Jam Sholat Idul Fitri 2024

Nur Jannah


Jam Sholat Idul Fitri 2024


Jam sholat idul fitri 2024 merupakan kata kunci yang merujuk pada jadwal waktu pelaksanaan ibadah sholat Idul Fitri pada tahun 2024. Sholat Idul Fitri merupakan salah satu ibadah penting bagi umat Islam, yang dilaksanakan pada hari pertama dan kedua bulan Syawal setelah berakhirnya bulan Ramadhan.

Menentukan waktu pelaksanaan sholat Idul Fitri sangatlah penting karena berkaitan dengan tata cara peribadatan yang harus dilakukan sesuai dengan ajaran agama. Oleh karena itu, mengetahui jadwal waktu sholat Idul Fitri 2024 menjadi hal yang krusial bagi umat Islam agar dapat mempersiapkan diri dan melaksanakan ibadah dengan tepat waktu.

Artikel ini akan membahas secara mendalam mengenai jadwal waktu pelaksanaan sholat Idul Fitri 2024 di berbagai wilayah di Indonesia, serta memberikan informasi penting terkait tata cara pelaksanaan sholat Idul Fitri dan sejarah singkatnya.

Jam Sholat Idul Fitri 2024

Jam sholat Idul Fitri 2024 merupakan aspek penting dalam pelaksanaan ibadah sholat Idul Fitri, yang harus diketahui oleh seluruh umat Islam. Berikut adalah 10 aspek penting yang terkait dengan jam sholat Idul Fitri 2024:

  • Jadwal pelaksanaan
  • Waktu pelaksanaan
  • Wilayah pelaksanaan
  • Tata cara pelaksanaan
  • Tempat pelaksanaan
  • Imam dan khatib
  • Khutbah Idul Fitri
  • Takbiran Idul Fitri
  • Zakat fitrah
  • Silaturahmi Idul Fitri

Aspek-aspek tersebut saling berkaitan dan memiliki peran penting dalam pelaksanaan ibadah sholat Idul Fitri. Dengan mengetahui dan memahami aspek-aspek tersebut, umat Islam dapat mempersiapkan diri dengan baik dan melaksanakan ibadah sholat Idul Fitri secara khusyuk dan bermakna.

Jadwal pelaksanaan

Jadwal pelaksanaan merupakan aspek krusial dalam ibadah sholat Idul Fitri karena menentukan waktu yang tepat untuk melaksanakan sholat tersebut. Jadwal pelaksanaan sholat Idul Fitri 2024 di setiap wilayah di Indonesia akan berbeda-beda, tergantung pada perbedaan waktu dan perhitungan hisab atau rukyatul hilal.

  • Waktu pelaksanaan

    Waktu pelaksanaan sholat Idul Fitri biasanya dimulai pada pukul 07.00-08.00 waktu setempat. Waktu ini dapat bervariasi tergantung pada kebijakan masing-masing masjid atau musala.

  • Wilayah pelaksanaan

    Sholat Idul Fitri dapat dilaksanakan di masjid, musala, lapangan terbuka, atau tempat-tempat lain yang layak digunakan untuk sholat berjamaah.

  • Tata cara pelaksanaan

    Tata cara pelaksanaan sholat Idul Fitri terdiri dari dua rakaat, dengan diawali takbiratul ihram dan diakhiri dengan salam. Pada rakaat pertama terdapat tujuh takbir, sedangkan pada rakaat kedua terdapat lima takbir.

  • Tempat pelaksanaan

    Tempat pelaksanaan sholat Idul Fitri harus bersih, suci, dan menghadap ke arah kiblat. Dianjurkan untuk melaksanakan sholat Idul Fitri di tempat yang lapang agar dapat menampung banyak jamaah.

Dengan mengetahui jadwal pelaksanaan sholat Idul Fitri 2024, umat Islam dapat mempersiapkan diri dengan baik dan melaksanakan ibadah sholat Idul Fitri secara tepat waktu dan khusyuk.

Waktu pelaksanaan

Waktu pelaksanaan memiliki peran yang sangat penting dalam ibadah sholat Idul Fitri, karena menentukan kapan sholat tersebut dapat dilaksanakan. Waktu pelaksanaan sholat Idul Fitri biasanya dimulai pada pukul 07.00-08.00 waktu setempat, namun dapat bervariasi tergantung kebijakan masing-masing masjid atau musala.

Waktu pelaksanaan sholat Idul Fitri yang tepat sangat penting untuk diperhatikan karena beberapa alasan. Pertama, sholat Idul Fitri termasuk ibadah yang memiliki waktu pelaksanaan yang spesifik, sehingga tidak dapat dilaksanakan sembarangan waktu. Kedua, waktu pelaksanaan sholat Idul Fitri yang tepat akan memudahkan umat Islam untuk mempersiapkan diri dan melaksanakan sholat dengan khusyuk.

Ketiga, waktu pelaksanaan sholat Idul Fitri yang tepat juga akan memudahkan koordinasi antar umat Islam, sehingga sholat dapat dilaksanakan secara berjamaah dan khidmat. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui dan memperhatikan waktu pelaksanaan sholat Idul Fitri 2024 agar ibadah sholat dapat dilaksanakan dengan baik dan sesuai dengan syariat Islam.

Wilayah pelaksanaan

Wilayah pelaksanaan merupakan aspek penting dalam ibadah sholat Idul Fitri karena menentukan lokasi atau tempat di mana sholat tersebut akan dilaksanakan. Wilayah pelaksanaan sholat Idul Fitri dapat berupa masjid, musala, lapangan terbuka, atau tempat-tempat lain yang layak digunakan untuk sholat berjamaah.

  • Masjid

    Masjid merupakan tempat yang paling umum digunakan untuk melaksanakan sholat Idul Fitri. Masjid biasanya memiliki kapasitas yang cukup besar untuk menampung banyak jamaah dan memiliki fasilitas yang memadai untuk pelaksanaan sholat.

  • Musala

    Musala juga dapat digunakan untuk melaksanakan sholat Idul Fitri, terutama jika masjid di sekitar penuh atau tidak dapat menampung semua jamaah. Musala biasanya memiliki kapasitas yang lebih kecil dari masjid, tetapi tetap dapat digunakan untuk sholat berjamaah.

  • Lapangan terbuka

    Lapangan terbuka juga dapat digunakan untuk melaksanakan sholat Idul Fitri, terutama jika jumlah jamaah sangat banyak dan tidak dapat ditampung di masjid atau musala. Lapangan terbuka haruslah bersih, suci, dan menghadap ke arah kiblat.

  • Tempat lain yang layak

    Selain masjid, musala, dan lapangan terbuka, sholat Idul Fitri juga dapat dilaksanakan di tempat-tempat lain yang layak digunakan untuk sholat berjamaah, seperti gedung pertemuan atau aula. Tempat-tempat tersebut haruslah bersih, suci, dan menghadap ke arah kiblat.

Pemilihan wilayah pelaksanaan sholat Idul Fitri biasanya dilakukan oleh pengurus masjid atau musala setempat, dengan mempertimbangkan kapasitas, fasilitas, dan kenyamanan jamaah. Umat Islam dapat memilih untuk melaksanakan sholat Idul Fitri di wilayah pelaksanaan yang terdekat atau yang paling sesuai dengan kebutuhan mereka.

Tata cara pelaksanaan

Tata cara pelaksanaan merupakan salah satu aspek penting dalam ibadah sholat Idul Fitri karena menentukan bagaimana sholat tersebut harus dilakukan agar sesuai dengan syariat Islam. Tata cara pelaksanaan sholat Idul Fitri terdiri dari dua rakaat, dengan diawali takbiratul ihram dan diakhiri dengan salam. Pada rakaat pertama terdapat tujuh takbir, sedangkan pada rakaat kedua terdapat lima takbir.

Tata cara pelaksanaan sholat Idul Fitri yang benar sangat penting untuk diperhatikan karena beberapa alasan. Pertama, tata cara pelaksanaan yang benar akan memastikan bahwa ibadah sholat Idul Fitri dilaksanakan sesuai dengan tuntunan Rasulullah SAW. Kedua, tata cara pelaksanaan yang benar akan membantu umat Islam untuk melaksanakan sholat dengan khusyuk dan fokus.

Ketiga, tata cara pelaksanaan yang benar juga akan memudahkan koordinasi antar jamaah, sehingga sholat dapat dilaksanakan secara berjamaah dan khidmat. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui dan memperhatikan tata cara pelaksanaan sholat Idul Fitri agar ibadah sholat dapat dilaksanakan dengan baik dan sesuai dengan syariat Islam.

Tempat pelaksanaan

Tempat pelaksanaan merupakan salah satu aspek penting yang terkait dengan jam sholat Idul Fitri 2024. Hal ini disebabkan karena tempat pelaksanaan akan mempengaruhi waktu pelaksanaan sholat Idul Fitri.

Misalnya, jika sholat Idul Fitri dilaksanakan di lapangan terbuka, maka waktu pelaksanaan sholat dapat lebih awal dibandingkan dengan jika sholat dilaksanakan di masjid. Hal ini dikarenakan lapangan terbuka biasanya lebih cepat terang dibandingkan dengan masjid.

Oleh karena itu, sangat penting untuk memilih tempat pelaksanaan sholat Idul Fitri yang tepat agar waktu pelaksanaan sholat dapat sesuai dengan ketentuan syariat Islam. Selain itu, pemilihan tempat pelaksanaan yang tepat juga akan mempengaruhi kenyamanan dan kekhusyukan jamaah dalam melaksanakan sholat Idul Fitri.

Imam dan khatib

Imam dan khatib merupakan aspek penting dalam pelaksanaan sholat Idul Fitri. Imam adalah orang yang memimpin sholat, sedangkan khatib adalah orang yang menyampaikan khutbah setelah sholat. Keduanya memiliki peran penting dalam kelancaran dan kekhusyukan pelaksanaan sholat Idul Fitri.

  • Syarat menjadi imam dan khatib

    Untuk menjadi imam dan khatib, seseorang harus memenuhi beberapa syarat, seperti berjenis kelamin laki-laki, baligh, berakal sehat, beragama Islam, dan memiliki pengetahuan agama yang cukup.

  • Tata cara pemilihan imam dan khatib

    Imam dan khatib biasanya dipilih oleh pengurus masjid atau musala setempat. Pemilihan dilakukan berdasarkan pertimbangan kemampuan dan pengalaman.

  • Tugas dan tanggung jawab imam dan khatib

    Imam bertugas memimpin jalannya sholat, sedangkan khatib bertugas menyampaikan khutbah. Khutbah Idul Fitri biasanya berisi tentang pesan-pesan moral, keagamaan, dan sosial.

  • Hak dan kewajiban imam dan khatib

    Imam dan khatib berhak mendapatkan honor atau imbalan atas tugas yang mereka lakukan. Selain itu, mereka juga berkewajiban untuk mempersiapkan diri dengan baik sebelum melaksanakan tugasnya.

Imam dan khatib memiliki peran penting dalam kesuksesan pelaksanaan sholat Idul Fitri. Oleh karena itu, sangat penting untuk memilih imam dan khatib yang berkualitas dan berpengalaman. Dengan demikian, pelaksanaan sholat Idul Fitri dapat berjalan dengan lancar, khusyuk, dan bermakna.

Khutbah Idul Fitri

Khutbah Idul Fitri merupakan salah satu bagian penting dalam pelaksanaan sholat Idul Fitri. Khutbah ini disampaikan oleh khatib setelah sholat selesai dilaksanakan.

  • Tema Khutbah

    Tema khutbah Idul Fitri biasanya berisi tentang pesan-pesan moral, keagamaan, dan sosial. Khatib akan menyampaikan pesan-pesan tersebut dengan cara yang menarik dan mudah dipahami oleh jamaah.

  • Struktur Khutbah

    Struktur khutbah Idul Fitri umumnya terdiri dari tiga bagian, yaitu pembukaan, isi, dan penutup. Pada bagian pembukaan, khatib akan menyampaikan salam dan puji-pujian kepada Allah SWT. Pada bagian isi, khatib akan menyampaikan pesan-pesan moral, keagamaan, dan sosial. Pada bagian penutup, khatib akan menyampaikan doa dan harapan untuk umat Islam.

  • Tujuan Khutbah

    Tujuan khutbah Idul Fitri adalah untuk memberikan bimbingan dan motivasi kepada umat Islam. Melalui khutbah ini, khatib mengajak jamaah untuk meningkatkan ketakwaan dan mempererat tali silaturahmi.

  • Hikmah Khutbah

    Khutbah Idul Fitri memiliki banyak hikmah, di antaranya adalah untuk mengingatkan umat Islam tentang pentingnya hari raya Idul Fitri, mempererat tali persaudaraan, dan meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT.

Dengan memahami aspek-aspek khutbah Idul Fitri, diharapkan umat Islam dapat mengambil manfaat dari khutbah tersebut dan mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari.

Takbiran Idul Fitri

Takbiran Idul Fitri merupakan salah satu tradisi yang dilakukan umat Islam untuk menyambut dan memeriahkan hari raya Idul Fitri. Takbiran dilakukan dengan mengumandangkan kalimat takbir, yaitu “Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar, Laa ilaha illallah, Allahu Akbar, Allahu Akbar, Walillahil hamd.” Takbiran biasanya dilakukan mulai dari malam Idul Fitri hingga pagi hari setelah sholat Idul Fitri dilaksanakan.

  • Waktu pelaksanaan

    Takbiran Idul Fitri dilakukan mulai dari terbenamnya matahari pada malam Idul Fitri hingga berakhirnya waktu sholat Idul Fitri pada pagi hari.

  • Cara pelaksanaan

    Takbiran dapat dilakukan secara individu atau berjamaah. Biasanya, takbiran dilakukan di masjid, musala, atau tempat-tempat umum lainnya.

  • Tujuan

    Takbiran dilakukan untuk mengagungkan Allah SWT dan untuk menyambut datangnya hari raya Idul Fitri.

  • Hikmah

    Takbiran memiliki hikmah untuk mengingatkan umat Islam tentang kebesaran Allah SWT dan untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan.

Takbiran Idul Fitri menjadi tradisi yang tidak terpisahkan dari perayaan Idul Fitri di Indonesia. Takbiran menjadi salah satu cara untuk memeriahkan dan menyambut datangnya hari kemenangan setelah sebulan penuh berpuasa di bulan Ramadhan.

Zakat fitrah

Zakat fitrah merupakan salah satu kewajiban yang harus ditunaikan oleh umat Islam menjelang Hari Raya Idul Fitri. Zakat fitrah memiliki kaitan erat dengan waktu pelaksanaan sholat Idul Fitri karena merupakan salah satu ibadah yang dianjurkan untuk dilakukan sebelum melaksanakan sholat Idul Fitri.

  • Waktu pelaksanaan

    Zakat fitrah harus ditunaikan sebelum pelaksanaan sholat Idul Fitri. Waktu paling baik untuk menunaikan zakat fitrah adalah pada malam hari raya Idul Fitri atau sebelum berangkat sholat Idul Fitri.

  • Cara pelaksanaan

    Zakat fitrah dapat ditunaikan melalui amil zakat atau lembaga yang ditunjuk oleh pemerintah. Besarnya zakat fitrah yang harus ditunaikan adalah satu sha’ atau sekitar 2,5 kilogram beras atau makanan pokok lainnya.

  • Tujuan

    Zakat fitrah bertujuan untuk membersihkan diri dari dosa-dosa kecil yang mungkin dilakukan selama bulan Ramadhan dan untuk membantu fakir miskin.

  • Hikmah

    Zakat fitrah memiliki hikmah untuk meningkatkan kepedulian sosial umat Islam terhadap sesama, terutama kepada fakir miskin dan kaum dhuafa.

Dengan menunaikan zakat fitrah sebelum pelaksanaan sholat Idul Fitri, umat Islam diharapkan dapat menyambut Hari Raya Idul Fitri dengan hati yang bersih dan penuh rasa syukur. Zakat fitrah juga menjadi salah satu wujud kepedulian sosial dan bentuk implementasi ajaran Islam yang rahmatan lil ‘alamin.

Silaturahmi Idul Fitri

Silaturahmi Idul Fitri merupakan salah satu tradisi penting yang dilakukan umat Islam setelah melaksanakan sholat Idul Fitri. Silaturahmi Idul Fitri memiliki kaitan yang erat dengan jam sholat Idul Fitri 2024 karena biasanya dilakukan setelah umat Islam menunaikan ibadah sholat Idul Fitri.

  • Tujuan Silaturahmi Idul Fitri

    Silaturahmi Idul Fitri bertujuan untuk mempererat tali persaudaraan dan saling memaafkan di antara umat Islam. Silaturahmi Idul Fitri juga menjadi ajang untuk saling berbagi kebahagiaan dan rezeki setelah sebulan penuh berpuasa di bulan Ramadhan.

  • Cara Melakukan Silaturahmi Idul Fitri

    Silaturahmi Idul Fitri dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti mengunjungi rumah saudara, teman, dan tetangga, atau menghadiri acara halal bihalal yang diadakan di masjid atau tempat-tempat umum lainnya.

  • Manfaat Silaturahmi Idul Fitri

    Silaturahmi Idul Fitri memiliki banyak manfaat, di antaranya adalah memperkuat ukhuwah islamiyah, mempererat hubungan antar umat Islam, dan meningkatkan rasa saling pengertian dan toleransi.

Dengan melakukan silaturahmi Idul Fitri setelah melaksanakan sholat Idul Fitri 2024, umat Islam diharapkan dapat kembali ke fitrahnya, mempererat tali persaudaraan, dan meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT. Silaturahmi Idul Fitri juga menjadi salah satu cara untuk mengimplementasikan ajaran Islam yang rahmatan lil ‘alamin.

Tanya Jawab Seputar Jam Sholat Idul Fitri 2024

Halaman ini menyajikan tanya jawab seputar jam sholat Idul Fitri 2024, meliputi informasi penting terkait waktu pelaksanaan, wilayah pelaksanaan, dan hal-hal terkait lainnya.

Pertanyaan 1: Kapan jadwal pelaksanaan sholat Idul Fitri 2024?

Jawaban: Jadwal pelaksanaan sholat Idul Fitri 2024 akan diumumkan secara resmi oleh Kementerian Agama setelah penetapan awal bulan Syawal 1445 H.

Pertanyaan 2: Di mana saja wilayah pelaksanaan sholat Idul Fitri 2024?

Jawaban: Sholat Idul Fitri 2024 dapat dilaksanakan di masjid, musala, lapangan terbuka, atau tempat-tempat lain yang layak digunakan untuk sholat berjamaah.

Pertanyaan 3: Bagaimana tata cara pelaksanaan sholat Idul Fitri 2024?

Jawaban: Tata cara pelaksanaan sholat Idul Fitri terdiri dari dua rakaat, dengan diawali takbiratul ihram dan diakhiri dengan salam. Pada rakaat pertama terdapat tujuh takbir, sedangkan pada rakaat kedua terdapat lima takbir.

Pertanyaan 4: Siapa saja yang menjadi imam dan khatib sholat Idul Fitri 2024?

Jawaban: Imam dan khatib sholat Idul Fitri 2024 biasanya dipilih oleh pengurus masjid atau musala setempat, berdasarkan pertimbangan kemampuan dan pengalaman.

Pertanyaan 5: Apa saja hikmah dari khutbah Idul Fitri 2024?

Jawaban: Khutbah Idul Fitri memiliki hikmah untuk mengingatkan umat Islam tentang pentingnya hari raya Idul Fitri, mempererat tali persaudaraan, dan meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT.

Pertanyaan 6: Apa saja kegiatan yang dianjurkan setelah pelaksanaan sholat Idul Fitri 2024?

Jawaban: Setelah pelaksanaan sholat Idul Fitri 2024, umat Islam dianjurkan untuk melakukan silaturahmi, membayar zakat fitrah, dan saling bermaaf-maafan.

Demikian tanya jawab seputar jam sholat Idul Fitri 2024. Semoga informasi ini bermanfaat bagi umat Islam dalam mempersiapkan dan melaksanakan ibadah sholat Idul Fitri dengan baik dan khusyuk.

Selanjutnya, kita akan membahas secara lebih mendalam tentang sejarah dan perkembangan sholat Idul Fitri, serta makna dan hikmah yang terkandung di dalamnya.

Tips Seputar Jam Sholat Idul Fitri 2024

Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda mempersiapkan dan melaksanakan ibadah sholat Idul Fitri 2024 dengan baik dan khusyuk:

Tip 1: Pastikan Anda mengetahui jadwal pelaksanaan sholat Idul Fitri 2024 di wilayah Anda. Jadwal tersebut dapat diperoleh dari pengumuman resmi Kementerian Agama atau dari masjid setempat.

Tip 2: Pilihlah tempat pelaksanaan sholat Idul Fitri yang nyaman dan sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika memungkinkan, pilihlah tempat yang dekat dengan rumah Anda atau yang memiliki fasilitas yang memadai.

Tip 3: Berangkatlah ke tempat pelaksanaan sholat Idul Fitri tepat waktu. Hal ini penting untuk menghindari keramaian dan agar Anda dapat mengikuti sholat dari awal hingga akhir.

Tip 4: Persiapkan diri Anda dengan baik sebelum berangkat ke tempat pelaksanaan sholat Idul Fitri. Pastikan Anda sudah berwudhu, mengenakan pakaian yang bersih dan sopan, serta membawa sajadah atau alas sholat.

Tip 5: Ikuti tata cara pelaksanaan sholat Idul Fitri dengan benar dan khusyuk. Perhatikan gerakan imam dan bacalah doa-doa yang disunnahkan.

Tip 6: Setelah melaksanakan sholat Idul Fitri, sempatkan waktu untuk bersilaturahmi dengan sesama umat Islam. Saling bermaaf-maafan dan berbagi kebahagiaan di hari yang fitri.

Tip 7: Jangan lupa untuk menunaikan zakat fitrah sebelum melaksanakan sholat Idul Fitri. Zakat fitrah dapat disalurkan melalui amil zakat atau lembaga yang ditunjuk oleh pemerintah.

Tip 8: Manfaatkan hari raya Idul Fitri untuk meningkatkan ibadah dan mempererat tali silaturahmi. Jadikan momen ini sebagai sarana untuk kembali ke fitrah dan menjadi pribadi yang lebih baik.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, semoga Anda dapat melaksanakan ibadah sholat Idul Fitri 2024 dengan baik dan penuh makna. Sholat Idul Fitri merupakan salah satu ibadah penting bagi umat Islam, yang menjadi penanda berakhirnya bulan Ramadhan dan dimulainya bulan Syawal.

Setelah membahas tips seputar jam sholat Idul Fitri 2024, selanjutnya kita akan mengulas sejarah dan perkembangan sholat Idul Fitri, serta makna dan hikmah yang terkandung di dalamnya.

Kesimpulan

Artikel ini telah mengulas secara mendalam tentang jam sholat Idul Fitri 2024, meliputi jadwal pelaksanaan, wilayah pelaksanaan, tata cara pelaksanaan, dan berbagai aspek terkait lainnya. Melalui artikel ini, kita dapat memahami pentingnya mengetahui jam sholat Idul Fitri dengan tepat agar dapat melaksanakan ibadah dengan baik dan khusyuk.

Salah satu poin penting yang dibahas dalam artikel ini adalah tentang hikmah dan makna di balik sholat Idul Fitri. Sholat Idul Fitri bukan hanya sebuah ibadah ritual, tetapi juga menjadi sarana untuk kembali ke fitrah, mempererat tali silaturahmi, dan meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT. Sholat Idul Fitri juga menjadi momentum untuk saling memaafkan, berbagi kebahagiaan, dan menunjukkan rasa syukur atas nikmat yang telah diberikan selama bulan Ramadhan.

Mari kita jadikan momen Idul Fitri 1445 H/2024 ini sebagai kesempatan untuk memperbaiki diri, memperkuat ukhuwah islamiyah, dan meningkatkan kualitas ibadah kita kepada Allah SWT. Dengan melaksanakan sholat Idul Fitri dengan penuh khusyuk dan memaknai hikmah yang terkandung di dalamnya, semoga kita dapat menjadi pribadi yang lebih baik dan meraih kemenangan sejati di hari yang fitri ini.



Artikel Terkait

Bagikan:

Nur Jannah

Halo, Perkenalkan nama saya Nur. Saya adalah salah satu penulis profesional yang suka berbagi ilmu. Dengan Artikel, saya bisa berbagi dengan teman - teman. Semoga semua artikel yang telah saya buat bisa bermanfaat. Pastikan Follow iainpurwokerto.ac.id ya.. Terimakasih..

Tags

Artikel Terbaru