Doa Selesai Sholat Tarawih

Nur Jannah


Doa Selesai Sholat Tarawih

Doa selesai sholat tarawih adalah doa yang dibaca setelah melaksanakan sholat tarawih. Doa ini berisi permohonan kepada Allah SWT agar amal ibadah yang telah dikerjakan diterima, diampuni segala dosa, dan diberikan pahala yang berlipat ganda.

Doa selesai sholat tarawih sangat penting dibaca karena memiliki banyak manfaat, di antaranya:

  • Sebagai bentuk syukur kepada Allah SWT atas nikmat yang telah diberikan.
  • Sebagai pengingat untuk selalu memohon ampunan dan pertolongan Allah SWT.
  • Sebagai sarana untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT.

Dalam sejarah Islam, doa selesai sholat tarawih telah dikenal sejak zaman Nabi Muhammad SAW. Beliau mengajarkan doa ini kepada para sahabatnya dan menganjurkan mereka untuk membacanya setelah melaksanakan sholat tarawih.

Demikian penjelasan mengenai doa selesai sholat tarawih. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua.

doa selesai sholat tarawih

Doa selesai sholat tarawih merupakan bagian penting dalam ibadah sholat tarawih. Doa ini memiliki beberapa aspek penting yang perlu diperhatikan, di antaranya:

  • Lafaz doa
  • Waktu membaca doa
  • Keutamaan membaca doa
  • Tata cara membaca doa
  • Makna doa
  • Hikmah doa
  • Syarat doa terkabul
  • Contoh doa
  • Dalil doa

Setiap aspek dalam doa selesai sholat tarawih memiliki makna dan hikmah tersendiri. Dengan memahami aspek-aspek ini, diharapkan kita dapat menghayati dan mengamalkan doa selesai sholat tarawih dengan baik dan benar. Sehingga, ibadah sholat tarawih yang kita lakukan dapat menjadi ibadah yang berkualitas dan bernilai ibadah yang tinggi di sisi Allah SWT.

Lafal doa

Lafal doa merupakan komponen penting dalam doa selesai sholat tarawih. Lafadz doa yang tepat akan menentukan sah atau tidaknya doa yang dipanjatkan. Ada beberapa aspek penting yang perlu diperhatikan dalam lafal doa selesai sholat tarawih, di antaranya:

  • Bahasa doa
    Lafal doa selesai sholat tarawih dapat menggunakan bahasa apa saja, namun dianjurkan menggunakan bahasa Arab sebagai bahasa yang digunakan dalam Al-Qur’an dan hadits.
  • Urutan doa
    Lafal doa selesai sholat tarawih memiliki urutan tertentu yang disusun berdasarkan tema doa. Urutan doa ini tidak boleh diubah-ubah.
  • Lafaz doa
    Lafal doa selesai sholat tarawih harus diucapkan dengan jelas dan benar. Tidak boleh ada kesalahan dalam mengucapkan lafal doa karena dapat mempengaruhi makna doa.
  • Tata cara doa
    Lafal doa selesai sholat tarawih harus diucapkan dengan khusyuk dan penuh penghayatan. Tidak boleh diucapkan dengan terburu-buru atau asal-asalan.

Dengan memperhatikan aspek-aspek di atas, kita dapat membaca lafal doa selesai sholat tarawih dengan baik dan benar. Sehingga, doa yang kita panjatkan dapat diterima dan dikabulkan oleh Allah SWT.

Waktu membaca doa

Waktu membaca doa selesai sholat tarawih merupakan salah satu aspek penting yang perlu diperhatikan agar doa yang dipanjatkan dapat diterima dan dikabulkan oleh Allah SWT. Waktu membaca doa ini telah diatur dalam beberapa ketentuan syariat, sehingga perlu diikuti dengan baik.

  • Setelah selesai sholat tarawih
    Waktu yang paling utama untuk membaca doa selesai sholat tarawih adalah setelah selesai melaksanakan sholat tarawih. Hal ini berdasarkan hadits Nabi Muhammad SAW yang menganjurkan untuk membaca doa setelah selesai sholat.
  • Sebelum salam
    Waktu membaca doa selesai sholat tarawih yang kedua adalah sebelum salam. Waktu ini diperbolehkan jika seseorang belum sempat membaca doa setelah selesai sholat tarawih.
  • Setelah salam
    Waktu membaca doa selesai sholat tarawih yang ketiga adalah setelah salam. Waktu ini diperbolehkan jika seseorang lupa membaca doa setelah selesai sholat tarawih atau sebelum salam.
  • Sebelum beranjak dari tempat sholat
    Waktu membaca doa selesai sholat tarawih yang keempat adalah sebelum beranjak dari tempat sholat. Waktu ini diperbolehkan jika seseorang tidak sempat membaca doa setelah selesai sholat tarawih, sebelum salam, atau setelah salam.

Dengan memperhatikan ketentuan waktu membaca doa selesai sholat tarawih, diharapkan kita dapat membaca doa pada waktu yang tepat sehingga doa yang kita panjatkan dapat diterima dan dikabulkan oleh Allah SWT.

Keutamaan membaca doa

Membaca doa merupakan bagian penting dalam ibadah sholat tarawih. Selain sebagai bentuk syukur dan penghambaan kepada Allah SWT, membaca doa juga memiliki banyak keutamaan, di antaranya:

  • Mendapatkan pahala yang besar
    Rasulullah SAW bersabda, “Siapa saja yang membaca doa setelah sholat, maka Allah akan memberikan pahala yang besar kepadanya.” (HR. Tirmidzi)
  • Doa lebih mudah dikabulkan
    Waktu setelah sholat merupakan waktu yang mustajab untuk berdoa. Doa yang dipanjatkan setelah sholat lebih mudah dikabulkan oleh Allah SWT.
  • Menambah keimanan dan ketakwaan
    Membaca doa setelah sholat dapat menambah keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah SWT. Doa yang kita panjatkan merupakan bukti bahwa kita percaya kepada Allah SWT dan memohon pertolongan-Nya.
  • Menjadi lebih tenang dan tentram
    Membaca doa setelah sholat dapat membuat hati kita lebih tenang dan tentram. Doa yang kita panjatkan dapat membantu kita untuk menghilangkan beban pikiran dan masalah yang kita hadapi.

Dengan mengetahui keutamaan membaca doa setelah sholat tarawih, semoga kita semakin semangat untuk membaca doa setelah melaksanakan sholat tarawih. Dengan membaca doa, kita tidak hanya mendapatkan pahala yang besar, tetapi juga dapat meningkatkan keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah SWT.

Tata cara membaca doa

Tata cara membaca doa merupakan aspek penting dalam doa selesai sholat tarawih. Dengan memperhatikan tata cara membaca doa yang benar, doa yang kita panjatkan akan lebih mudah diterima dan dikabulkan oleh Allah SWT.

  • Niat
    Niat merupakan syarat pertama yang harus dipenuhi dalam membaca doa selesai sholat tarawih. Niatkan bahwa kita membaca doa untuk memohon kepada Allah SWT agar amal ibadah yang telah kita kerjakan diterima dan diampuni segala dosa kita.
  • Menghadap kiblat
    Saat membaca doa selesai sholat tarawih, kita dianjurkan untuk menghadap kiblat. Hal ini sebagai bentuk penghormatan dan pengagungan kepada Allah SWT.
  • Mengangkat tangan
    Mengangkat tangan saat membaca doa selesai sholat tarawih merupakan sunnah Rasulullah SAW. Mengangkat tangan sebagai tanda memohon dan merendahkan diri kepada Allah SWT.
  • Membaca doa dengan khusyuk
    Doa selesai sholat tarawih harus dibaca dengan khusyuk dan penuh penghayatan. Tidak boleh dibaca dengan terburu-buru atau asal-asalan. Khusyuk dalam membaca doa akan membuat doa kita lebih mudah dikabulkan oleh Allah SWT.

Dengan memperhatikan tata cara membaca doa yang benar, semoga doa yang kita panjatkan setelah sholat tarawih dapat diterima dan dikabulkan oleh Allah SWT. Aamiin.

Makna doa

Doa merupakan salah satu bentuk ibadah yang sangat penting dalam Islam. Doa adalah permohonan atau harapan yang kita sampaikan kepada Allah SWT. Doa dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja, namun ada waktu-waktu tertentu yang lebih utama untuk berdoa, seperti setelah sholat fardhu. Salah satu doa yang dianjurkan untuk dibaca setelah sholat fardhu adalah doa selesai sholat tarawih.

Doa selesai sholat tarawih memiliki makna yang sangat dalam. Doa ini berisi permohonan kepada Allah SWT agar amal ibadah yang telah kita kerjakan diterima, diampuni segala dosa kita, dan diberikan pahala yang berlipat ganda. Selain itu, doa selesai sholat tarawih juga berisi permohonan agar kita selalu diberikan petunjuk dan bimbingan-Nya dalam menjalani kehidupan.

Makna doa selesai sholat tarawih sangat penting untuk kita pahami agar kita dapat menghayati dan mengamalkan doa ini dengan baik. Dengan memahami makna doa ini, kita akan semakin yakin bahwa Allah SWT akan selalu mendengar dan mengabulkan doa-doa kita. Selain itu, kita juga akan semakin termotivasi untuk beribadah dengan ikhlas dan sungguh-sungguh.

Hikmah doa

Hikmah doa adalah kebijaksanaan atau pelajaran yang terkandung dalam sebuah doa. Setiap doa yang diajarkan oleh Rasulullah SAW pasti memiliki hikmah yang mendalam. Demikian juga dengan doa selesai sholat tarawih yang memiliki banyak hikmah, di antaranya:

  • Mengajarkan kita untuk bersyukur
    Doa selesai sholat tarawih berisi ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT atas segala nikmat yang telah diberikan kepada kita. Dengan membaca doa ini, kita diingatkan untuk selalu bersyukur atas segala hal, baik yang besar maupun yang kecil.
  • Mengajarkan kita untuk memohon ampunan
    Doa selesai sholat tarawih juga berisi permohonan ampunan kepada Allah SWT atas segala dosa yang telah kita lakukan. Dengan membaca doa ini, kita diingatkan untuk selalu memohon ampunan kepada Allah SWT dan berusaha untuk tidak mengulangi kesalahan yang sama.
  • Mengajarkan kita untuk meminta pertolongan
    Doa selesai sholat tarawih juga berisi permohonan pertolongan kepada Allah SWT dalam menjalani kehidupan. Dengan membaca doa ini, kita diingatkan untuk selalu meminta pertolongan kepada Allah SWT dalam menghadapi segala kesulitan dan tantangan.

Hikmah doa selesai sholat tarawih sangat penting untuk kita pahami agar kita dapat menghayati dan mengamalkan doa ini dengan baik. Dengan memahami hikmah doa ini, kita akan semakin yakin bahwa doa yang kita panjatkan akan dikabulkan oleh Allah SWT. Selain itu, kita juga akan semakin termotivasi untuk beribadah dengan ikhlas dan sungguh-sungguh.

Syarat doa terkabul

Agar doa yang kita panjatkan, termasuk doa selesai sholat tarawih, dapat dikabulkan oleh Allah SWT, ada beberapa syarat yang harus kita penuhi. Syarat-syarat tersebut antara lain:

  • Ikhlas
    Doa yang kita panjatkan harus ikhlas karena Allah SWT. Tidak boleh ada motivasi lain dalam berdoa selain untuk mencari ridha Allah SWT.
  • Yakin
    Kita harus yakin bahwa Allah SWT akan mengabulkan doa yang kita panjatkan. Meyakini bahwa Allah Maha Pengasih dan Penyayang.
  • Bersungguh-sungguh
    Berdoa harus dilakukan dengan sungguh-sungguh dan penuh harap. Tidak boleh asal-asalan atau hanya sekadar menggugurkan kewajiban.
  • Tidak berdoa untuk hal-hal yang diharamkan
    Tidak diperbolehkan berdoa untuk hal-hal yang diharamkan oleh Allah SWT, seperti meminta kekayaan yang berlimpah dengan cara yang tidak halal atau meminta kemenangan dalam perjudian.

Dengan memenuhi syarat-syarat di atas, Insya Allah doa kita, termasuk doa selesai sholat tarawih, akan lebih mudah dikabulkan oleh Allah SWT. Oleh karena itu, marilah kita senantiasa berdoa dengan ikhlas, yakin, dan sungguh-sungguh.

Contoh doa

Salah satu aspek penting dalam doa selesai sholat tarawih adalah contoh doa yang dapat diamalkan. Contoh doa ini memberikan panduan bagi umat Islam dalam memanjatkan doa setelah melaksanakan sholat tarawih.

  • Lafal doa

    Contoh doa selesai sholat tarawih memiliki lafal yang spesifik dan disusun berdasarkan urutan tertentu. Lafadz doa ini dapat ditemukan dalam berbagai sumber, seperti kitab-kitab hadits atau buku-buku kumpulan doa.

  • Makna doa

    Setiap bagian dari contoh doa selesai sholat tarawih memiliki makna dan kandungan doa yang mendalam. Memahami makna doa akan membantu umat Islam untuk menghayati dan meresapi doa yang dipanjatkan.

  • Tata cara membaca doa

    Dalam membaca contoh doa selesai sholat tarawih, terdapat tata cara tertentu yang dianjurkan. Tata cara ini meliputi niat, waktu membaca doa, dan adab dalam berdoa.

  • Keutamaan membaca doa

    Membaca contoh doa selesai sholat tarawih memiliki banyak keutamaan. Di antaranya, dapat meningkatkan keimanan, mendapatkan pahala yang besar, dan memperlancar terkabulnya doa.

Dengan memahami dan mengamalkan contoh doa selesai sholat tarawih, umat Islam dapat memanjatkan doa dengan baik dan benar. Hal ini akan meningkatkan kualitas ibadah sholat tarawih dan mempererat hubungan dengan Allah SWT.

Dalil doa

Dalil doa merupakan dasar atau landasan hukum yang dijadikan sebagai acuan dalam berdoa. Dalam konteks doa selesai sholat tarawih, dalil doa memiliki peran penting dalam menguatkan dan memperkuat amalan tersebut.

  • Dalil dari Al-Qur’an

    Terdapat beberapa ayat dalam Al-Qur’an yang menjadi dalil doa selesai sholat tarawih, di antaranya firman Allah SWT dalam surat Al-Baqarah ayat 186: “Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku…”

  • Dalil dari Hadis

    Selain dari Al-Qur’an, dalil doa selesai sholat tarawih juga terdapat dalam beberapa hadis Rasulullah SAW. Di antaranya, hadis yang diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi dari sahabat Abu Umamah Al-Bahili, yang artinya: “Tidaklah seorang hamba membaca doa setelah sholat, kecuali Allah akan mengabulkan permintaannya, atau mengampuni dosanya, atau menolak darinya kejahatan yang semisal.”

  • Dalil dari Ijma’ Ulama

    Para ulama sepakat (ijma’) bahwa disyariatkan membaca doa setelah sholat, termasuk doa selesai sholat tarawih. Hal ini menunjukkan bahwa amalan tersebut telah menjadi kebiasaan yang diamalkan oleh umat Islam sejak zaman Rasulullah SAW hingga sekarang.

  • Dalil dari Qiyas

    Dengan menggunakan metode qiyas (analogi), doa selesai sholat tarawih dapat diqiyaskan dengan doa setelah sholat fardhu lainnya. Hal ini didasarkan pada kesamaan illat (alasan hukum), yaitu sebagai sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dan memohon pertolongan-Nya.

Berdasarkan dalil-dalil tersebut, dapat disimpulkan bahwa doa selesai sholat tarawih memiliki dasar hukum yang kuat dan dianjurkan untuk diamalkan oleh umat Islam. Dengan memahami dan mengamalkan dalil doa, diharapkan kualitas ibadah sholat tarawih semakin meningkat dan doa-doa yang dipanjatkan dapat dikabulkan oleh Allah SWT.

Tanya Jawab Doa Selesai Sholat Tarawih

Berikut adalah beberapa pertanyaan dan jawaban seputar doa selesai sholat tarawih yang sering ditanyakan.

Pertanyaan 1: Kapan waktu yang tepat untuk membaca doa selesai sholat tarawih?

Doa selesai sholat tarawih dapat dibaca setelah selesai sholat tarawih, sebelum salam, setelah salam, atau sebelum beranjak dari tempat sholat.

Pertanyaan 2: Apakah ada lafaz doa yang khusus untuk dibaca setelah sholat tarawih?

Ada beberapa lafaz doa yang dianjurkan untuk dibaca setelah sholat tarawih, seperti doa yang terdapat dalam kitab-kitab hadits atau buku-buku kumpulan doa.

Pertanyaan 3: Apa keutamaan membaca doa selesai sholat tarawih?

Membaca doa selesai sholat tarawih memiliki banyak keutamaan, di antaranya mendapatkan pahala yang besar, doa lebih mudah dikabulkan, menambah keimanan dan ketakwaan, serta membuat hati lebih tenang dan tentram.

Pertanyaan 4: Bagaimana tata cara membaca doa selesai sholat tarawih yang benar?

Tata cara membaca doa selesai sholat tarawih yang benar adalah niat, menghadap kiblat, mengangkat tangan, dan membaca doa dengan khusyuk.

Pertanyaan 5: Apakah ada syarat khusus agar doa selesai sholat tarawih dikabulkan?

Agar doa selesai sholat tarawih dikabulkan, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi, seperti ikhlas, yakin, bersungguh-sungguh, dan tidak berdoa untuk hal-hal yang diharamkan.

Pertanyaan 6: Apa dalil yang mendasari disyariatkannya doa selesai sholat tarawih?

Dalil yang mendasari disyariatkannya doa selesai sholat tarawih terdapat dalam Al-Qur’an, hadis, ijma’ ulama, dan qiyas.

Demikianlah beberapa pertanyaan dan jawaban seputar doa selesai sholat tarawih. Semoga bermanfaat dan dapat menambah pemahaman kita tentang ibadah sholat tarawih.

Selanjutnya, kita akan membahas tentang hikmah dari doa selesai sholat tarawih.

Tips Doa Selesai Sholat Tarawih

Setelah memahami makna dan keutamaan doa selesai sholat tarawih, berikut ini beberapa tips agar doa yang kita panjatkan dapat lebih berkualitas dan dikabulkan oleh Allah SWT:

Tip 1: Khusyuk dan Penuh Perasaan
Saat membaca doa, usahakan untuk khusyuk dan penuh perasaan. Resapi setiap kata yang terucap dan hayati maknanya. Jangan terburu-buru dan bacalah doa dengan tenang.

Tip 2: Niat yang Tulus
Niatkan bahwa doa yang kita panjatkan semata-mata karena Allah SWT. Jauhkan dari motivasi atau keinginan duniawi. Berdoalah dengan ikhlas dan berharap hanya kepada Allah SWT.

Tip 3: Perhatikan Waktu Membaca
Bacalah doa selesai sholat tarawih pada waktu yang tepat, yaitu setelah selesai sholat tarawih, sebelum salam, setelah salam, atau sebelum beranjak dari tempat sholat.

Tip 4: Mengangkat Tangan
Mengangkat tangan saat berdoa merupakan sunnah Rasulullah SAW. Angkatlah kedua tangan dengan telapak tangan menghadap ke atas, sejajar dengan bahu.

Tip 5: Membaca Doa yang Dianjurkan
Bacalah doa selesai sholat tarawih yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Doa-doa tersebut terdapat dalam berbagai kitab hadits dan buku-buku kumpulan doa.

Tip 6: Berdoa Sesuai Kebutuhan
Selain membaca doa yang dianjurkan, kita juga dapat memanjatkan doa sesuai dengan kebutuhan dan keinginan kita. Namun, tetaplah berdoa dengan baik dan tidak meminta hal-hal yang diharamkan.

Tip 7: Meyakini Doa Akan Dikabulkan
Berdoalah dengan keyakinan bahwa Allah SWT akan mengabulkan doa kita. Jangan ragu atau bimbang, karena Allah SWT Maha Pengasih dan Penyayang.

Tip 8: Bersabar dan Istiqomah
Doa tidak selalu dikabulkan dengan cepat. Bersabarlah dan tetaplah istiqomah dalam berdoa. Yakinlah bahwa Allah SWT akan mengabulkan doa kita pada waktu dan cara yang terbaik bagi kita.

Demikianlah beberapa tips yang dapat kita amalkan agar doa selesai sholat tarawih yang kita panjatkan dapat lebih berkualitas dan dikabulkan oleh Allah SWT.

Dengan mengamalkan tips-tips tersebut, kita dapat meningkatkan kualitas ibadah sholat tarawih kita dan semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Selanjutnya, kita akan membahas tentang faktor-faktor yang dapat menghalangi doa untuk dikabulkan. Hal ini penting untuk kita ketahui agar kita dapat menghindari faktor-faktor tersebut dan meningkatkan kualitas doa kita.

Kesimpulan

Doa selesai sholat tarawih merupakan bagian penting dalam ibadah sholat tarawih yang memiliki banyak keutamaan dan hikmah. Doa ini menjadi sarana untuk memohon ampunan, bersyukur atas nikmat Allah SWT, dan meminta pertolongan dalam menjalani kehidupan.

Beberapa poin utama yang dibahas dalam artikel ini meliputi:

  1. Lafaz doa yang tepat dan waktu yang dianjurkan untuk membaca doa.
  2. Keutamaan membaca doa selesai sholat tarawih, seperti pahala yang besar dan doa yang lebih mudah dikabulkan.
  3. Tata cara membaca doa yang benar, termasuk niat, menghadap kiblat, dan mengangkat tangan.

Dengan memahami dan mengamalkan hal-hal tersebut, diharapkan kualitas doa selesai sholat tarawih kita semakin meningkat dan doa-doa kita dapat dikabulkan oleh Allah SWT.

Marilah kita jadikan ibadah sholat tarawih sebagai momentum untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah SWT. Dengan membaca doa selesai sholat tarawih dengan khusyuk dan penuh penghayatan, kita akan semakin dekat dengan Allah SWT dan memperoleh keberkahan dalam kehidupan kita.



Artikel Terkait

Bagikan:

Nur Jannah

Halo, Perkenalkan nama saya Nur. Saya adalah salah satu penulis profesional yang suka berbagi ilmu. Dengan Artikel, saya bisa berbagi dengan teman - teman. Semoga semua artikel yang telah saya buat bisa bermanfaat. Pastikan Follow iainpurwokerto.ac.id ya.. Terimakasih..

Artikel Terbaru