Idul Fitri 2015

Nur Jannah


Idul Fitri 2015

“Idul Fitri 2015” merupakan kata kunci yang digunakan untuk artikel ini. Idul Fitri adalah hari raya umat Islam yang menandai berakhirnya bulan puasa Ramadan. Kata “Idul Fitri 2015” merujuk pada perayaan Idul Fitri yang jatuh pada tahun 2015.

Idul Fitri 2015 memiliki makna penting bagi umat Islam. Hari raya ini menjadi simbol kemenangan setelah menjalani ibadah puasa selama sebulan penuh. Idul Fitri juga menjadi momen untuk berkumpul bersama keluarga dan saling memaafkan. Dalam sejarah Islam, Idul Fitri ditetapkan oleh Nabi Muhammad SAW pada tahun 624 Masehi.

Artikel ini akan membahas secara mendalam tentang perayaan Idul Fitri 2015. Artikel ini akan mengulas tentang persiapan, tradisi, dan makna di balik perayaan Idul Fitri. Selain itu, artikel ini juga akan menyajikan informasi tentang sejarah dan perkembangan Idul Fitri di Indonesia.

Idul Fitri 2015

Idul Fitri merupakan hari raya umat Islam yang menandai berakhirnya bulan puasa Ramadan. Perayaan Idul Fitri memiliki banyak aspek penting yang perlu dipahami, di antaranya:

  • Ibadah
  • Tradisi
  • Silaturahmi
  • Makanan
  • Pakaian
  • Hiburan
  • Sejarah
  • Makna
  • Persiapan
  • Dampak

Aspek-aspek tersebut saling berkaitan dan membentuk perayaan Idul Fitri yang meriah dan penuh makna. Ibadah, tradisi, dan silaturahmi menjadi inti dari perayaan Idul Fitri, sementara makanan, pakaian, dan hiburan menambah kemeriahan hari raya. Sejarah dan makna Idul Fitri juga penting untuk dipahami agar perayaan ini tidak hanya menjadi rutinitas tahunan, tetapi juga menjadi momen untuk refleksi dan peningkatan diri. Persiapan dan dampak Idul Fitri juga perlu diperhatikan agar perayaan ini dapat berjalan lancar dan memberikan manfaat yang optimal.

Ibadah

Ibadah merupakan aspek penting dari perayaan Idul Fitri. Ibadah dalam konteks ini merujuk pada segala bentuk pengabdian dan ketaatan kepada Allah SWT. Ibadah pada saat Idul Fitri memiliki makna yang khusus, yaitu sebagai bentuk syukur atas telah selesainya ibadah puasa Ramadan dan sebagai permohonan ampunan atas segala dosa dan kesalahan yang telah diperbuat.

Salah satu bentuk ibadah yang paling utama pada saat Idul Fitri adalah shalat Idul Fitri. Shalat Idul Fitri dilaksanakan pada pagi hari setelah terbit matahari. Shalat ini dilakukan secara berjamaah di lapangan atau masjid. Selain shalat Idul Fitri, ibadah lain yang dianjurkan pada saat Idul Fitri adalah membaca takbir, tahmid, dan tahlil. Ibadah-ibadah ini dapat dilakukan baik secara individu maupun berjamaah.

Ibadah pada saat Idul Fitri memiliki banyak manfaat, di antaranya:mendekatkan diri kepada Allah SWT,memohon ampunan atas segala dosa dan kesalahan,mensyukuri nikmat Allah SWT, danmenjalin silaturahmi dengan sesama muslim. Dengan demikian, ibadah merupakan komponen penting dari perayaan Idul Fitri yang tidak dapat dipisahkan.

Tradisi

Tradisi merupakan salah satu aspek penting dari perayaan Idul Fitri 2015. Tradisi-tradisi ini telah dilakukan secara turun-temurun dan menjadi bagian dari kekayaan budaya umat Islam di Indonesia.

  • Silaturahmi

    Silaturahmi merupakan tradisi yang sangat penting pada saat Idul Fitri. Silaturahmi dilakukan dengan mengunjungi sanak saudara, tetangga, dan teman-teman untuk saling bermaaf-maafan dan mempererat tali persaudaraan.

  • Mudik

    Mudik merupakan tradisi pulang kampung yang dilakukan oleh masyarakat Indonesia pada saat Idul Fitri. Tradisi ini dilakukan untuk berkumpul bersama keluarga besar dan merayakan Idul Fitri bersama-sama.

  • Takbiran

    Takbiran merupakan tradisi mengumandangkan takbir, tahmid, dan tahlil pada malam Idul Fitri. Tradisi ini dilakukan untuk menyambut datangnya hari raya Idul Fitri dan sebagai ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT.

  • Salat Idul Fitri

    Salat Idul Fitri merupakan salat sunnah yang dilakukan pada pagi hari setelah terbit matahari pada hari Idul Fitri. Salat ini dilakukan secara berjamaah di lapangan atau masjid dan menjadi salah satu tradisi yang paling penting pada saat Idul Fitri.

Tradisi-tradisi Idul Fitri 2015 memiliki banyak manfaat, di antaranya: mempererat tali silaturahmi antar sesama umat Islam,menjaga kelestarian budaya Indonesia, danmenumbuhkan rasa syukur kepada Allah SWT. Dengan demikian, tradisi merupakan bagian integral dari perayaan Idul Fitri 2015 yang tidak dapat dipisahkan.

Silaturahmi

Silaturahmi merupakan tradisi penting dalam perayaan Idul Fitri 2015. Silaturahmi adalah kegiatan mengunjungi sanak saudara, tetangga, dan teman-teman untuk saling bermaaf-maafan dan mempererat tali persaudaraan. Tradisi ini memiliki kaitan yang erat dengan Idul Fitri 2015 karena menjadi bagian dari rangkaian ibadah dan amalan yang dianjurkan pada hari raya tersebut.

Idul Fitri 2015 merupakan momen yang tepat untuk melakukan silaturahmi karena pada saat itu umat Islam dianjurkan untuk saling memaafkan dan mempererat hubungan baik. Silaturahmi pada Idul Fitri 2015 juga menjadi sarana untuk berbagi kebahagiaan dan saling mendoakan. Selain itu, silaturahmi juga dapat memperkuat ukhuwah Islamiyah dan menjaga keharmonisan sosial.

Dalam praktiknya, silaturahmi pada Idul Fitri 2015 dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti mengunjungi rumah kerabat, menghadiri halal bihalal, atau memanfaatkan media sosial untuk saling berkirim ucapan selamat. Silaturahmi pada Idul Fitri 2015 tidak hanya menjadi tradisi, tetapi juga memiliki nilai ibadah dan manfaat yang besar bagi individu dan masyarakat.

Makanan

Makanan merupakan salah satu aspek penting dalam perayaan Idul Fitri 2015. Sajian makanan khas Idul Fitri menjadi bagian dari tradisi dan simbol kebersamaan dalam merayakan hari kemenangan setelah sebulan penuh berpuasa.

  • Ketupat

    Ketupat adalah makanan khas Idul Fitri yang terbuat dari beras dan dibungkus dengan anyaman daun kelapa muda. Ketupat melambangkan silaturahmi karena bentuknya yang saling bertautan.

  • Opor Ayam

    Opor ayam adalah makanan berkuah santan yang berisi potongan ayam dan sayuran. Opor ayam menjadi sajian wajib pada saat Idul Fitri karena rasanya yang gurih dan nikmat.

  • Rendang

    Rendang merupakan makanan khas Sumatera Barat yang terbuat dari daging sapi yang dimasak dengan bumbu rempah-rempah. Rendang melambangkan kekayaan kuliner Indonesia dan menjadi hidangan spesial pada saat Idul Fitri.

  • Lontong Sayur

    Lontong sayur adalah makanan berkuah santan yang berisi lontong, sayuran, dan bumbu rempah-rempah. Lontong sayur menjadi pilihan yang tepat untuk sarapan atau makan siang pada saat Idul Fitri karena rasanya yang ringan dan menyegarkan.

Sajian makanan khas Idul Fitri 2015 tidak hanya menjadi santapan yang lezat, tetapi juga memiliki makna simbolis dan sosial. Ketupat yang saling bertautan melambangkan silaturahmi, opor ayam yang gurih dan nikmat menjadi simbol kebersamaan, rendang yang kaya bumbu melambangkan kekayaan kuliner Indonesia, dan lontong sayur yang ringan dan menyegarkan menjadi pilihan yang tepat untuk mengawali hari kemenangan.

Pakaian

Pakaian merupakan aspek penting dalam perayaan Idul Fitri 2015. Pakaian yang dikenakan pada saat Idul Fitri 2015 umumnya merupakan pakaian terbaik dan baru yang melambangkan kebersihan dan kesucian setelah sebulan penuh berpuasa.

Pakaian pada Idul Fitri 2015 juga memiliki makna simbolis. Pakaian yang berwarna putih, misalnya, melambangkan kesucian dan kebersihan. Pakaian yang rapi dan sopan juga mencerminkan sikap hormat dan penghargaan terhadap hari raya Idul Fitri 2015.

Selain makna simbolis, pakaian pada Idul Fitri 2015 juga memiliki fungsi sosial. Pakaian yang dikenakan pada saat Idul Fitri 2015 menjadi sarana untuk mempererat silaturahmi dan menjalin kebersamaan. Ketika mengenakan pakaian terbaik, umat Islam akan merasa lebih percaya diri dan nyaman untuk saling mengunjungi dan bermaaf-maafan.

Hiburan

Hiburan merupakan salah satu aspek yang dapat menambah kemeriahan perayaan Idul Fitri 2015. Hiburan dalam konteks ini memiliki makna yang luas, mulai dari kegiatan yang bersifat rekreatif hingga kegiatan yang bersifat edukatif.

  • Takbiran Keliling

    Takbiran keliling merupakan kegiatan mengumandangkan takbir, tahmid, dan tahlil secara bersama-sama sambil berkeliling kampung atau kota. Kegiatan ini biasanya dilakukan pada malam menjelang Idul Fitri.

  • Salat Idul Fitri

    Salat Idul Fitri merupakan salat sunnah yang dilakukan pada pagi hari setelah terbit matahari pada hari Idul Fitri. Salat ini dilakukan secara berjamaah di lapangan atau masjid.

  • Kunjungan ke Tempat Wisata

    Kunjungan ke tempat wisata menjadi salah satu pilihan hiburan yang populer pada saat Idul Fitri. Banyak masyarakat yang memanfaatkan waktu libur untuk mengunjungi tempat-tempat wisata bersama keluarga atau teman.

  • Nonton Film

    Nonton film juga menjadi salah satu pilihan hiburan yang banyak dilakukan pada saat Idul Fitri. Banyak masyarakat yang memilih untuk menonton film di bioskop atau di rumah bersama keluarga.

Hiburan pada saat Idul Fitri 2015 memiliki banyak manfaat, di antaranya:menambah kemeriahan perayaan Idul Fitri,menjalin silaturahmi antar sesama umat Islam, danmeningkatkan rasa syukur kepada Allah SWT. Dengan demikian, hiburan merupakan bagian integral dari perayaan Idul Fitri 2015 yang dapat membawa manfaat bagi individu dan masyarakat.

Sejarah

Sejarah memegang peranan penting dalam perayaan Idul Fitri 2015. Sejarah Idul Fitri dapat ditelusuri kembali ke masa Nabi Muhammad SAW dan menjadi bagian tak terpisahkan dari tradisi dan nilai-nilai yang dianut umat Islam.

  • Asal-usul Idul Fitri

    Idul Fitri berawal dari peristiwa kemenangan Nabi Muhammad SAW dan para pengikutnya dalam Perang Badar pada bulan Ramadan tahun 2 Hijriah. Kemenangan tersebut disambut dengan suka cita dan menjadi cikal bakal perayaan Idul Fitri.

  • Tradisi Shalat Id

    Tradisi shalat Idul Fitri pertama kali dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW pada tahun pertama Hijriah. Shalat Id dilaksanakan secara berjamaah di lapangan terbuka dan menjadi salah satu ciri khas perayaan Idul Fitri.

  • Zakat Fitrah

    Zakat fitrah merupakan kewajiban yang harus ditunaikan oleh setiap umat Islam yang mampu pada saat Idul Fitri. Zakat fitrah bertujuan untuk membersihkan diri dari dosa-dosa kecil dan menyucikan harta benda.

  • Silaturahmi dan Halal Bihalal

    Tradisi silaturahmi dan halal bihalal pada saat Idul Fitri sudah dilakukan sejak zaman Rasulullah SAW. Kegiatan ini bertujuan untuk mempererat tali persaudaraan dan saling memaafkan kesalahan.

Sejarah Idul Fitri 2015 memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang makna dan nilai-nilai yang terkandung dalam perayaan ini. Dengan memahami sejarahnya, umat Islam dapat menghayati dan melaksanakan Idul Fitri dengan lebih baik, sesuai dengan ajaran dan tradisi yang telah diwariskan oleh Nabi Muhammad SAW.

Makna Idul Fitri 2015

Makna Idul Fitri 2015 sangatlah dalam dan memiliki dimensi yang luas. Idul Fitri tidak hanya sekedar hari raya kemenangan setelah sebulan penuh berpuasa, tetapi juga menjadi momentum untuk refleksi diri, memperkuat tali silaturahmi, dan meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT.

Salah satu makna penting Idul Fitri 2015 adalah sebagai hari kemenangan. Kemenangan yang dimaksud bukan hanya kemenangan melawan hawa nafsu selama berpuasa, tetapi juga kemenangan dalam melawan segala bentuk kebatilan dan kejahatan. Idul Fitri menjadi pengingat bagi umat Islam untuk terus berjuang menegakkan kebenaran dan keadilan.

Selain itu, Idul Fitri 2015 juga menjadi momentum untuk mempererat tali silaturahmi. Silaturahmi pada saat Idul Fitri dilakukan dengan saling mengunjungi, bermaaf-maafan, dan berbagi kebahagiaan. Silaturahmi ini sangat dianjurkan dalam Islam karena dapat memperkuat ukhuwah Islamiyah dan menjaga keharmonisan sosial.

Makna Idul Fitri 2015 sangatlah penting untuk dipahami dan diamalkan oleh seluruh umat Islam. Dengan memahami makna yang terkandung di dalamnya, umat Islam dapat menjadikan Idul Fitri sebagai sarana untuk meningkatkan kualitas diri, mempererat tali persaudaraan, dan meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT.

Persiapan

Persiapan merupakan aspek penting dalam perayaan Idul Fitri 2015. Persiapan yang matang akan memastikan kelancaran dan kekhidmatan perayaan Idul Fitri. Persiapan ini meliputi berbagai aspek, mulai dari persiapan fisik, mental, hingga finansial.

  • Persiapan Fisik

    Persiapan fisik meliputi menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh selama bulan Ramadan. Hal ini penting karena puasa Ramadan dapat melemahkan kondisi fisik. Selain itu, persiapan fisik juga meliputi persiapan pakaian, makanan, dan minuman untuk hari raya Idul Fitri.

  • Persiapan Mental

    Persiapan mental meliputi kesiapan batin untuk menyambut hari kemenangan. Hal ini dapat dilakukan dengan memperbanyak ibadah, membaca Al-Qur’an, dan merenungi makna Idul Fitri. Persiapan mental juga penting untuk menghadapi potensi perbedaan pendapat atau konflik yang mungkin terjadi selama perayaan Idul Fitri.

  • Persiapan Finansial

    Persiapan finansial meliputi penyediaan dana untuk kebutuhan Idul Fitri, seperti biaya mudik, pakaian baru, makanan, dan zakat fitrah. Persiapan finansial yang baik akan memastikan bahwa perayaan Idul Fitri dapat dirayakan dengan khidmat dan tanpa beban finansial.

Persiapan yang matang untuk Idul Fitri 2015 akan membawa banyak manfaat. Persiapan yang baik akan memastikan kelancaran perayaan, menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh, memperkuat mental dan spiritual, serta menghindari masalah finansial. Dengan demikian, setiap umat Islam diharapkan dapat mempersiapkan diri dengan baik untuk menyambut datangnya Idul Fitri 2015.

Dampak

Perayaan Idul Fitri 2015 memiliki dampak yang besar bagi umat Islam, baik secara individu maupun sosial. Dampak tersebut dapat dilihat dari berbagai aspek, mulai dari aspek keagamaan, sosial, hingga ekonomi.

Dari aspek keagamaan, Idul Fitri 2015 menjadi momentum bagi umat Islam untuk meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT. Melalui ibadah-ibadah yang dilakukan selama Idul Fitri, seperti shalat Id, zakat fitrah, dan silaturahmi, umat Islam dapat membersihkan diri dari dosa-dosa dan memperkuat hubungannya dengan Allah SWT.

Secara sosial, Idul Fitri 2015 menjadi sarana untuk mempererat tali silaturahmi antar sesama umat Islam. Tradisi silaturahmi yang dilakukan selama Idul Fitri dapat memperkuat ukhuwah Islamiyah dan menjaga keharmonisan sosial. Selain itu, Idul Fitri 2015 juga menjadi ajang untuk saling memaafkan kesalahan dan membuka lembaran baru.

Dari aspek ekonomi, Idul Fitri 2015 memberikan dampak yang positif bagi perekonomian Indonesia. Perayaan Idul Fitri yang identik dengan tradisi mudik, belanja pakaian baru, dan makanan khas, dapat meningkatkan konsumsi dan mendorong pertumbuhan ekonomi. Selain itu, Idul Fitri 2015 juga menjadi kesempatan bagi para pelaku usaha untuk meningkatkan pendapatan mereka.

Dengan demikian, Idul Fitri 2015 memiliki dampak yang sangat besar bagi umat Islam, baik secara individu maupun sosial. Dampak tersebut dapat dilihat dari berbagai aspek, mulai dari aspek keagamaan, sosial, hingga ekonomi.

Pertanyaan Umum tentang Idul Fitri 2015

Bagian ini menyajikan beberapa pertanyaan umum dan jawabannya seputar Idul Fitri 2015. Pertanyaan-pertanyaan ini disusun untuk mengantisipasi pertanyaan atau memberikan klarifikasi terkait dengan topik Idul Fitri 2015.

Pertanyaan 1: Kapan Idul Fitri 2015 dirayakan?

Idul Fitri 2015 dirayakan pada hari Jumat, 17 Juli 2015.

Pertanyaan 2: Apa saja amalan yang dianjurkan saat Idul Fitri?

Amalan yang dianjurkan saat Idul Fitri antara lain shalat Idul Fitri, zakat fitrah, silaturahmi, dan membaca takbir.

Pertanyaan 3: Apa makna di balik perayaan Idul Fitri?

Idul Fitri memiliki makna kemenangan setelah sebulan penuh berpuasa. Kemenangan tersebut bukan hanya kemenangan menahan hawa nafsu, tetapi juga kemenangan melawan segala bentuk kebatilan dan kejahatan.

Pertanyaan 4: Apa tradisi yang biasa dilakukan saat Idul Fitri?

Tradisi yang biasa dilakukan saat Idul Fitri antara lain mudik, memakai pakaian baru, makan makanan khas, dan saling bermaaf-maafan.

Pertanyaan 5: Apa hikmah dari perayaan Idul Fitri?

Hikmah dari perayaan Idul Fitri adalah untuk membersihkan diri dari dosa-dosa, mempererat tali silaturahmi, dan meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT.

Pertanyaan 6: Apa dampak positif dari perayaan Idul Fitri?

Dampak positif dari perayaan Idul Fitri antara lain peningkatan ketakwaan, mempererat silaturahmi, dan mendorong pertumbuhan ekonomi.

Pertanyaan-pertanyaan umum di atas memberikan pemahaman yang lebih komprehensif tentang Idul Fitri 2015. Perayaan Idul Fitri merupakan momen penting bagi umat Islam untuk merefleksikan diri, mempererat tali silaturahmi, dan meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT.

Selain dari topik yang telah dibahas dalam bagian ini, masih banyak aspek lain yang dapat dibahas terkait dengan Idul Fitri 2015. Pada bagian selanjutnya, kita akan membahas lebih dalam tentang sejarah dan perkembangan perayaan Idul Fitri.

Tips Merayakan Idul Fitri 2015 dengan Khidmat dan Bermakna

Berikut adalah beberapa tips untuk merayakan Idul Fitri 2015 dengan khidmat dan bermakna:

Tip 1: Persiapkan Diri dengan Baik

Persiapan yang baik sangat penting untuk memastikan kelancaran dan kekhidmatan perayaan Idul Fitri. Persiapan ini meliputi persiapan fisik, mental, dan finansial.

Tip 2: Tingkatkan Ketakwaan

Idul Fitri adalah momen yang tepat untuk meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT. Perbanyaklah ibadah, seperti shalat, zikir, dan membaca Al-Qur’an.

Tip 3: Jalin Silaturahmi

Silaturahmi merupakan tradisi penting dalam perayaan Idul Fitri. Kunjungi kerabat, teman, dan tetangga untuk saling bermaaf-maafan dan mempererat tali persaudaraan.

Tip 4: Tunaikan Zakat Fitrah

Zakat fitrah merupakan kewajiban bagi setiap umat Islam yang mampu. Tunaikan zakat fitrah sebelum pelaksanaan shalat Idul Fitri.

Tip 5: Hindari Berlebihan

Perayaan Idul Fitri memang identik dengan berbagai tradisi, seperti membeli pakaian baru dan membuat makanan khas. Namun, hindarilah berlebih-lebihan yang dapat membebani secara finansial.

Tip 6: Jagalah Kebersihan dan Kesopanan

Kebersihan dan kesopanan sangat penting dalam perayaan Idul Fitri. Jagalah kebersihan diri, pakaian, dan lingkungan selama perayaan berlangsung.

Tip 7: Utamakan Keselamatan

Jika berencana untuk mudik atau bepergian, utamakan keselamatan selama perjalanan. Patuhi peraturan lalu lintas dan berhati-hatilah di jalan.

Merayakan Idul Fitri dengan khidmat dan bermakna tidaklah sulit jika kita mempersiapkan diri dengan baik dan mengikuti tips-tips di atas. Dengan demikian, kita dapat menjadikan Idul Fitri 2015 sebagai momen untuk meningkatkan ketakwaan, mempererat silaturahmi, dan meraih kemenangan sejati.

Tips-tips di atas dapat membantu kita untuk merayakan Idul Fitri 2015 dengan lebih bermakna dan khidmat. Pada bagian selanjutnya, kita akan membahas lebih dalam tentang dampak positif dari perayaan Idul Fitri.

Kesimpulan

Perayaan Idul Fitri 2015 memiliki makna yang sangat penting bagi umat Islam, baik secara individu maupun sosial. Idul Fitri menjadi momentum untuk meningkatkan ketakwaan, mempererat tali silaturahmi, dan meraih kemenangan sejati. Artikel ini telah mengupas berbagai aspek terkait Idul Fitri 2015, mulai dari sejarah, tradisi, hingga dampak positifnya.

Beberapa poin penting yang dapat disimpulkan dari artikel ini antara lain:

  1. Idul Fitri 2015 merupakan hari kemenangan setelah sebulan penuh berpuasa, bukan hanya kemenangan melawan hawa nafsu, tetapi juga kemenangan melawan segala bentuk kebatilan dan kejahatan.
  2. Perayaan Idul Fitri 2015 memiliki dampak positif bagi umat Islam, baik dari aspek keagamaan, sosial, maupun ekonomi. Idul Fitri menjadi sarana untuk meningkatkan ketakwaan, mempererat silaturahmi, dan mendorong pertumbuhan ekonomi.
  3. Untuk merayakan Idul Fitri 2015 dengan khidmat dan bermakna, diperlukan persiapan yang baik, peningkatan ketakwaan, jalinan silaturahmi, pembayaran zakat fitrah, menghindari berlebihan, menjaga kebersihan dan kesopanan, serta mengutamakan keselamatan.

Melalui pemahaman yang komprehensif tentang Idul Fitri 2015, diharapkan umat Islam dapat memaknai dan merayakan Idul Fitri dengan lebih baik, sesuai dengan ajaran dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.



Artikel Terkait

Bagikan:

Nur Jannah

Halo, Perkenalkan nama saya Nur. Saya adalah salah satu penulis profesional yang suka berbagi ilmu. Dengan Artikel, saya bisa berbagi dengan teman - teman. Semoga semua artikel yang telah saya buat bisa bermanfaat. Pastikan Follow iainpurwokerto.ac.id ya.. Terimakasih..

Tags

Artikel Terbaru