspresikan ide dan emosi dengan cara yang lebih hidup dan berkesan. Penggunaan bahasa figuratif yang efektif dapat membuat deskripsi menjadi lebih bermakna dan mudah diingat.

  • Penciptaan Suasana

    Kalimat deskripsi juga dapat digunakan untuk menciptakan suasana atau suasana hati tertentu dalam sebuah karya sastra. Penulis dapat menggunakan kata-kata yang membangkitkan emosi atau asosiasi tertentu untuk menciptakan suasana yang diinginkan. Suasana yang diciptakan melalui deskripsi dapat sangat mempengaruhi pengalaman pembaca.

Dengan menguasai penggunaan kalimat deskripsi dalam karya sastra, penulis dapat menciptakan dunia dan karakter yang memikat, membangkitkan emosi, dan memberikan kesan mendalam pada pembaca. Kalimat deskripsi adalah alat yang ampuh yang membantu penulis menyajikan cerita mereka dengan cara yang hidup dan tak terlupakan.

Kalimat deskripsi dalam penulisan ilmiah

Kalimat deskripsi merupakan komponen penting dalam penulisan ilmiah, karena berfungsi untuk memberikan gambaran yang jelas dan rinci tentang objek, fenomena, atau proses yang diteliti. Kalimat deskripsi dalam penulisan ilmiah harus bersifat objektif, akurat, dan didukung oleh data atau bukti yang valid. Tanpa kalimat deskripsi yang baik, pembaca akan kesulitan memahami dan mengevaluasi temuan penelitian.

Contoh kalimat deskripsi dalam penulisan ilmiah:
– “Sampel uji memiliki bentuk persegi panjang dengan panjang 10 cm dan lebar 5 cm.”
– “Reaksi kimia berlangsung pada suhu 25 derajat Celcius dan tekanan 1 atmosfer.”
– “Data yang diperoleh menunjukkan adanya hubungan linear antara variabel X dan Y.”

Kemampuan menulis kalimat deskripsi yang efektif sangat penting bagi peneliti ilmiah, karena memungkinkan mereka untuk mengomunikasikan hasil penelitian dengan jelas dan ringkas. Kalimat deskripsi yang baik akan membantu pembaca untuk memvisualisasikan objek atau proses yang diteliti, sehingga memudahkan mereka untuk memahami dan mengevaluasi temuan penelitian. Selain itu, kalimat deskripsi yang efektif juga dapat membuat tulisan ilmiah menjadi lebih menarik dan mudah dipahami oleh pembaca.

Kalimat deskripsi dalam penulisan jurnalistik

Kalimat deskripsi merupakan bagian penting dari contoh kalimat deskripsi yang digunakan dalam penulisan jurnalistik. Kalimat deskriptif dalam konteks ini berfungsi untuk menyajikan gambaran yang jelas dan informatif tentang peristiwa, orang, atau situasi yang diliput.

  • Penggambaran Objektif

    Kalimat deskripsi dalam penulisan jurnalistik harus bersifat objektif dan tidak memihak, menyajikan fakta dan detail yang dapat diverifikasi tanpa memasukkan opini atau bias pribadi.

  • Penggunaan Indera

    Jurnalis menggunakan kalimat deskriptif untuk melibatkan indra pembaca, menggunakan kata-kata yang membangkitkan penglihatan, pendengaran, penciuman, atau sentuhan untuk membuat laporan menjadi lebih hidup dan mendalam.

  • Pemberian Konteks

    Kalimat deskriptif membantu memberikan konteks dan latar belakang peristiwa atau masalah yang diliput. Mereka menetapkan suasana dan memberikan pembaca informasi yang diperlukan untuk memahami dan mengevaluasi cerita.

  • Keterlibatan Pembaca

    Kalimat deskriptif yang ditulis dengan baik dapat menarik pembaca dan membuat mereka merasa hadir dalam peristiwa yang sedang dibahas. Hal ini menciptakan keterlibatan emosional dan membuat cerita lebih berkesan.

Dengan menguasai penggunaan kalimat deskripsi dalam penulisan jurnalistik, reporter dapat menyajikan berita dan informasi dengan cara yang jelas, menarik, dan tidak memihak, membantu pembaca untuk memahami dan terlibat dengan cerita yang mereka baca.

Pertanyaan yang Sering Diajukan tentang Contoh Kalimat Deskripsi

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan tentang contoh kalimat deskripsi, beserta jawabannya:

Pertanyaan 1: Apa yang dimaksud dengan kalimat deskripsi?

Jawaban: Kalimat deskripsi adalah kalimat yang digunakan untuk menggambarkan atau melukiskan sesuatu secara detail sehingga pembaca dapat membayangkan atau memahami sesuatu tersebut dengan jelas.

Pertanyaan 2: Apa saja jenis-jenis kalimat deskripsi?

Jawaban: Ada beberapa jenis kalimat deskripsi, di antaranya kalimat deskripsi objektif, subjektif, spasial, dan imajinatif.

Pertanyaan 3: Bagaimana cara membuat kalimat deskripsi yang efektif?

Jawaban: Untuk membuat kalimat deskripsi yang efektif, gunakan kata-kata yang jelas dan spesifik, libatkan panca indera, gunakan bahasa kias, dan fokus pada detail.

Pertanyaan 4: Apa fungsi kalimat deskripsi dalam sebuah tulisan?

Jawaban: Kalimat deskripsi berfungsi untuk memberikan gambaran yang jelas tentang sesuatu, sehingga pembaca dapat lebih memahami atau membayangkan apa yang sedang dibahas dalam tulisan.

Pertanyaan 5: Di mana saja kalimat deskripsi dapat digunakan?

Jawaban: Kalimat deskripsi dapat digunakan dalam berbagai jenis tulisan, seperti fiksi, non-fiksi, dan jurnalisme.

Pertanyaan 6: Apa saja contoh kalimat deskripsi?

Jawaban: “Rumah itu besar dan megah, dengan dinding berwarna putih dan atap berwarna merah, dikelilingi oleh taman yang indah dengan bunga-bunga berwarna-warni.” adalah salah satu contoh kalimat deskripsi.

Demikianlah beberapa pertanyaan yang sering diajukan tentang contoh kalimat deskripsi. Dengan memahami konsep dan cara membuat kalimat deskripsi yang efektif, kita dapat membuat tulisan yang lebih jelas, deskriptif, dan menarik.

Selanjutnya, kita akan membahas lebih dalam tentang penggunaan kalimat deskripsi dalam berbagai jenis tulisan.

Tips Menulis Kalimat Deskripsi yang Efektif

Bagian ini menyajikan beberapa tips yang dapat membantu Anda dalam menulis kalimat deskripsi yang efektif dan menarik.

Tip 1: Gunakan Kata-kata yang Spesifik dan Jelas
Hindari menggunakan kata-kata umum dan abstrak. Pilih kata-kata yang spesifik dan jelas untuk menggambarkan objek, tempat, atau orang yang Anda deskripsikan.

Tip 2: Libatkan Panca Indera
Deskripsi yang baik melibatkan panca indera. Gunakan kata-kata yang membangkitkan indra penglihatan, pendengaran, penciuman, rasa, dan sentuhan.

Tip 3: Gunakan Bahasa Figuratif
Bahasa figuratif, seperti metafora, simile, dan personifikasi, dapat membuat deskripsi Anda lebih hidup dan mudah diingat.

Tip 4: Fokus pada Detail
Kalimat deskripsi yang baik berfokus pada detail yang spesifik dan mengungkapkan. Hindari deskripsi yang umum atau dangkal.

Tip 5: Variasikan Struktur Kalimat
Variasikan panjang dan struktur kalimat Anda untuk membuat deskripsi yang lebih menarik dan mengalir.

Tip 6: Gunakan Kata Kerja Aktif
Gunakan kata kerja aktif untuk membuat kalimat deskripsi yang lebih dinamis dan menarik.

Tip 7: Koreksi dan Poles
Setelah menulis kalimat deskripsi, luangkan waktu untuk mengoreksi dan memolesnya. Pastikan kalimat Anda jelas, ringkas, dan efektif.

Dengan mengikuti tips ini, Anda dapat menulis kalimat deskripsi yang efektif dan menarik yang akan membuat tulisan Anda lebih hidup dan mudah dipahami.

Tips ini sangat penting untuk dikuasai, karena kalimat deskripsi yang efektif merupakan landasan bagi penulisan yang deskriptif dan jelas. Pada bagian selanjutnya, kita akan membahas kesalahan umum yang harus dihindari saat menulis kalimat deskripsi.

Kesimpulan

Contoh kalimat deskripsi sangat penting dalam penulisan karena dapat membuat tulisan menjadi lebih jelas, deskriptif, dan menarik. Kalimat deskripsi yang efektif dapat membantu pembaca untuk memvisualisasikan dan memahami objek, tempat, atau orang yang digambarkan. Untuk menulis kalimat deskripsi yang efektif, kita dapat menggunakan kata-kata yang jelas dan spesifik, melibatkan panca indera, menggunakan bahasa figuratif, dan fokus pada detail.

Dengan menguasai teknik penulisan kalimat deskripsi yang efektif, kita dapat meningkatkan keterampilan menulis kita dan menghasilkan tulisan yang lebih berkualitas. Kalimat deskripsi yang baik tidak hanya akan membuat tulisan kita lebih jelas dan menarik, tetapi juga dapat membantu pembaca untuk lebih memahami dan menghargai apa yang kita tulis.



Artikel Terkait

Bagikan:

Nur Jannah

Halo, Perkenalkan nama saya Nur. Saya adalah salah satu penulis profesional yang suka berbagi ilmu. Dengan Artikel, saya bisa berbagi dengan teman - teman. Semoga semua artikel yang telah saya buat bisa bermanfaat. Pastikan Follow iainpurwokerto.ac.id ya.. Terimakasih..

Artikel Terbaru