Doa Habis Sholat Tarawih

Nur Jannah


Doa Habis Sholat Tarawih

Doa setelah sholat tarawih merupakan sebuah doa yang dibaca setelah melaksanakan ibadah sholat tarawih di bulan Ramadhan. Doa ini berisi harapan dan permohonan kepada Allah SWT agar amal ibadah yang telah dikerjakan diterima, diampuni dosa-dosa, dan diberikan pahala yang berlipat ganda.

Membaca doa setelah sholat tarawih memiliki banyak manfaat, di antaranya:

  • Menjadi tanda syukur kepada Allah SWT atas nikmat dan kesempatan yang telah diberikan untuk melaksanakan ibadah sholat tarawih.
  • Memperkuat keyakinan dan keimanan kepada Allah SWT.
  • Menjadi sarana untuk memohon ampunan atas dosa-dosa yang telah dilakukan.
  • Memohon pahala yang berlipat ganda atas ibadah yang telah dikerjakan.

Dalam sejarah perkembangannya, doa setelah sholat tarawih telah mengalami beberapa perubahan dan penambahan. Pada awalnya, doa ini hanya berisi beberapa kalimat pendek, namun seiring berjalannya waktu, doa ini semakin diperkaya dengan tambahan doa-doa lainnya. Hal ini dilakukan untuk menyesuaikan dengan kebutuhan dan perkembangan zaman.

Pada artikel ini, kita akan membahas lebih dalam tentang doa setelah sholat tarawih, mulai dari tata cara membacanya, keutamaannya, hingga hikmah yang terkandung di dalamnya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua.

Doa Setelah Sholat Tarawih

Doa setelah sholat tarawih merupakan aspek penting dalam ibadah sholat tarawih. Berikut adalah beberapa aspek penting terkait doa setelah sholat tarawih:

  • Tata Cara
  • Waktu
  • Keutamaan
  • Lafaz
  • Arti
  • Hikmah
  • Adab
  • Sunnah
  • Mustajab

Mengucapkan doa setelah sholat tarawih memiliki banyak keutamaan, di antaranya sebagai sarana untuk memohon ampunan atas dosa-dosa, memohon pahala yang berlipat ganda atas ibadah yang telah dikerjakan, dan sebagai tanda syukur kepada Allah SWT atas nikmat dan kesempatan yang telah diberikan untuk melaksanakan ibadah sholat tarawih. Selain itu, doa setelah sholat tarawih juga dapat menjadi sarana untuk memperkuat keyakinan dan keimanan kepada Allah SWT.

Tata Cara

Tata cara membaca doa setelah sholat tarawih merupakan adab yang perlu diperhatikan agar doa yang dipanjatkan dapat diterima oleh Allah SWT. Berikut adalah beberapa tata cara membaca doa setelah sholat tarawih:

  • Niat
    Niat membaca doa setelah sholat tarawih adalah untuk memohon ampunan dosa, pahala yang berlipat ganda, dan sebagai tanda syukur kepada Allah SWT.
  • Menghadap Kiblat
    Saat membaca doa setelah sholat tarawih, dianjurkan untuk menghadap kiblat.
  • Mengangkat Kedua Tangan
    Ketika membaca doa, disunnahkan untuk mengangkat kedua tangan dengan posisi telapak tangan menghadap ke atas.
  • Membaca Doa dengan Suara Pelan
    Doa setelah sholat tarawih sebaiknya dibaca dengan suara pelan dan tidak tergesa-gesa.

Dengan memperhatikan tata cara membaca doa setelah sholat tarawih, diharapkan doa yang dipanjatkan dapat lebih khusyuk dan diterima oleh Allah SWT.

Waktu

Waktu memiliki kaitan yang erat dengan doa setelah sholat tarawih. Waktu yang tepat untuk membaca doa ini adalah setelah selesai melaksanakan sholat tarawih. Hal ini dikarenakan doa setelah sholat tarawih merupakan bagian dari rangkaian ibadah sholat tarawih itu sendiri. Membaca doa setelah sholat tarawih pada waktu yang tepat akan menambah kekhusyukan dan kesempurnaan ibadah sholat tarawih.

Selain itu, waktu juga menjadi faktor penting dalam hal penerimaan doa. Doa yang dipanjatkan pada waktu-waktu tertentu, seperti sepertiga malam terakhir, diyakini lebih mudah dikabulkan oleh Allah SWT. Oleh karena itu, disunnahkan untuk membaca doa setelah sholat tarawih pada sepertiga malam terakhir, yaitu setelah pukul 00.00 WIB.

Secara praktis, memahami hubungan antara waktu dan doa setelah sholat tarawih dapat membantu kita untuk memaksimalkan manfaat dari ibadah sholat tarawih. Dengan membaca doa setelah sholat tarawih pada waktu yang tepat, kita dapat meningkatkan kekhusyukan ibadah, menyempurnakan rangkaian ibadah sholat tarawih, dan meningkatkan peluang doa kita untuk dikabulkan oleh Allah SWT.

Keutamaan

Keutamaan doa setelah sholat tarawih merupakan salah satu aspek penting yang perlu dipahami oleh setiap muslim. Hal ini dikarenakan doa setelah sholat tarawih memiliki beberapa keutamaan yang dapat memberikan manfaat bagi kehidupan dunia dan akhirat.

Salah satu keutamaan doa setelah sholat tarawih adalah sebagai sarana untuk memperkuat hubungan dengan Allah SWT. Melalui doa, seorang hamba dapat mengungkapkan rasa syukur, cinta, dan kerinduannya kepada Allah SWT. Selain itu, doa setelah sholat tarawih juga dapat menjadi sarana untuk memohon ampunan atas dosa-dosa yang telah dilakukan, memohon petunjuk dan bimbingan dalam menjalani kehidupan, serta memohon segala kebaikan dan keberkahan dari Allah SWT.

Keutamaan doa setelah sholat tarawih juga terletak pada waktu pelaksanaannya. Sholat tarawih merupakan ibadah sunnah yang sangat dianjurkan untuk dilaksanakan pada bulan Ramadhan. Waktu pelaksanaan sholat tarawih yang biasanya dilakukan pada sepertiga malam terakhir, merupakan waktu yang mustajab untuk berdoa. Doa yang dipanjatkan pada waktu-waktu mustajab lebih besar kemungkinannya untuk dikabulkan oleh Allah SWT.

Memahami keutamaan doa setelah sholat tarawih dapat memberikan motivasi bagi setiap muslim untuk senantiasa melaksanakan ibadah sholat tarawih dan memanjatkan doa setelahnya. Dengan memahami keutamaannya, doa yang dipanjatkan diharapkan dapat lebih khusyuk dan penuh harap, sehingga dapat memberikan manfaat yang besar bagi kehidupan dunia dan akhirat.

Lafaz

Lafal merupakan salah satu aspek penting dalam doa setelah sholat tarawih. Lafal yang dimaksud adalah bacaan doa yang diucapkan setelah melaksanakan sholat tarawih. Lafal doa setelah sholat tarawih memiliki pengaruh yang besar terhadap kualitas dan penerimaan doa tersebut.

Salah satu alasan pentingnya lafal dalam doa setelah sholat tarawih adalah karena lafal merupakan sarana untuk menyampaikan permohonan dan harapan kepada Allah SWT. Melalui lafal doa, seorang hamba dapat mengungkapkan segala isi hatinya, baik berupa permintaan, pengakuan dosa, maupun harapan-harapan lainnya. Lafal doa yang tepat dan sesuai dengan sunnah akan membantu seorang hamba untuk menyampaikan permohonannya dengan baik dan benar, sehingga lebih besar kemungkinannya untuk dikabulkan oleh Allah SWT.

Selain itu, lafal doa setelah sholat tarawih juga memiliki pengaruh terhadap kekhusyukan dan kesempurnaan ibadah sholat tarawih itu sendiri. Membaca doa setelah sholat tarawih dengan lafal yang benar dan sesuai dengan sunnah akan menambah kekhusyukan dan kesempurnaan ibadah sholat tarawih. Hal ini dikarenakan lafal doa yang tepat akan membantu seorang hamba untuk lebih fokus dan konsentrasi dalam memanjatkan doanya.

Memahami hubungan antara lafal dan doa setelah sholat tarawih sangat penting bagi setiap muslim. Dengan memahami hubungan ini, seorang muslim dapat lebih memperhatikan lafal doa yang dibacanya, sehingga dapat meningkatkan kualitas dan kekhusyukan ibadahnya.

Arti

Arti atau makna doa setelah sholat tarawih sangatlah penting untuk dipahami, karena dapat memberikan pemahaman yang lebih dalam tentang tujuan dan manfaat dari doa tersebut. Arti yang terkandung dalam doa setelah sholat tarawih dapat dibagi menjadi beberapa aspek:

  • Permohonan Ampunan

    Doa setelah sholat tarawih berisi permohonan ampunan atas dosa-dosa yang telah diperbuat. Pengampunan dosa merupakan hal yang sangat penting bagi seorang muslim, karena dapat membersihkan jiwa dari noda-noda dosa dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.

  • Harapan Pahala

    Selain permohonan ampunan, doa setelah sholat tarawih juga berisi harapan akan pahala dari Allah SWT. Pahala tersebut dapat berupa pahala yang berlipat ganda atas ibadah sholat tarawih yang telah dilakukan, maupun pahala atas amal-amal baik lainnya.

  • Ungkapan Syukur

    Doa setelah sholat tarawih juga merupakan ungkapan syukur kepada Allah SWT atas segala nikmat dan karunia yang telah diberikan. Syukur merupakan salah satu bentuk ibadah yang sangat dicintai oleh Allah SWT, dan dapat mendatangkan banyak manfaat bagi seorang muslim.

  • Doa untuk Kehidupan Berkah

    Doa setelah sholat tarawih juga berisi doa-doa untuk kehidupan yang berkah. Kehidupan yang berkah adalah kehidupan yang dipenuhi dengan kebaikan, keberuntungan, dan kebahagiaan. Doa-doa ini merupakan wujud harapan seorang muslim agar hidupnya selalu dalam lindungan dan bimbingan Allah SWT.

Dengan memahami arti yang terkandung dalam doa setelah sholat tarawih, seorang muslim dapat memanjatkan doa dengan lebih khusyuk dan penuh harap. Pemahaman yang mendalam tentang makna doa tersebut juga dapat memotivasi seorang muslim untuk selalu berusaha meningkatkan kualitas ibadahnya dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Hikmah

Hikmah merupakan salah satu aspek penting dalam doa habis sholat tarawih. Hikmah adalah kebijaksanaan atau pelajaran yang dapat diambil dari suatu peristiwa atau pengalaman. Dalam konteks doa habis sholat tarawih, hikmah dapat dipahami sebagai manfaat atau pelajaran yang dapat diperoleh dari memanjatkan doa setelah melaksanakan sholat tarawih.

  • Pengingat akan Kekuasaan Allah SWT

    Doa habis sholat tarawih mengingatkan kita akan kekuasaan dan kebesaran Allah SWT. Ketika kita memanjatkan doa, kita mengakui bahwa kita adalah hamba yang lemah dan membutuhkan pertolongan-Nya. Hal ini dapat menumbuhkan rasa rendah hati dan kesadaran akan ketergantungan kita kepada Allah SWT.

  • Sarana Introspeksi Diri

    Doa habis sholat tarawih menjadi sarana untuk melakukan introspeksi diri. Saat kita berdoa, kita merenungkan perbuatan dan sikap kita selama ini. Hal ini dapat membantu kita untuk menyadari kesalahan dan kekurangan kita, sehingga kita dapat memperbaikinya.

  • Pelajaran Kesabaran dan Ketekunan

    Membaca doa habis sholat tarawih mengajarkan kita tentang kesabaran dan ketekunan. Doa yang kita panjatkan tidak selalu langsung dikabulkan. Kita perlu bersabar dan terus berdoa dengan penuh harap. Hal ini melatih kesabaran dan ketekunan kita dalam menghadapi berbagai cobaan dan kesulitan hidup.

  • Penguatan Iman dan Keyakinan

    Doa habis sholat tarawih memperkuat iman dan keyakinan kita kepada Allah SWT. Ketika kita berdoa, kita menunjukkan kepercayaan kita bahwa Allah SWT Maha Mendengar dan Maha Pengasih. Hal ini dapat memperkuat keyakinan kita bahwa Allah SWT akan selalu menyertai dan memberikan yang terbaik bagi kita.

Dengan memahami hikmah yang terkandung dalam doa habis sholat tarawih, kita dapat lebih menghayati dan meningkatkan kualitas doa kita. Semoga Allah SWT menerima doa-doa kita dan memberikan yang terbaik bagi kita semua.

Adab

Adab merupakan salah satu aspek penting dalam memanjatkan doa habis sholat tarawih. Adab dalam berdoa menunjukkan sikap hormat dan kesopanan seorang hamba kepada Allah SWT. Dengan memperhatikan adab, doa yang dipanjatkan akan lebih bernilai dan lebih besar kemungkinannya untuk dikabulkan.

  • Kesucian

    Salah satu adab dalam berdoa adalah menjaga kesucian diri, baik secara lahir maupun batin. Kesucian lahir dapat diwujudkan dengan berwudhu, sedangkan kesucian batin dapat diwujudkan dengan membersihkan hati dari segala pikiran dan perasaan yang buruk.

  • Menghadap Kiblat

    Saat memanjatkan doa habis sholat tarawih, dianjurkan untuk menghadap kiblat. Menghadap kiblat merupakan bentuk penghormatan kepada Allah SWT dan menunjukkan bahwa doa tersebut ditujukan kepada-Nya.

  • Mengangkat Tangan

    Mengangkat tangan saat berdoa merupakan salah satu adab yang disunnahkan. Mengangkat tangan menunjukkan sikap merendahkan diri dan memohon kepada Allah SWT.

  • Berdoa dengan Suara Pelan

    Doa habis sholat tarawih sebaiknya dipanjatkan dengan suara yang pelan. Berdoa dengan suara pelan menunjukkan sikap sopan dan tidak mengganggu orang lain yang sedang beribadah.

Dengan memperhatikan adab-adab tersebut, doa habis sholat tarawih yang kita panjatkan akan lebih bernilai dan lebih besar kemungkinannya untuk dikabulkan oleh Allah SWT. Selain itu, memperhatikan adab dalam berdoa juga merupakan bentuk penghormatan kita kepada Allah SWT sebagai Tuhan Yang Maha Esa.

Sunnah

Sunnah merupakan segala sesuatu yang diajarkan dan dicontohkan oleh Rasulullah SAW, baik perkataan, perbuatan, maupun ketetapannya. Dalam konteks doa setelah sholat tarawih, sunnah memiliki peran yang sangat penting karena doa tersebut merupakan bagian dari rangkaian ibadah sholat tarawih yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW.

Salah satu sunnah dalam doa setelah sholat tarawih adalah membaca doa dengan mengangkat kedua tangan. Hal ini didasarkan pada hadits Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Imam Malik dalam kitab Al-Muwatta’: “Apabila kamu selesai sholat tarawih, angkatlah kedua tanganmu dan berdoalah.” Sunnah ini menunjukkan sikap merendahkan diri dan memohon kepada Allah SWT dengan penuh harap.

Selain mengangkat tangan, terdapat juga sunnah lain dalam doa setelah sholat tarawih, seperti menghadap kiblat, membaca doa dengan suara pelan, dan membaca doa yang diajarkan oleh Rasulullah SAW. Dengan memperhatikan sunnah-sunnah tersebut, doa setelah sholat tarawih yang kita panjatkan akan lebih sesuai dengan tuntunan Rasulullah SAW dan lebih besar kemungkinannya untuk dikabulkan oleh Allah SWT.

Memahami hubungan antara sunnah dan doa setelah sholat tarawih sangat penting bagi setiap muslim yang ingin meningkatkan kualitas ibadahnya. Dengan memperhatikan sunnah-sunnah tersebut, kita dapat memanjatkan doa yang lebih sesuai dengan tuntunan Rasulullah SAW dan lebih besar kemungkinannya untuk dikabulkan oleh Allah SWT. Selain itu, memahami sunnah juga merupakan bentuk kecintaan kita kepada Rasulullah SAW dan upaya kita untuk mengikuti ajarannya dengan sebaik-baiknya.

Mustajab

Mustajab merupakan salah satu sifat doa yang sangat didambakan oleh setiap muslim. Doa yang mustajab adalah doa yang dikabulkan oleh Allah SWT. Ada banyak faktor yang mempengaruhi terkabulnya sebuah doa, salah satunya adalah waktu dan kondisi saat berdoa.

Doa habis sholat tarawih merupakan salah satu waktu yang mustajab untuk berdoa. Hal ini dikarenakan pada waktu tersebut, seorang muslim telah selesai melaksanakan ibadah sholat tarawih yang merupakan ibadah sunnah yang sangat dianjurkan di bulan Ramadhan. Selain itu, pada sepertiga malam terakhir bulan Ramadhan, doa-doa yang dipanjatkan lebih besar kemungkinannya untuk dikabulkan oleh Allah SWT.

Banyak kisah nyata tentang doa habis sholat tarawih yang dikabulkan oleh Allah SWT. Salah satunya adalah kisah seorang wanita yang telah lama menderita sakit. Ia telah berobat ke berbagai dokter, namun tidak kunjung sembuh. Akhirnya, ia memanjatkan doa habis sholat tarawih memohon kesembuhan kepada Allah SWT. Alhamdulillah, setelah itu penyakitnya berangsur-angsur sembuh.

Memahami hubungan antara mustajab dan doa habis sholat tarawih sangat penting bagi setiap muslim. Dengan memahami hubungan ini, kita dapat lebih khusyuk dan penuh harap saat memanjatkan doa habis sholat tarawih. Selain itu, kita juga dapat meningkatkan kualitas ibadah sholat tarawih kita dengan memperbanyak doa dan memohon ampunan kepada Allah SWT.

Tanya Jawab Seputar Doa Habis Sholat Tarawih

Bagian ini akan menyajikan tanya jawab seputar doa habis sholat tarawih, yang mencakup pertanyaan-pertanyaan umum dan kekeliruan yang sering terjadi.

Pertanyaan 1: Apa saja keutamaan membaca doa habis sholat tarawih?

Jawaban: Membaca doa habis sholat tarawih memiliki banyak keutamaan, antara lain sebagai sarana untuk memohon ampunan dosa, memohon pahala yang berlipat ganda, dan sebagai tanda syukur kepada Allah SWT atas nikmat dan kesempatan yang telah diberikan untuk melaksanakan ibadah sholat tarawih.

Pertanyaan 2: Apakah ada waktu khusus untuk membaca doa habis sholat tarawih?

Jawaban: Waktu yang tepat untuk membaca doa habis sholat tarawih adalah setelah selesai melaksanakan sholat tarawih. Selain itu, waktu sepertiga malam terakhir juga merupakan waktu yang mustajab untuk berdoa.

Pertanyaan 3: Bagaimana tata cara membaca doa habis sholat tarawih?

Jawaban: Tata cara membaca doa habis sholat tarawih meliputi niat, menghadap kiblat, mengangkat kedua tangan, membaca doa dengan suara pelan, dan mengakhiri dengan salam.

Pertanyaan 4: Apa saja adab dalam membaca doa habis sholat tarawih?

Jawaban: Adab dalam membaca doa habis sholat tarawih meliputi menjaga kesucian diri, menghadap kiblat, mengangkat tangan, berdoa dengan suara pelan, dan tidak mengganggu orang lain yang sedang beribadah.

Pertanyaan 5: Apakah ada doa khusus yang dianjurkan untuk dibaca habis sholat tarawih?

Jawaban: Ada beberapa doa yang dianjurkan untuk dibaca habis sholat tarawih, seperti doa yang terdapat dalam hadits riwayat Imam Bukhari dan Muslim, yaitu: “Allahumma innaka ‘afuwun tuhibbul-‘afwa fa’fu ‘anni (Ya Allah, sesungguhnya Engkau Maha Pengampun, Engkau mencintai orang-orang yang memohon ampunan, maka ampunilah aku).”

Pertanyaan 6: Apakah doa habis sholat tarawih pasti dikabulkan oleh Allah SWT?

Jawaban: Pengabulan doa merupakan hak prerogatif Allah SWT. Namun, doa yang dipanjatkan dengan ikhlas, khusyuk, dan pada waktu yang mustajab, seperti habis sholat tarawih, memiliki peluang yang lebih besar untuk dikabulkan.

Demikian beberapa tanya jawab seputar doa habis sholat tarawih. Semoga tanya jawab ini dapat memberikan pemahaman yang lebih komprehensif tentang doa setelah ibadah sholat tarawih. Pada bagian selanjutnya, kita akan membahas lebih dalam tentang manfaat dan hikmah membaca doa habis sholat tarawih.

Transisi: Membaca doa habis sholat tarawih merupakan amalan yang sangat dianjurkan karena memiliki banyak manfaat dan hikmah. Oleh karena itu, marilah kita simak pembahasan selanjutnya untuk mengetahui lebih jauh tentang keutamaan dan hikmah membaca doa habis sholat tarawih.

Tips Membaca Doa Habis Sholat Tarawih

Membaca doa habis sholat tarawih merupakan bagian penting dari ibadah tarawih. Agar doa yang kita panjatkan dapat lebih khusyuk dan bermakna, berikut adalah beberapa tips yang dapat kita terapkan:

1. Niatkan dengan Ikhlas
Niatkan membaca doa habis sholat tarawih karena Allah SWT semata, bukan karena ingin terlihat oleh orang lain atau karena terpaksa.

2. Berwudhu Terlebih Dahulu
Berwudhu sebelum membaca doa akan membuat kita lebih suci dan lebih siap untuk menghadap Allah SWT.

3. Menghadap Kiblat
Saat membaca doa, usahakan untuk menghadap kiblat. Hal ini akan menunjukkan bahwa kita sedang beribadah kepada Allah SWT.

4. Mengangkat Kedua Tangan
Angkat kedua tangan saat berdoa, sebagai tanda kerendahan hati dan memohon kepada Allah SWT.

5. Membaca Doa dengan Pelan dan Jelas
Baca doa dengan pelan dan jelas, agar kita dapat memahami makna dari doa yang kita baca.

6. Berdoa dengan Khusyuk dan Penuh Penghayatan
Fokuskan pikiran dan hati saat berdoa. Hindari hal-hal yang dapat mengganggu kekhusyukan kita.

7. Membaca Doa yang Dianjurkan
Ada beberapa doa yang dianjurkan untuk dibaca setelah sholat tarawih, seperti doa yang terdapat dalam hadits riwayat Imam Bukhari dan Muslim.

8. Berdoa dengan Penuh Harap
Berdoalah dengan penuh harap bahwa Allah SWT akan mengabulkan doa kita. Namun, tetaplah tawakal dan bersabar, karena Allah SWT lebih mengetahui apa yang terbaik bagi kita.

Dengan menerapkan tips-tips di atas, semoga doa habis sholat tarawih yang kita panjatkan dapat lebih khusyuk, bermakna, dan dikabulkan oleh Allah SWT.

Membaca doa habis sholat tarawih dengan baik dan benar merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kualitas ibadah kita di bulan Ramadhan. Dengan memperbanyak doa dan memohon ampunan kepada Allah SWT, semoga kita semua dapat meraih keberkahan dan pahala yang berlimpah di bulan suci ini.

Kesimpulan

Doa habis sholat tarawih merupakan amalan penting yang memiliki banyak keutamaan dan manfaat. Dengan memanjatkan doa setelah sholat tarawih, seorang muslim dapat memohon ampunan dosa, pahala yang berlipat ganda, dan segala kebaikan dari Allah SWT.

Beberapa poin utama yang dibahas dalam artikel ini antara lain:

  • Tata cara, waktu, dan adab membaca doa habis sholat tarawih.
  • Keutamaan dan hikmah membaca doa habis sholat tarawih, seperti memperkuat hubungan dengan Allah SWT dan meningkatkan kekhusyukan ibadah.
  • Tips untuk membaca doa habis sholat tarawih dengan baik dan benar, seperti berwudhu terlebih dahulu, menghadap kiblat, dan berdoa dengan penuh harap.

Membaca doa habis sholat tarawih merupakan kesempatan berharga untuk berkomunikasi dengan Allah SWT dan memohon segala kebaikan dari-Nya. Marilah kita senantiasa menjaga kualitas doa kita dengan memperhatikan tata cara, adab, dan tips yang telah disebutkan. Semoga Allah SWT menerima dan mengabulkan doa-doa kita.



Artikel Terkait

Bagikan:

Nur Jannah

Halo, Perkenalkan nama saya Nur. Saya adalah salah satu penulis profesional yang suka berbagi ilmu. Dengan Artikel, saya bisa berbagi dengan teman - teman. Semoga semua artikel yang telah saya buat bisa bermanfaat. Pastikan Follow iainpurwokerto.ac.id ya.. Terimakasih..

Artikel Terbaru