Keutamaan Sholat Tarawih yang Luar Biasa, Jangan Sampai Dilewatkan!

Nur Jannah


Keutamaan Sholat Tarawih yang Luar Biasa, Jangan Sampai Dilewatkan!

Shalat tarawih merupakan salah satu ibadah sunnah yang sangat dianjurkan selama bulan Ramadan. Ibadah ini memiliki banyak keutamaan (fadilah) dan pahala yang besar. Salah satu contoh keutamaan shalat tarawih adalah dapat menghapus dosa-dosa kecil.

Selain itu, shalat tarawih juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan fisik dan mental. Beberapa manfaat tersebut antara lain meningkatkan kesehatan jantung, mengurangi stres, dan meningkatkan kualitas tidur. Dalam sejarahnya, shalat tarawih pertama kali dikerjakan oleh Nabi Muhammad SAW pada malam pertama bulan Ramadan.

Pada artikel ini, kita akan membahas lebih dalam tentang keutamaan shalat tarawih, manfaatnya, dan sejarah perkembangannya. Kita juga akan membahas beberapa tips agar dapat melaksanakan shalat tarawih dengan baik dan khusyuk.

Keutamaan Shalat Tarawih

Shalat tarawih memiliki banyak keutamaan (fadilah) dan pahala yang besar, di antaranya:

  • Menghapus dosa-dosa kecil
  • Meningkatkan derajat di sisi Allah
  • Mendapatkan pahala seperti berhaji dan umrah
  • Menjadi dekat dengan Allah SWT
  • Mendapat syafaat di hari kiamat

Selain itu, shalat tarawih juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan fisik dan mental. Beberapa manfaat tersebut antara lain meningkatkan kesehatan jantung, mengurangi stres, dan meningkatkan kualitas tidur. Dengan melaksanakan shalat tarawih dengan baik dan khusyuk, kita dapat memperoleh berbagai keutamaan dan pahala yang besar, baik di dunia maupun di akhirat.

Menghapus dosa-dosa kecil

Salah satu keutamaan shalat tarawih yang paling utama adalah dapat menghapus dosa-dosa kecil. Menghapus dosa-dosa kecil memiliki beberapa aspek atau komponen, di antaranya:

  • Penghapusan dosa yang tidak disengaja

    Shalat tarawih dapat menghapus dosa-dosa kecil yang dilakukan secara tidak sengaja, seperti dosa karena khilaf atau lupa.

  • Penghapusan dosa yang dilakukan tanpa sepengetahuan

    Shalat tarawih juga dapat menghapus dosa-dosa kecil yang dilakukan tanpa sepengetahuan kita, seperti dosa karena perbuatan orang lain atau dosa karena mengikuti hawa nafsu.

  • Penghapusan dosa yang belum terampuni

    Shalat tarawih dapat menghapus dosa-dosa kecil yang belum terampuni melalui ibadah dan amalan lainnya, seperti istighfar, taubat, dan sedekah.

  • Penghapusan dosa yang berpotensi dilakukan

    Shalat tarawih dapat menghapus dosa-dosa kecil yang berpotensi dilakukan di masa mendatang, sehingga dapat menjadi motivasi untuk selalu berbuat baik dan menghindari dosa.

Dengan demikian, shalat tarawih memiliki peran penting dalam menghapus dosa-dosa kecil, sehingga dapat membantu kita untuk menjadi lebih bersih dan dekat dengan Allah SWT. Selain itu, shalat tarawih juga dapat menjadi pengingat untuk selalu berhati-hati dalam bertindak dan menjaga diri dari perbuatan dosa.

Meningkatkan derajat di sisi Allah

Salah satu keutamaan shalat tarawih yang sangat penting adalah dapat meningkatkan derajat di sisi Allah SWT. Peningkatan derajat ini memiliki beberapa aspek atau komponen, di antaranya:

  • Derajat di dunia

    Shalat tarawih dapat meningkatkan derajat seseorang di dunia, baik dari segi kedudukan, pangkat, maupun rezeki. Hal ini karena shalat tarawih merupakan ibadah yang sangat dicintai oleh Allah SWT, sehingga Allah akan memberikan kemudahan dan keberkahan dalam urusan dunia bagi orang yang melaksanakannya.

  • Derajat di akhirat

    Shalat tarawih juga dapat meningkatkan derajat seseorang di akhirat, yaitu di surga. Hal ini karena shalat tarawih merupakan ibadah yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW, sehingga orang yang melaksanakannya akan mendapatkan pahala yang besar dan tempat yang tinggi di surga.

Dengan demikian, peningkatan derajat di sisi Allah merupakan salah satu keutamaan shalat tarawih yang sangat penting. Hal ini menunjukkan bahwa shalat tarawih bukan hanya sekedar ibadah sunnah biasa, tetapi juga merupakan ibadah yang sangat dicintai oleh Allah SWT dan memiliki banyak manfaat, baik di dunia maupun di akhirat.

Selain itu, peningkatan derajat di sisi Allah juga menjadi motivasi dan pengingat bagi kita untuk selalu beribadah dengan ikhlas dan sungguh-sungguh. Karena dengan meningkatkan derajat di sisi Allah, kita akan mendapatkan banyak kemudahan dan keberkahan dalam hidup, serta mendapatkan tempat yang tinggi di surga.

Mendapatkan pahala seperti berhaji dan umrah

Salah satu keutamaan shalat tarawih yang sangat luar biasa adalah mendapatkan pahala seperti berhaji dan umrah. Pahala ini diberikan kepada orang yang melaksanakan shalat tarawih dengan khusyuk dan sempurna, sebagaimana sabda Rasulullah SAW:

“Barangsiapa yang melaksanakan shalat tarawih pada bulan Ramadan dengan penuh keimanan dan mengharapkan pahala, maka diampuni baginya dosa-dosanya yang telah lalu.”(HR. Bukhari dan Muslim)

Dari hadits tersebut, kita dapat memahami bahwa shalat tarawih memiliki keutamaan yang sangat besar, yaitu dapat menghapus dosa-dosa kita dan memberikan pahala yang setara dengan pahala ibadah haji dan umrah. Hal ini tentu menjadi motivasi yang sangat besar bagi kita untuk melaksanakan shalat tarawih dengan sebaik-baiknya.

Pahala yang setara dengan berhaji dan umrah ini diberikan karena shalat tarawih memiliki beberapa kesamaan dengan ibadah haji dan umrah, di antaranya:

  • Dilaksanakan pada bulan yang mulia, yaitu bulan Ramadan untuk shalat tarawih dan bulan Zulhijjah untuk haji dan umrah.
  • Memiliki banyak amalan ibadah, seperti shalat, doa, dan dzikir.
  • Memiliki tujuan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Dengan memahami keutamaan dan kesamaan antara shalat tarawih dengan ibadah haji dan umrah, diharapkan kita semakin bersemangat untuk melaksanakan shalat tarawih dengan sebaik-baiknya. Semoga kita semua mendapatkan pahala yang besar dan ampunan dosa dari Allah SWT melalui ibadah shalat tarawih.

Menjadi dekat dengan Allah SWT

Menjadi dekat dengan Allah SWT merupakan tujuan utama dari segala bentuk ibadah, termasuk shalat tarawih. Shalat tarawih yang dikerjakan dengan khusyuk dan ikhlas dapat menjadi salah satu jalan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Hal ini karena dalam shalat tarawih, seorang hamba berkomunikasi langsung dengan Tuhannya melalui doa dan dzikir.

Ketika seorang hamba melaksanakan shalat tarawih dengan penuh kekhusyukan, hatinya akan lebih mudah terhubung dengan Allah SWT. Ia akan merasakan ketenangan, kedamaian, dan kebahagiaan yang mendalam. Kedekatan dengan Allah SWT ini akan tercermin dalam sikap dan perilaku sehari-hari, seperti menjadi lebih sabar, ikhlas, dan rendah hati.

Selain itu, shalat tarawih juga dapat menjadi sarana untuk memohon ampunan dan pengampunan dari Allah SWT. Dengan memperbanyak istighfar dan doa dalam shalat tarawih, seorang hamba dapat membersihkan hatinya dari dosa dan kesalahan. Hal ini akan semakin mendekatkannya kepada Allah SWT dan memberikan ketenangan batin.

Dengan demikian, menjadi dekat dengan Allah SWT merupakan salah satu fadilah atau keutamaan yang sangat penting dari shalat tarawih. Shalat tarawih yang dikerjakan dengan khusyuk dan ikhlas dapat menjadi jembatan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT, mendapatkan ketenangan batin, dan pengampunan dosa.

Mendapat syafaat di hari kiamat

Salah satu fadilah shalat tarawih yang paling utama adalah mendapat syafaat di hari kiamat. Syafaat adalah pertolongan yang diberikan oleh seseorang kepada orang lain yang sedang tertimpa masalah atau kesulitan. Dalam konteks hari kiamat, syafaat adalah pertolongan yang diberikan oleh orang-orang yang beriman dan beramal saleh kepada orang-orang yang mereka kasihi atau yang pernah mendoakan mereka.

Shalat tarawih merupakan salah satu ibadah sunnah yang sangat dianjurkan selama bulan Ramadan. Shalat ini memiliki banyak keutamaan, salah satunya adalah dapat menghapus dosa-dosa kecil dan meningkatkan derajat di sisi Allah SWT. Selain itu, shalat tarawih juga dapat menjadi sarana untuk memohon syafaat di hari kiamat.

Hal ini sebagaimana sabda Rasulullah SAW dalam sebuah hadits qudsi:
“Sesungguhnya Allah berfirman: ‘Wahai anak Adam, sesungguhnya jika kamu beribadah kepada-Ku dan tidak menyekutukan-Ku dengan sesuatu pun, pasti Aku ampuni dosamu yang telah lalu dan Aku tidak peduli. Wahai anak Adam, sesungguhnya jika kamu datang kepada-Ku dengan membawa dosa sepenuh bumi, kemudian kamu menemui-Ku tanpa menyekutukan-Ku dengan sesuatu pun, pasti Aku datang kepadamu dengan membawa ampunan sepenuh bumi pula.'” (HR. Tirmidzi)

Dari hadits tersebut, kita dapat memahami bahwa Allah SWT akan mengampuni dosa-dosa orang yang beriman dan beramal saleh, termasuk mereka yang melaksanakan shalat tarawih. Dengan demikian, shalat tarawih merupakan salah satu jalan untuk mendapatkan syafaat di hari kiamat dan terhindar dari siksa neraka.

Pertanyaan dan Jawaban Seputar Fadilah Sholat Tarawih

Berikut adalah beberapa pertanyaan dan jawaban seputar fadilah sholat tarawih yang sering ditanyakan:

Pertanyaan 1: Apa saja keutamaan sholat tarawih?

Jawaban: Sholat tarawih memiliki banyak keutamaan, di antaranya dapat menghapus dosa-dosa kecil, meningkatkan derajat di sisi Allah, mendapatkan pahala seperti berhaji dan umrah, menjadi dekat dengan Allah SWT, dan mendapat syafaat di hari kiamat.

Pertanyaan 2: Apakah sholat tarawih wajib dilaksanakan?

Jawaban: Sholat tarawih termasuk ibadah sunnah, sehingga tidak wajib dilaksanakan. Namun, sangat dianjurkan untuk mengerjakannya karena memiliki banyak keutamaan.

Pertanyaan 3: Berapa rakaat sholat tarawih yang dianjurkan?

Jawaban: Sholat tarawih biasanya dikerjakan dengan 8 rakaat, ditambah 3 rakaat sholat witir. Namun, jumlah rakaat bisa disesuaikan dengan kemampuan masing-masing.

Pertanyaan 4: Apa yang dimaksud dengan sholat witir?

Jawaban: Sholat witir adalah sholat sunnah yang dikerjakan setelah sholat tarawih, dengan jumlah rakaat ganjil (1, 3, atau 11 rakaat).

Pertanyaan 5: Apakah boleh mengerjakan sholat tarawih di rumah?

Jawaban: Boleh, sholat tarawih boleh dikerjakan di rumah maupun di masjid. Namun, lebih utama dikerjakan di masjid karena akan mendapatkan pahala berjamaah.

Pertanyaan 6: Bagaimana cara melaksanakan sholat tarawih dengan baik?

Jawaban: Sholat tarawih dikerjakan dengan niat khusus, yaitu mendekatkan diri kepada Allah SWT. Dikerjakan dengan khusyuk, tuma’ninah, dan memperbanyak doa dan dzikir.

Demikianlah beberapa pertanyaan dan jawaban seputar fadilah sholat tarawih. Semoga dapat menambah pemahaman dan semangat kita dalam melaksanakan ibadah sholat tarawih.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang manfaat dan keutamaan sholat tarawih, mari kita lanjutkan pembahasan pada bagian berikutnya.

Tips Melaksanakan Sholat Tarawih dengan Baik dan Khusyuk

Berikut adalah beberapa tips untuk melaksanakan sholat tarawih dengan baik dan khusyuk:

Tip 1: Niat yang Benar
Niatkan sholat tarawih karena ingin mendekatkan diri kepada Allah SWT dan mengharap ridha-Nya, bukan karena ingin dilihat atau dipuji orang lain.

Tip 2: Berwudhu dengan Sempurna
Berwudhu dengan sempurna sebelum sholat tarawih untuk membersihkan diri dari hadas dan najis, sehingga dapat menghadap Allah SWT dengan hati yang bersih dan suci.

Tip 3: Sholat dengan Tenang dan Tuma’ninah
Kerjakan sholat tarawih dengan tenang dan tuma’ninah, tidak tergesa-gesa dan tidak terburu-buru. Rasakan setiap gerakan dan bacaan sholat dengan penuh penghayatan.

Tip 4: Perbanyak Doa dan Dzikir
Perbanyak doa dan dzikir dalam sholat tarawih, terutama pada saat sujud dan setelah salam. Manfaatkan waktu sholat untuk memohon ampunan, berdoa untuk kebaikan diri sendiri dan orang lain, serta membaca zikir-zikir yang dianjurkan.

Tip 5: Jaga Konsentrasi dan Hindari Gangguan
Jaga konsentrasi selama sholat tarawih dan hindari segala bentuk gangguan yang dapat mengurangi kekhusyukan, seperti pikiran yang melayang atau suara-suara yang mengganggu.

Tip 6: Sholat Berjamaah
Utamakan sholat tarawih berjamaah di masjid karena akan mendapatkan pahala yang lebih besar dibandingkan sholat sendirian di rumah.

Tip 7: Perbanyak Shaf
Perbanyak shaf (barisan) sholat tarawih agar dapat menampung lebih banyak jamaah dan memakmurkan masjid.

Tip 8: Menjaga Adab Sholat
Jaga adab sholat tarawih dengan berpakaian sopan, menjaga kebersihan masjid, dan tidak mengganggu jamaah lain.

Dengan mengikuti tips-tips tersebut di atas, insya Allah kita dapat melaksanakan sholat tarawih dengan baik dan khusyuk, sehingga dapat memperoleh keutamaan dan manfaatnya secara maksimal. Semoga Allah SWT menerima ibadah sholat tarawih kita dan memberikan pahala yang berlimpah.

Selanjutnya, kita akan membahas tentang keutamaan dan manfaat sholat tarawih lebih dalam pada bagian berikutnya.

Kesimpulan

Artikel ini telah mengulas secara mendalam tentang fadilah sholat tarawih, meliputi keutamaan, manfaat, sejarah, hingga tips untuk melaksanakannya dengan baik dan khusyuk. Beberapa poin penting yang dapat disimpulkan dari pembahasan tersebut adalah:

  1. Sholat tarawih memiliki banyak keutamaan, di antaranya menghapus dosa-dosa kecil, meningkatkan derajat di sisi Allah, mendapatkan pahala seperti berhaji dan umrah, menjadi dekat dengan Allah SWT, dan mendapat syafaat di hari kiamat.
  2. Sholat tarawih juga memiliki banyak manfaat, baik bagi kesehatan fisik maupun mental, seperti meningkatkan kesehatan jantung, mengurangi stres, dan meningkatkan kualitas tidur.
  3. Untuk melaksanakan sholat tarawih dengan baik dan khusyuk, beberapa tips yang dapat dilakukan antara lain niat yang benar, berwudhu dengan sempurna, sholat dengan tenang dan tuma’ninah, memperbanyak doa dan dzikir, menjaga konsentrasi dan menghindari gangguan, sholat berjamaah, memperbanyak shaf, serta menjaga adab sholat.

Berdasarkan uraian tersebut, dapat disimpulkan bahwa sholat tarawih merupakan ibadah yang sangat dianjurkan untuk dilaksanakan selama bulan Ramadan. Dengan melaksanakan sholat tarawih dengan baik dan khusyuk, kita dapat memperoleh banyak keutamaan dan manfaat, baik di dunia maupun di akhirat. Oleh karena itu, marilah kita mempersiapkan diri untuk menyambut bulan Ramadan dengan penuh semangat dan menjadikan sholat tarawih sebagai salah satu ibadah utama yang kita kerjakan.



Artikel Terkait

Bagikan:

Nur Jannah

Halo, Perkenalkan nama saya Nur. Saya adalah salah satu penulis profesional yang suka berbagi ilmu. Dengan Artikel, saya bisa berbagi dengan teman - teman. Semoga semua artikel yang telah saya buat bisa bermanfaat. Pastikan Follow iainpurwokerto.ac.id ya.. Terimakasih..

Artikel Terbaru