Makkah Saudi Arabia

Nur Jannah


Makkah Saudi Arabia

Makkah Saudi Arabia merupakan kota suci umat Islam yang terletak di wilayah barat Arab Saudi. Kata “Makkah” merujuk pada kota itu sendiri, sedangkan “Saudi Arabia” adalah nama negara tempat kota itu berada. Keduanya digunakan bersama untuk menyebutkan lokasi spesifik kota Makkah.

Makkah memiliki arti penting yang mendalam bagi umat Islam, karena merupakan tempat kelahiran Nabi Muhammad SAW dan menjadi kiblat bagi umat Islam seluruh dunia. Kota ini merupakan pusat ibadah haji, yang merupakan salah satu rukun Islam yang wajib dilakukan bagi umat Islam yang mampu.

Dalam sejarah Islam, Makkah juga menjadi saksi peristiwa-peristiwa penting, seperti penaklukan Kota Makkah oleh Nabi Muhammad SAW pada tahun 630 M. Peristiwa ini menjadi titik balik penting dalam penyebaran agama Islam.

Makkah Saudi Arabia

Kota Makkah memiliki makna penting bagi umat Islam sebagai tempat kelahiran Nabi Muhammad SAW dan kiblat umat Islam di seluruh dunia. Berbagai aspek terkait Makkah Saudi Arabia perlu dipahami untuk memperkaya pengetahuan dan pemahaman tentang kota suci ini.

  • Tempat Lahir Nabi Muhammad SAW
  • Kiblat Umat Islam
  • Kota Suci
  • Pusat Ibadah Haji
  • Lokasi Ka’bah
  • Tempat Bersejarah
  • Pusat Kebudayaan Islam
  • Tujuan Wisata Religi
  • Kota Modern

Selain aspek-aspek di atas, Makkah Saudi Arabia juga menyimpan banyak sejarah, tradisi, dan budaya yang memperkaya nilai dan maknanya bagi umat Islam. Memahami berbagai aspek ini dapat memberikan pemahaman yang lebih komprehensif tentang kota suci ini dan perannya dalam dunia Islam.

Tempat Lahir Nabi Muhammad SAW

Makkah Saudi Arabia memiliki arti penting bagi umat Islam sebagai tempat lahir Nabi Muhammad SAW. Kota ini menjadi saksi kelahiran sosok penting yang membawa ajaran Islam dan menjadi panutan bagi umat manusia.

  • Rumah Kelahiran

    Nabi Muhammad SAW dilahirkan di sebuah rumah sederhana di Makkah yang kini dikenal sebagai Masjid al-Haram. Rumah ini menjadi tempat bersejarah yang dikunjungi banyak umat Islam untuk mengenang peristiwa penting tersebut.

  • Kota Masa Kecil

    Makkah menjadi tempat Nabi Muhammad SAW menghabiskan masa kecilnya. Di kota ini, beliau tumbuh dan menerima pendidikan awal yang membentuk karakter dan ajarannya kelak.

  • Tempat Penerimaan Wahyu

    Di Gua Hira yang terletak di dekat Makkah, Nabi Muhammad SAW menerima wahyu pertama dari Allah SWT. Gua ini menjadi tempat bersejarah yang dikunjungi banyak umat Islam untuk merenungi peristiwa penting dalam sejarah Islam.

  • Pusat Dakwah Islam

    Makkah menjadi pusat dakwah Islam pada masa awal. Di kota ini, Nabi Muhammad SAW menyebarkan ajaran Islam dan menghadapi berbagai tantangan dari kaum Quraisy.

Sebagai tempat lahir Nabi Muhammad SAW, Makkah memiliki nilai sejarah dan spiritual yang tinggi bagi umat Islam. Kota ini menjadi simbol kelahiran Islam dan pusat penyebaran ajarannya ke seluruh dunia.

Kiblat Umat Islam

Kiblat umat Islam adalah arah yang dihadapi umat Islam saat melaksanakan salat. Arah kiblat ini ditentukan ke arah Ka’bah yang berada di Masjidil Haram, Makkah Saudi Arabia. Penetapan kiblat ini memiliki sejarah dan makna penting dalam ajaran Islam.

Penetapan kiblat ke arah Makkah didasarkan pada wahyu Allah SWT yang diterima oleh Nabi Muhammad SAW. Hal ini tercantum dalam Al-Qur’an surat Al-Baqarah ayat 144: “Sesungguhnya Kami (Allah) melihat wajahmu menengadah ke langit, maka sungguh Kami akan memalingkan kamu ke arah kiblat yang kamu sukai. Maka hadapkanlah wajahmu ke arah Masjidil Haram. Dan di mana saja kamu berada, maka hadapkanlah wajahmu ke arahnya.”

Kiblat menjadi komponen penting dalam pelaksanaan salat. Salat yang dilakukan dengan menghadap kiblat yang benar dianggap sah dan sesuai dengan tuntunan agama. Tanpa menghadap kiblat, salat tidak dianggap sah. Oleh karena itu, umat Islam sangat memperhatikan arah kiblat saat melaksanakan salat, baik di rumah, masjid, maupun di tempat lainnya.

Pengetahuan tentang kiblat dan hubungannya dengan Makkah Saudi Arabia sangat penting bagi umat Islam. Hal ini membantu umat Islam untuk melaksanakan salat dengan benar dan sesuai dengan tuntunan agama. Selain itu, pengetahuan ini juga memperkuat pemahaman tentang sejarah dan makna penting kota Makkah dalam ajaran Islam.

Kota Suci

Makkah Saudi Arabia dikenal sebagai Kota Suci karena memiliki tempat-tempat suci dan nilai spiritual yang tinggi bagi umat Islam. Keistimewaan ini menjadikan Makkah tujuan utama ibadah haji dan umrah, serta menjadi kiblat umat Islam di seluruh dunia.

  • Masjidil Haram
    Masjidil Haram adalah masjid suci yang mengelilingi Ka’bah. Masjid ini merupakan tempat thawaf, sai, dan shalat bagi umat Islam saat berhaji atau umrah.
  • Ka’bah
    Ka’bah adalah bangunan berbentuk kubus yang menjadi kiblat umat Islam. Ka’bah menjadi titik pusat ibadah haji dan umrah, serta melambangkan kesatuan umat Islam.
  • Maqam Ibrahim
    Maqam Ibrahim adalah sebuah batu yang terdapat di dekat Ka’bah. Batu ini menjadi tempat Nabi Ibrahim AS berdiri saat membangun Ka’bah.
  • Sumur Zamzam
    Sumur Zamzam adalah sebuah sumur yang terletak di dalam Masjidil Haram. Air Zamzam dipercaya memiliki khasiat dan menjadi salah satu tujuan utama ibadah haji dan umrah.

Status sebagai Kota Suci menjadikan Makkah sebagai pusat kegiatan ibadah dan wisata religi bagi umat Islam di seluruh dunia. Keistimewaan ini membawa dampak positif bagi perkembangan ekonomi dan sosial di Makkah dan sekitarnya.

Pusat Ibadah Haji

Makkah Saudi Arabia merupakan pusat ibadah haji bagi umat Islam di seluruh dunia. Julukan ini diberikan karena di kota inilah terdapat Masjidil Haram dan Ka’bah, dua tempat suci yang menjadi tujuan utama ibadah haji.

Masjidil Haram adalah masjid suci yang mengelilingi Ka’bah. Di sinilah umat Islam melakukan tawaf, sai, dan shalat selama ibadah haji. Sementara itu, Ka’bah adalah bangunan berbentuk kubus yang menjadi kiblat umat Islam. Saat melaksanakan haji, umat Islam akan melakukan thawaf dengan mengelilingi Ka’bah sebanyak tujuh kali.

Status Makkah sebagai pusat ibadah haji membawa dampak yang signifikan terhadap kota tersebut. Makkah menjadi tujuan utama wisata religi bagi umat Islam, sehingga perekonomian dan sosial di kota tersebut berkembang pesat. Selain itu, keberadaan Masjidil Haram dan Ka’bah juga menjadikan Makkah sebagai pusat penyebaran ilmu agama Islam.

Dengan demikian, hubungan antara Makkah Saudi Arabia dan pusat ibadah haji sangat erat. Makkah menjadi pusat ibadah haji karena di kota inilah terdapat Masjidil Haram dan Ka’bah. Sebaliknya, status sebagai pusat ibadah haji memberikan dampak positif bagi perkembangan Makkah di berbagai bidang.

Lokasi Ka’bah

Ka’bah merupakan bangunan suci berbentuk kubus yang terletak di tengah Masjidil Haram, Makkah Saudi Arabia. Keberadaan Ka’bah menjadikan Makkah sebagai kiblat umat Islam di seluruh dunia dan pusat ibadah haji.

  • Struktur Ka’bah

    Ka’bah memiliki tinggi sekitar 15 meter dan lebar 10 meter. Bangunan ini terbuat dari batu granit dan dilapisi dengan kain kiswah berwarna hitam.

  • Hajar Aswad

    Hajar Aswad adalah batu hitam yang terletak di salah satu sudut Ka’bah. Batu ini menjadi titik awal dan akhir tawaf, salah satu ritual ibadah haji.

  • Maqam Ibrahim

    Maqam Ibrahim adalah sebuah batu yang terletak di dekat Ka’bah. Batu ini menjadi tempat Nabi Ibrahim AS berdiri saat membangun Ka’bah.

  • Multazam

    Multazam adalah bagian dinding Ka’bah yang terletak di antara Hajar Aswad dan pintu Ka’bah. Tempat ini dianggap sebagai tempat yang mustajab untuk berdoa.

Lokasi Ka’bah di Makkah Saudi Arabia menjadikan kota tersebut sebagai pusat ibadah haji dan destinasi wisata religi bagi umat Islam di seluruh dunia. Keberadaan Ka’bah juga menjadi simbol kesatuan umat Islam dan menjadi pengingat akan ajaran Nabi Ibrahim AS.

Tempat Bersejarah

Makkah Saudi Arabia menyimpan banyak tempat bersejarah yang memiliki nilai penting bagi umat Islam. Tempat-tempat ini menjadi saksi bisu peristiwa-peristiwa penting dalam sejarah Islam dan menjadi tujuan wisata religi bagi umat Islam di seluruh dunia.

  • Masjidil Haram

    Masjidil Haram adalah masjid suci yang mengelilingi Ka’bah. Masjid ini merupakan tempat thawaf, sai, dan shalat bagi umat Islam saat berhaji atau umrah. Masjidil Haram juga merupakan tempat berdirinya Ka’bah, kiblat umat Islam di seluruh dunia.

  • Gua Hira

    Gua Hira terletak di sekitar 3 km dari pusat kota Makkah. Di gua inilah Nabi Muhammad SAW menerima wahyu pertama dari Allah SWT. Gua Hira menjadi tempat yang penting bagi umat Islam karena menjadi awal mula penyebaran agama Islam.

  • Jabal Rahmah

    Jabal Rahmah adalah sebuah bukit yang terletak di Padang Arafah, sekitar 12 km dari Makkah. Di bukit inilah Nabi Adam AS dan Siti Hawa dipertemukan kembali setelah terpisah selama bertahun-tahun. Jabal Rahmah menjadi tempat yang istimewa bagi umat Islam karena menjadi simbol pertemuan kembali.

  • Mina

    Mina adalah sebuah lembah yang terletak sekitar 8 km dari Makkah. Di Mina, umat Islam melaksanakan ibadah lempar jumrah selama ibadah haji. Lembah Mina menjadi tempat yang penting bagi umat Islam karena menjadi bagian dari rangkaian ibadah haji.

Tempat-tempat bersejarah di Makkah Saudi Arabia menjadi saksi bisu peristiwa-peristiwa penting dalam sejarah Islam. Tempat-tempat ini menjadi tujuan wisata religi bagi umat Islam di seluruh dunia dan memiliki nilai spiritual yang tinggi.

Pusat Kebudayaan Islam

Makkah Saudi Arabia tidak hanya dikenal sebagai kota suci bagi umat Islam, tetapi juga sebagai pusat kebudayaan Islam. Hal ini karena Makkah menjadi tempat kelahiran agama Islam dan pusat penyebarannya ke seluruh dunia.

  • Masjidil Haram
    Masjidil Haram merupakan pusat ibadah umat Islam di Makkah. Selain sebagai tempat shalat, masjid ini juga menjadi tempat berkumpul dan berinteraksi bagi umat Islam dari berbagai belahan dunia. Di Masjidil Haram, umat Islam dapat belajar tentang ajaran Islam, sejarah Islam, dan budaya Islam.
  • Universitas Ummul Qura
    Universitas Ummul Qura merupakan salah satu universitas Islam terkemuka di dunia. Universitas ini menawarkan berbagai program studi, termasuk studi Islam, bahasa Arab, dan sejarah Islam. Universitas Ummul Qura menjadi pusat pengembangan ilmu pengetahuan dan kebudayaan Islam.
  • Museum Makkah
    Museum Makkah menyimpan koleksi benda-benda bersejarah yang berkaitan dengan sejarah dan kebudayaan Islam di Makkah. Museum ini menjadi tempat untuk mempelajari dan mengapresiasi kebudayaan Islam.
  • Perpustakaan Makkah al-Mukarramah
    Perpustakaan Makkah al-Mukarramah merupakan salah satu perpustakaan terbesar di dunia Islam. Perpustakaan ini menyimpan koleksi buku-buku yang berkaitan dengan Islam, sejarah, dan kebudayaan. Perpustakaan Makkah al-Mukarramah menjadi pusat penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan Islam.

Keberadaan pusat-pusat kebudayaan Islam di Makkah Saudi Arabia menunjukkan bahwa kota ini tidak hanya penting sebagai tempat ibadah, tetapi juga sebagai pusat pengembangan dan penyebaran kebudayaan Islam. Makkah menjadi tempat yang tepat untuk mempelajari dan mengapresiasi kebudayaan Islam yang kaya dan beragam.

Tujuan Wisata Religi

Makkah, sebagai kota suci bagi umat Islam, memiliki daya tarik tersendiri sebagai tujuan wisata religi. Kehadiran Masjidil Haram, Ka’bah, dan tempat-tempat bersejarah lainnya menjadi magnet bagi umat Islam di seluruh dunia untuk melaksanakan ibadah dan wisata religi.

  • Masjidil Haram

    Masjidil Haram adalah tempat paling suci bagi umat Islam dan menjadi pusat ibadah haji dan umrah. Masjid ini memiliki daya tarik tersendiri, seperti Ka’bah, Hajar Aswad, dan Maqam Ibrahim, yang menjadi tujuan utama ibadah dan wisata religi.

  • Ka’bah

    Ka’bah adalah bangunan berbentuk kubus yang terletak di tengah Masjidil Haram dan menjadi kiblat umat Islam di seluruh dunia. Ka’bah menjadi titik pusat ibadah haji dan umrah, serta menjadi simbol kesatuan umat Islam.

  • Gua Hira

    Gua Hira terletak di sekitar 3 km dari pusat kota Makkah dan menjadi tempat Nabi Muhammad SAW menerima wahyu pertama dari Allah SWT. Gua Hira menjadi tempat yang penting bagi umat Islam karena menjadi awal mula penyebaran agama Islam.

  • Jabal Rahmah

    Jabal Rahmah adalah sebuah bukit yang terletak di Padang Arafah, sekitar 12 km dari Makkah. Di bukit inilah Nabi Adam AS dan Siti Hawa dipertemukan kembali setelah terpisah selama bertahun-tahun. Jabal Rahmah menjadi tempat yang istimewa bagi umat Islam karena menjadi simbol pertemuan kembali.

Sebagai tujuan wisata religi, Makkah menawarkan pengalaman spiritual dan sejarah yang mendalam bagi umat Islam. Kehadiran tempat-tempat suci dan bersejarah menjadikan Makkah sebagai destinasi wisata religi yang penting dan diminati oleh umat Islam di seluruh dunia.

Kota Modern

Di tengah kesakralan dan sejarahnya yang mendalam, Makkah Saudi Arabia juga berkembang menjadi sebuah kota modern yang dinamis. Kehadiran infrastruktur modern dan fasilitas canggih telah melengkapi peran Makkah sebagai pusat ibadah dan wisata religi.

Modernisasi Makkah didorong oleh kebutuhan untuk menampung jumlah jamaah haji dan umrah yang terus meningkat. Pemerintah Saudi Arabia telah melakukan investasi besar-besaran dalam pembangunan infrastruktur, seperti perluasan Masjidil Haram, pembangunan hotel-hotel mewah, dan peningkatan sistem transportasi. Hasilnya, Makkah kini menjadi kota yang modern dan efisien, yang mampu menampung jutaan jamaah dari seluruh dunia dengan nyaman.

Selain infrastruktur, Makkah juga mengalami kemajuan pesat dalam bidang pendidikan, kesehatan, dan teknologi. Berbagai universitas dan pusat penelitian telah didirikan di Makkah, berkontribusi pada pengembangan ilmu pengetahuan dan kebudayaan Islam. Kota ini juga memiliki rumah sakit dan fasilitas kesehatan modern yang memenuhi kebutuhan jamaah dan penduduk setempat. Kehadiran teknologi informasi dan komunikasi yang canggih telah memudahkan akses informasi dan komunikasi bagi jamaah dan masyarakat.

Perpaduan antara tradisi dan modernitas di Makkah menciptakan pengalaman yang unik bagi para jamaah. Mereka dapat melaksanakan ibadah haji dan umrah dengan nyaman, sambil menikmati fasilitas dan layanan modern yang tersedia. Modernisasi Makkah tidak hanya meningkatkan kenyamanan jamaah, tetapi juga berkontribusi pada perkembangan ekonomi dan sosial di kota tersebut.

Dengan demikian, Makkah Saudi Arabia tidak hanya dikenal sebagai kota suci dan pusat ibadah, tetapi juga sebagai kota modern yang terus berkembang. Modernisasi Makkah merupakan bukti komitmen pemerintah Saudi Arabia untuk melayani jamaah haji dan umrah dengan sebaik-baiknya, sekaligus melestarikan nilai-nilai dan tradisi Islam yang telah mengakar kuat di kota suci ini.

Tanya Jawab Seputar Makkah Saudi Arabia

Bagian ini akan menjawab beberapa pertanyaan umum dan penting mengenai Makkah Saudi Arabia untuk memberikan pemahaman yang lebih komprehensif tentang kota suci umat Islam ini.

Pertanyaan 1: Apa saja tempat suci yang terdapat di Makkah?

Makkah memiliki beberapa tempat suci penting, antara lain: Masjidil Haram, Ka’bah, Maqam Ibrahim, dan Sumur Zamzam.

Pertanyaan 2: Kapan waktu terbaik untuk mengunjungi Makkah?

Waktu terbaik untuk mengunjungi Makkah adalah di luar musim haji, yaitu sekitar bulan Mei hingga September. Pada saat ini, cuaca lebih sejuk dan tidak terlalu ramai.

Pertanyaan 3: Apa saja syarat untuk dapat melaksanakan ibadah haji?

Syarat untuk dapat melaksanakan ibadah haji adalah beragama Islam, baligh, mampu secara fisik dan finansial, serta tidak terhalang oleh suatu halangan.

Pertanyaan 4: Bagaimana cara mendapatkan visa untuk umrah?

Untuk mendapatkan visa umrah, Anda dapat mengajukannya melalui agen travel resmi yang bekerja sama dengan pemerintah Arab Saudi.

Pertanyaan 5: Apa saja yang perlu dipersiapkan sebelum berangkat umrah?

Sebelum berangkat umrah, Anda perlu mempersiapkan dokumen perjalanan, pakaian ihram, perlengkapan mandi, obat-obatan pribadi, dan uang tunai yang cukup.

Pertanyaan 6: Apa saja hal yang dilarang dilakukan selama berada di Makkah?

Selama berada di Makkah, Anda dilarang melakukan hal-hal seperti berpakaian tidak sopan, membawa alkohol, berjudi, dan mengganggu ketenangan ibadah.

Dengan memahami jawaban atas pertanyaan-pertanyaan umum ini, diharapkan dapat memberikan informasi dan panduan yang bermanfaat bagi umat Islam yang ingin melaksanakan ibadah haji atau umrah ke Makkah Saudi Arabia.

Selanjutnya, artikel ini akan membahas lebih dalam tentang aspek-aspek penting lainnya terkait Makkah Saudi Arabia, seperti sejarah, kebudayaan, dan perannya dalam dunia Islam.

Tips Mengunjungi Makkah Saudi Arabia

Bagi umat Islam yang ingin melaksanakan ibadah haji atau umrah ke Makkah Saudi Arabia, terdapat beberapa tips penting yang perlu diperhatikan. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu mempersiapkan dan menjalani perjalanan ibadah dengan lancar dan bermakna:

Tip 1: Rencanakan Perjalanan Jauh Hari

Perencanaan jauh hari akan memberikan waktu yang cukup untuk mengurus dokumen perjalanan, visa, dan persiapan lainnya. Hindari merencanakan perjalanan secara mendadak, karena dapat menyulitkan dan meningkatkan biaya.

Tip 2: Pilih Waktu yang Tepat

Waktu terbaik untuk mengunjungi Makkah adalah di luar musim haji, yaitu sekitar bulan Mei hingga September. Pada saat ini, cuaca lebih sejuk dan tidak terlalu ramai, sehingga ibadah dapat dilakukan dengan lebih nyaman.

Tip 3: Siapkan Fisik dan Mental

Ibadah haji dan umrah membutuhkan kondisi fisik dan mental yang baik. Persiapkan diri dengan berolahraga secara teratur, menjaga pola makan sehat, dan beristirahat cukup sebelum berangkat.

Tip 4: Hormati Budaya dan Tradisi Setempat

Makkah adalah tempat suci bagi umat Islam. Hormati budaya dan tradisi setempat dengan berpakaian sopan, menjaga kebersihan, dan tidak melakukan hal-hal yang dapat mengganggu ketenangan ibadah.

Tip 5: Manfaatkan Jasa Pembimbing Ibadah

Bagi yang belum pernah melaksanakan ibadah haji atau umrah, disarankan untuk memanfaatkan jasa pembimbing ibadah. Mereka dapat memberikan panduan dan bimbingan selama perjalanan, sehingga ibadah dapat dilakukan dengan benar dan sesuai tuntunan.

Tip 6: Bawa Perlengkapan yang Diperlukan

Persiapkan perlengkapan yang diperlukan selama perjalanan, seperti pakaian ihram, alat mandi, obat-obatan pribadi, dan uang tunai yang cukup. Hindari membawa barang-barang yang tidak perlu atau berlebihan.

Tip 7: Jaga Kesehatan dan Kebersihan

Jaga kesehatan dan kebersihan selama berada di Makkah. Cuci tangan secara teratur, gunakan masker di tempat ramai, dan konsumsi makanan dan minuman yang bersih untuk menghindari penyakit.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, diharapkan perjalanan ibadah haji atau umrah ke Makkah Saudi Arabia dapat berjalan lancar, bermakna, dan sesuai dengan tuntunan syariat Islam.

Tips-tips ini tidak hanya bermanfaat untuk mempersiapkan perjalanan, tetapi juga untuk meningkatkan kualitas ibadah dan pengalaman spiritual selama berada di kota suci umat Islam.

Kesimpulan

Makkah Saudi Arabia, kota suci bagi umat Islam di seluruh dunia, memiliki makna dan nilai yang sangat penting. Artikel ini telah membahas berbagai aspek terkait Makkah Saudi Arabia, mulai dari sejarah, tempat-tempat suci, kebudayaan, hingga modernisasi.

Beberapa poin utama yang dapat disimpulkan dari artikel ini adalah:

  • Makkah adalah tempat lahir Nabi Muhammad SAW, kiblat umat Islam, dan pusat ibadah haji.
  • Makkah memiliki banyak tempat suci, seperti Masjidil Haram, Ka’bah, dan Gua Hira, yang menjadi tujuan wisata religi bagi umat Islam.
  • Selain nilai religiusnya, Makkah juga berkembang menjadi kota modern dengan infrastruktur dan fasilitas yang lengkap untuk menampung jutaan jamaah haji dan umrah.

Pemahaman yang komprehensif tentang Makkah Saudi Arabia sangat penting bagi umat Islam untuk dapat melaksanakan ibadah haji atau umrah dengan baik dan bermakna. Makkah bukan hanya sekedar kota, tetapi juga simbol spiritual dan pusat penyebaran Islam yang terus menginspirasi umat Islam di seluruh dunia.



Artikel Terkait

Bagikan:

Nur Jannah

Halo, Perkenalkan nama saya Nur. Saya adalah salah satu penulis profesional yang suka berbagi ilmu. Dengan Artikel, saya bisa berbagi dengan teman - teman. Semoga semua artikel yang telah saya buat bisa bermanfaat. Pastikan Follow iainpurwokerto.ac.id ya.. Terimakasih..

Artikel Terbaru