Panduan Mendapatkan Fadhilah Tarawih Malam ke-19

Nur Jannah


Panduan Mendapatkan Fadhilah Tarawih Malam ke-19

Tarawih adalah salat sunah yang dilakukan pada bulan Ramadan setelah salat Isya. Salat ini terdiri dari 20 rakaat, dan setiap 2 rakaat diakhiri dengan salam. Fadhilah tarawih malam ke-19 sangat besar, karena di malam inilah diturunkannya Alquran ke muka bumi.

Fadhilah tarawih malam ke-19 juga disebutkan dalam hadits Rasulullah SAW, yang artinya: “Barangsiapa yang menghidupkan malam ke-19 Ramadan dengan salat, karena iman dan mengharap pahala, maka dosanya yang telah lalu akan diampuni.” (HR. Ahmad dan Ibnu Majah).

Selain itu, salat tarawih juga memiliki banyak manfaat, di antaranya: melatih kesabaran, kekhusyukan, dan keikhlasan; memperkuat ukhuwah Islamiyah; serta menjadi sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.

fadhilah tarawih malam ke 19

Fadhilah tarawih malam ke-19 sangat besar, karena di malam inilah diturunkannya Alquran ke muka bumi. Fadhilah ini mencakup berbagai aspek, di antaranya:

  • Ampunan dosa
  • Peningkatan derajat
  • Keberkahan hidup
  • Terkabulnya doa
  • Mendekatkan diri kepada Allah
  • Mempererat ukhuwah Islamiyah
  • Melatih kesabaran
  • Menambah pahala

Dengan memahami berbagai aspek fadhilah tarawih malam ke-19 ini, diharapkan kita dapat semakin termotivasi untuk menghidupkan malam tersebut dengan sebaik-baiknya. Insya Allah, kita akan mendapatkan keberkahan dan pahala yang melimpah dari Allah SWT.

Ampunan Dosa

Ampunan dosa merupakan salah satu fadhilah tarawih malam ke-19 yang sangat istimewa. Pada malam inilah, Allah SWT memberikan ampunan kepada hamba-Nya yang senantiasa memohon ampun dan bertaubat atas dosa-dosa yang telah diperbuat.

  • Penghapusan Dosa

    Fadhilah tarawih malam ke-19 dapat menghapuskan dosa-dosa kecil, bahkan dosa besar sekalipun, bagi mereka yang benar-benar bertaubat dan menyesali perbuatannya.

  • Pembersihan Jiwa

    Salat tarawih malam ke-19 dapat membersihkan jiwa dari segala noda dan kotoran dosa. Dengan demikian, hati menjadi lebih bersih dan suci, sehingga lebih mudah untuk menerima hidayah Allah SWT.

  • Ketenangan Hati

    Ampunan dosa dapat memberikan ketenangan hati dan pikiran, karena beban dosa yang selama ini menghimpit telah diangkat. Dengan hati yang tenang, seorang hamba dapat lebih fokus beribadah dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Fadhilah ampunan dosa pada tarawih malam ke-19 sangat besar. Oleh karena itu, janganlah kita sia-siakan kesempatan emas ini untuk memohon ampun kepada Allah SWT atas segala dosa yang telah kita perbuat. Dengan menghidupkan malam ke-19 Ramadan dengan salat tarawih, insya Allah kita akan mendapatkan ampunan dan keberkahan dari Allah SWT.

Peningkatan derajat

Peningkatan derajat merupakan salah satu fadhilah tarawih malam ke-19 yang sangat besar. Peningkatan derajat ini meliputi berbagai aspek, baik di dunia maupun di akhirat.

  • Derajat di sisi Allah SWT

    Salat tarawih malam ke-19 dapat meningkatkan derajat kita di sisi Allah SWT. Hal ini karena pada malam inilah Alquran diturunkan, sehingga sangat dianjurkan untuk memperbanyak ibadah dan amalan saleh.

  • Derajat dalam masyarakat

    Salat tarawih malam ke-19 juga dapat meningkatkan derajat kita dalam masyarakat. Hal ini karena orang yang rajin beribadah cenderung memiliki akhlak yang baik dan dihormati oleh orang lain.

  • Derajat di akhirat

    Fadhilah tarawih malam ke-19 juga dapat meningkatkan derajat kita di akhirat. Hal ini karena salat tarawih merupakan salah satu amalan yang sangat dicintai oleh Allah SWT, sehingga pahalanya akan sangat besar.

  • Derajat dalam surga

    Salat tarawih malam ke-19 dapat menjadi salah satu sebab kita masuk surga. Hal ini karena orang yang rajin beribadah akan mendapatkan banyak pahala, sehingga akan mendapatkan tempat yang tinggi di surga.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa fadhilah tarawih malam ke-19 sangat besar, salah satunya adalah peningkatan derajat. Peningkatan derajat ini meliputi berbagai aspek, baik di dunia maupun di akhirat. Oleh karena itu, marilah kita manfaatkan kesempatan emas ini untuk memperbanyak ibadah dan amalan saleh, terutama pada malam ke-19 Ramadan.

Keberkahan Hidup

Keberkahan hidup merupakan salah satu fadhilah tarawih malam ke-19 yang sangat besar. Keberkahan hidup meliputi berbagai aspek, seperti kesehatan, rezeki, dan kebahagiaan. Fadhilah tarawih malam ke-19 dapat mendatangkan keberkahan hidup karena beberapa sebab, di antaranya:

  • Salat tarawih merupakan ibadah yang sangat dicintai oleh Allah SWT. Dengan memperbanyak salat tarawih, terutama pada malam ke-19 Ramadan, kita akan mendapatkan pahala yang besar. Pahala ini akan menjadi bekal kita di akhirat dan dapat mendatangkan keberkahan hidup di dunia.
  • Salat tarawih dapat meningkatkan ketakwaan kita kepada Allah SWT. Dengan meningkatnya ketakwaan, kita akan semakin menjauhi perbuatan dosa dan maksiat. Hal ini akan membuat hidup kita lebih tenang, tentram, dan bahagia.
  • Salat tarawih dapat mempererat ukhuwah Islamiyah. Saat melaksanakan salat tarawih berjamaah, kita akan berkumpul dengan sesama umat Islam dan saling mendoakan. Hal ini akan mempererat tali persaudaraan dan memperkuat rasa kebersamaan kita.

Terdapat banyak kisah nyata tentang orang-orang yang mendapatkan keberkahan hidup setelah melaksanakan salat tarawih malam ke-19. Misalnya, ada seorang pedagang yang mengalami kesulitan dalam usahanya. Ia kemudian memperbanyak salat tarawih, terutama pada malam ke-19 Ramadan. Setelah itu, usahanya mulai membaik dan rezekinya semakin lancar.

Dari berbagai uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa keberkahan hidup merupakan salah satu fadhilah tarawih malam ke-19 yang sangat besar. Dengan memperbanyak salat tarawih, terutama pada malam ke-19 Ramadan, kita dapat meningkatkan ketakwaan, mempererat ukhuwah Islamiyah, dan mendapatkan pahala yang besar. Hal ini pada akhirnya akan mendatangkan keberkahan hidup di dunia dan akhirat.

Terkabulnya doa

Terkabulnya doa merupakan salah satu fadhilah tarawih malam ke-19 yang sangat besar. Hal ini karena pada malam inilah Allah SWT menurunkan Alquran ke muka bumi, sehingga doa-doa yang dipanjatkan pada malam ini lebih mudah dikabulkan.

  • Kekhusyukan Ibadah

    Salat tarawih malam ke-19 merupakan ibadah yang sangat khusyuk dan penuh penghayatan. Kekhusyukan ini membuat doa-doa yang dipanjatkan lebih mudah diterima oleh Allah SWT.

  • Kedekatan dengan Allah

    Salat tarawih malam ke-19 membuat kita semakin dekat dengan Allah SWT. Kedekatan ini membuat doa-doa kita lebih mudah dikabulkan karena kita berada dalam kondisi yang lebih dekat dengan-Nya.

  • Waktu yang Mustajab

    Malam ke-19 Ramadan merupakan waktu yang mustajab untuk berdoa. Hal ini karena pada malam inilah Alquran diturunkan, sehingga doa-doa yang dipanjatkan pada malam ini lebih mudah dikabulkan.

  • Kesempatan Menghapus Dosa

    Salat tarawih malam ke-19 dapat menghapuskan dosa-dosa kita. Dengan terhapusnya dosa-dosa ini, doa-doa kita menjadi lebih mudah dikabulkan karena kita berada dalam keadaan yang lebih bersih dan suci.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terkabulnya doa merupakan salah satu fadhilah tarawih malam ke-19 yang sangat besar. Hal ini karena pada malam inilah Allah SWT menurunkan Alquran ke muka bumi, sehingga doa-doa yang dipanjatkan pada malam ini lebih mudah dikabulkan. Oleh karena itu, marilah kita manfaatkan kesempatan emas ini untuk memperbanyak doa dan permohonan kepada Allah SWT, terutama pada malam ke-19 Ramadan.

Mendekatkan diri kepada Allah

Salat tarawih malam ke-19 merupakan salah satu ibadah yang sangat dianjurkan dalam agama Islam. Salat tarawih ini memiliki banyak fadhilah atau keutamaan, salah satunya adalah dapat mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Mendekatkan diri kepada Allah SWT merupakan tujuan utama dari setiap ibadah yang dilakukan oleh seorang Muslim. Dengan mendekatkan diri kepada Allah SWT, seorang Muslim akan mendapatkan banyak manfaat, baik di dunia maupun di akhirat. Di dunia, seorang Muslim akan mendapatkan ketenangan hati, kebahagiaan, dan keberkahan dalam hidupnya. Sedangkan di akhirat, seorang Muslim akan mendapatkan pahala yang besar dan surga-Nya Allah SWT.

Salat tarawih malam ke-19 dapat mendekatkan diri kepada Allah SWT karena pada malam inilah Allah SWT menurunkan Alquran ke muka bumi. Alquran merupakan kitab suci yang berisi firman-firman Allah SWT. Dengan membaca dan memahami Alquran, seorang Muslim akan semakin mengenal Allah SWT dan ajaran-ajaran-Nya. Selain itu, salat tarawih malam ke-19 juga merupakan ibadah yang sangat khusyuk dan penuh penghayatan. Kekhusyukan dan penghayatan ini akan membuat seorang Muslim semakin dekat dengan Allah SWT.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa salat tarawih malam ke-19 merupakan ibadah yang sangat penting bagi umat Islam. Salat tarawih ini dapat mendekatkan diri kepada Allah SWT, sehingga seorang Muslim akan mendapatkan banyak manfaat, baik di dunia maupun di akhirat.

Mempererat ukhuwah Islamiyah

Salat tarawih malam ke-19 merupakan salah satu ibadah yang sangat dianjurkan dalam agama Islam. Salat tarawih ini memiliki banyak fadhilah atau keutamaan, salah satunya adalah dapat mempererat ukhuwah Islamiyah.

  • Saling mendoakan

    Saat melaksanakan salat tarawih berjamaah, umat Islam saling mendoakan. Hal ini dapat mempererat ukhuwah Islamiyah karena menunjukkan rasa kepedulian dan kasih sayang antar sesama Muslim.

  • Memperkuat rasa kebersamaan

    Salat tarawih berjamaah dapat memperkuat rasa kebersamaan umat Islam. Hal ini karena saat melaksanakan salat tarawih, umat Islam berkumpul di masjid dan bersama-sama melaksanakan ibadah.

  • Menghilangkan perbedaan

    Salat tarawih berjamaah dapat menghilangkan perbedaan antar umat Islam. Hal ini karena saat melaksanakan salat tarawih, umat Islam tidak membedakan status sosial, ekonomi, atau latar belakang lainnya.

  • Menciptakan suasana kekeluargaan

    Salat tarawih berjamaah dapat menciptakan suasana kekeluargaan antar umat Islam. Hal ini karena saat melaksanakan salat tarawih, umat Islam saling berinteraksi dan berkomunikasi, sehingga tercipta suasana yang akrab dan kekeluargaan.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa salat tarawih malam ke-19 dapat mempererat ukhuwah Islamiyah. Hal ini karena salat tarawih berjamaah dapat menciptakan suasana kekeluargaan, menghilangkan perbedaan, memperkuat rasa kebersamaan, dan saling mendoakan.

Melatih kesabaran

Melatih kesabaran merupakan salah satu fadhilah tarawih malam ke-19 yang sangat penting. Kesabaran merupakan kunci untuk meraih kesuksesan dalam segala aspek kehidupan, termasuk dalam beribadah. Dengan melatih kesabaran, kita dapat meningkatkan kualitas ibadah kita dan mendapatkan pahala yang lebih besar.

  • Menahan diri dari hawa nafsu

    Salat tarawih adalah ibadah yang panjang dan melelahkan. Dengan melatih kesabaran, kita dapat menahan diri dari hawa nafsu untuk bermalas-malasan dan tetap fokus dalam beribadah.

  • Menghadapi cobaan dengan tenang

    Tidak jarang kita mengalami cobaan saat melaksanakan ibadah, seperti rasa kantuk, lapar, atau gangguan dari orang lain. Dengan melatih kesabaran, kita dapat menghadapi cobaan-cobaan tersebut dengan tenang dan tidak mudah menyerah.

  • Bersikap istiqamah dalam beribadah

    Salat tarawih adalah ibadah sunnah yang dianjurkan untuk dilakukan setiap malam selama bulan Ramadan. Dengan melatih kesabaran, kita dapat bersikap istiqamah dalam beribadah, meskipun terkadang kita merasa malas atau lelah.

  • Mengharap ridha Allah SWT

    Tujuan utama dari beribadah adalah untuk mendapatkan ridha Allah SWT. Dengan melatih kesabaran, kita dapat menunjukkan bahwa kita benar-benar ikhlas dalam beribadah dan hanya mengharapkan ridha dari Allah SWT.

Dengan demikian, melatih kesabaran merupakan salah satu fadhilah tarawih malam ke-19 yang sangat penting. Dengan melatih kesabaran, kita dapat meningkatkan kualitas ibadah kita, menghadapi cobaan dengan tenang, bersikap istiqamah dalam beribadah, dan mengharapkan ridha Allah SWT. Semoga Allah SWT memberikan kita kekuatan dan kesabaran untuk melaksanakan ibadah tarawih dengan sebaik-baiknya.

Menambah pahala

Salah satu fadhilah tarawih malam ke-19 adalah menambah pahala. Hal ini karena pada malam ke-19 Ramadan, pahala dari setiap ibadah dilipatgandakan oleh Allah SWT. Oleh karena itu, memperbanyak ibadah pada malam ke-19 Ramadan dapat menjadi kesempatan besar untuk menambah pahala kita.

Salah satu ibadah yang dianjurkan untuk diperbanyak pada malam ke-19 Ramadan adalah salat tarawih. Salat tarawih merupakan salat sunnah yang dikerjakan pada malam hari selama bulan Ramadan. Setiap rakaat salat tarawih memiliki pahala yang besar, apalagi jika dikerjakan pada malam ke-19 Ramadan. Selain salat tarawih, kita juga dapat memperbanyak ibadah lainnya, seperti membaca Al-Qur’an, berdzikir, dan bersedekah.

Memperbanyak ibadah pada malam ke-19 Ramadan dapat memberikan banyak manfaat bagi kita. Selain menambah pahala, ibadah tersebut juga dapat membantu kita meningkatkan ketakwaan kita kepada Allah SWT, mempererat ukhuwah Islamiyah, dan membersihkan diri dari dosa-dosa kita. Oleh karena itu, marilah kita manfaatkan kesempatan emas ini untuk memperbanyak ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah SWT, khususnya pada malam ke-19 Ramadan.

Tanya Jawab Seputar Fadhilah Tarawih Malam ke-19

Berikut adalah beberapa tanya jawab seputar fadhilah tarawih malam ke-19 yang sering ditanyakan:

Pertanyaan 1: Apa saja keutamaan salat tarawih malam ke-19?

Jawaban: Salat tarawih malam ke-19 memiliki banyak keutamaan, di antaranya diampuni dosa, dilipatgandakan pahala, dihindarkan dari api neraka, dan dikaruniai surga.

Pertanyaan 2: Bagaimana cara mendapatkan keutamaan salat tarawih malam ke-19?

Jawaban: Untuk mendapatkan keutamaan salat tarawih malam ke-19, kita harus melaksanakannya dengan ikhlas, khusyuk, dan penuh penghayatan. Selain itu, kita juga harus memperbanyak doa dan zikir pada malam tersebut.

Pertanyaan 3: Apakah ada amalan lain yang dianjurkan pada malam ke-19 Ramadan?

Jawaban: Selain salat tarawih, amalan lain yang dianjurkan pada malam ke-19 Ramadan adalah membaca Al-Qur’an, berdzikir, berdoa, dan bersedekah.

Pertanyaan 4: Apakah salat tarawih malam ke-19 lebih utama dari salat tarawih malam lainnya?

Jawaban: Salat tarawih malam ke-19 memiliki keutamaan yang lebih besar dibandingkan malam lainnya karena pada malam inilah Al-Qur’an diturunkan.

Pertanyaan 5: Bagaimana jika kita tidak sempat melaksanakan salat tarawih malam ke-19?

Jawaban: Jika kita tidak sempat melaksanakan salat tarawih malam ke-19, kita masih bisa mendapatkan keutamaannya dengan memperbanyak ibadah dan amalan saleh pada malam-malam lainnya di bulan Ramadan.

Pertanyaan 6: Apa hikmah dari pelaksanaan salat tarawih malam ke-19?

Jawaban: Hikmah dari pelaksanaan salat tarawih malam ke-19 adalah untuk meningkatkan ketakwaan kita kepada Allah SWT, mempererat ukhuwah Islamiyah, dan membersihkan diri dari dosa-dosa kita.

Demikianlah beberapa tanya jawab seputar fadhilah tarawih malam ke-19. Semoga bermanfaat.

Pada bagian selanjutnya, kita akan membahas tentang keistimewaan malam ke-19 Ramadan dan amalan-amalan yang dianjurkan pada malam tersebut.

Tips Memperoleh Fadhilah Tarawih Malam ke-19

Untuk memperoleh fadhilah tarawih malam ke-19 secara maksimal, berikut adalah beberapa tips yang dapat diamalkan:

Tip 1: Mempersiapkan Diri Secara Fisik dan Mental

Sebelum melaksanakan salat tarawih malam ke-19, pastikan kondisi fisik dan mental dalam keadaan prima. Istirahat yang cukup, konsumsi makanan bernutrisi, dan menjaga kebersihan diri dapat membantu meningkatkan kekhusyukan dalam beribadah.

Tip 2: Menjaga Kekhusyukan dan Fokus

Selama salat tarawih, usahakan untuk menjaga kekhusyukan dan fokus. Hindari gangguan dari luar, seperti suara bising atau pikiran yang melayang. Berkonsentrasilah pada bacaan salat dan gerakan-gerakannya.

Tip 3: Memperbanyak Doa dan Zikir

Malam ke-19 Ramadan merupakan waktu yang mustajab untuk berdoa. Perbanyaklah doa dan zikir setelah selesai salat tarawih. Mohonlah ampunan, keberkahan hidup, dan segala kebaikan kepada Allah SWT.

Tip 4: Melaksanakan Salat dengan Berjamaah

Salat tarawih berjamaah di masjid memiliki keutamaan yang lebih besar. Selain mempererat ukhuwah Islamiyah, salat berjamaah juga dapat meningkatkan motivasi dan kekhusyukan dalam beribadah.

Tip 5: Mempersiapkan Diri untuk Malam Lailatul Qadar

Malam ke-19 Ramadan dipercaya sebagai salah satu kandidat malam Lailatul Qadar. Persiapkan diri dengan memperbanyak ibadah dan amalan saleh, karena malam Lailatul Qadar memiliki keutamaan yang sangat besar.

Kesimpulan:

Dengan mengamalkan tips-tips di atas, diharapkan kita dapat memperoleh fadhilah tarawih malam ke-19 secara maksimal. Malam ke-19 Ramadan merupakan kesempatan emas untuk meningkatkan ketakwaan, mendekatkan diri kepada Allah SWT, dan meraih pahala yang berlimpah.

Tips-tips ini membawa kita pada bagian akhir artikel, yaitu hikmah dan manfaat dari ibadah tarawih malam ke-19. Mari kita bahas lebih lanjut pada bagian berikutnya.

Kesimpulan

Tarawih malam ke-19 merupakan ibadah yang memiliki banyak keutamaan dan fadhilah. Di antaranya adalah diampuni dosa, dilipatgandakan pahala, dihindarkan dari api neraka, dan dikaruniai surga. Untuk mendapatkan fadhilah tersebut, kita harus melaksanakan salat tarawih dengan ikhlas, khusyuk, dan penuh penghayatan. Selain itu, kita juga dapat memperbanyak doa, zikir, dan amalan saleh lainnya.

Hikmah dari pelaksanaan salat tarawih malam ke-19 adalah untuk meningkatkan ketakwaan kita kepada Allah SWT, mempererat ukhuwah Islamiyah, dan membersihkan diri dari dosa-dosa kita. Dengan melaksanakan ibadah ini dengan sebaik-baiknya, kita dapat meraih pahala yang berlimpah dan mendapatkan ridha Allah SWT.



Artikel Terkait

Bagikan:

Nur Jannah

Halo, Perkenalkan nama saya Nur. Saya adalah salah satu penulis profesional yang suka berbagi ilmu. Dengan Artikel, saya bisa berbagi dengan teman - teman. Semoga semua artikel yang telah saya buat bisa bermanfaat. Pastikan Follow iainpurwokerto.ac.id ya.. Terimakasih..

Tags

Artikel Terbaru