Niat Sholat Tarawih 2 Rakaat

Nur Jannah


Niat Sholat Tarawih 2 Rakaat

Niat sholat tarawih 2 rakaat adalah keinginan dalam hati untuk melaksanakan sholat tarawih sebanyak 2 rakaat. Contohnya, “Aku niat sholat tarawih dua rakaat karena Allah Ta’ala.” Sholat tarawih merupakan ibadah sunnah yang sangat dianjurkan di bulan Ramadan, memiliki banyak manfaat seperti pahala yang berlipat ganda, penghapus dosa, dan mendekatkan diri kepada Allah SWT. Salah satu perkembangan sejarah penting dalam sholat tarawih adalah ditetapkannya jumlah rakaat menjadi 20 rakaat pada masa pemerintahan Khalifah Umar bin Khattab.

Dengan memahami niat dan melaksanakan sholat tarawih dengan baik, diharapkan dapat meningkatkan kualitas ibadah kita di bulan Ramadan dan memperoleh keberkahan serta ampunan dari Allah SWT. Artikel ini akan mengupas lebih dalam tentang tata cara sholat tarawih, nya, dan hal-hal terkait lainnya untuk menambah pemahaman dan mengoptimalkan ibadah kita selama bulan suci ini.

Niat Sholat Tarawih 2 Rakaat

Aspek-aspek penting dalam memahami niat sholat tarawih 2 rakaat perlu diperhatikan untuk melaksanakan ibadah ini dengan baik dan benar. Berikut 10 aspek penting yang perlu dipahami:

  • Pengertian
  • Waktu Pelaksanaan
  • Tata Cara
  • Rakaat
  • Jumlah
  • Hukum
  • Keutamaan
  • Syarat
  • Sunnah
  • Keutamaan

Memahami aspek-aspek ini akan membantu kita melaksanakan sholat tarawih dengan lebih baik. Misalnya, mengetahui waktu pelaksanaan yang tepat, tata cara yang sesuai, dan jumlah rakaat yang benar akan membuat ibadah kita lebih sah dan berpahala. Selain itu, memahami keutamaan dan syarat sholat tarawih akan memotivasi kita untuk memperbanyak ibadah ini di bulan Ramadan. Dengan melaksanakan tarawih dengan niat dan cara yang baik, kita bisa memperoleh pahala yang besar, pengampunan dosa, dan keberkahan di bulan suci ini.

Pengertian

Pengertian niat sholat tarawih 2 rakaat merupakan aspek fundamental yang perlu dipahami untuk melaksanakan ibadah ini dengan benar. Niat adalah kehendak hati untuk melakukan suatu ibadah, dalam hal ini sholat tarawih dengan jumlah 2 rakaat.

  • Unsur Niat

    Niat terdiri dari dua unsur, yaitu:

    1. Qolbi (niat dalam hati)
    2. Lisan (ucapan lisan)

    Dalam sholat tarawih, niat diucapkan secara lisan setelah membaca takbiratul ihram.

  • Waktu Niat

    Waktu niat sholat tarawih adalah ketika takbiratul ihram, yaitu saat mengangkat tangan untuk memulai sholat.

  • Bentuk Niat

    Bentuk niat sholat tarawih 2 rakaat adalah sebagai berikut:
    “Aku niat sholat tarawih dua rakaat karena Allah Ta’ala.”

  • Rukun Niat

    Rukun niat sholat tarawih 2 rakaat adalah:

    1. Meniatkan sholat tarawih
    2. Meniatkan jumlah rakaat (2 rakaat)
    3. Meniatkan karena Allah Ta’ala

Dengan memahami pengertian niat sholat tarawih 2 rakaat secara benar, kita dapat melaksanakan ibadah ini dengan lebih baik dan memperoleh pahala yang maksimal. Kesalahan dalam niat dapat mempengaruhi keabsahan sholat, sehingga penting untuk memperhatikan aspek ini dengan cermat.

Waktu Pelaksanaan

Waktu pelaksanaan merupakan aspek penting dalam sholat tarawih, termasuk niat sholat tarawih 2 rakaat. Pelaksanaan sholat tarawih memiliki waktu-waktu tertentu yang perlu diperhatikan agar ibadah dapat dilakukan dengan benar dan sesuai ketentuan.

  • Awal Waktu

    Awal waktu pelaksanaan sholat tarawih dimulai setelah sholat Isya dan berakhir sebelum masuk waktu sholat Subuh.

  • Waktu Utama

    Waktu utama pelaksanaan sholat tarawih adalah sepertiga malam terakhir, yaitu sekitar pukul 22.00 hingga 23.00.

  • Akhir Waktu

    Akhir waktu pelaksanaan sholat tarawih adalah sebelum masuk waktu sholat Subuh. Jika sholat tarawih dilaksanakan setelah masuk waktu Subuh, maka sholat tersebut tidak dianggap sebagai sholat tarawih.

  • Waktu Afdhal

    Waktu yang paling utama untuk melaksanakan sholat tarawih adalah secara berjamaah di masjid. Pelaksanaan sholat tarawih secara berjamaah akan mendapatkan pahala yang lebih besar dibandingkan sholat tarawih secara sendiri-sendiri.

Memahami waktu pelaksanaan sholat tarawih, termasuk niat sholat tarawih 2 rakaat, sangat penting untuk memastikan bahwa ibadah yang dilakukan sesuai dengan ketentuan dan mendapatkan pahala yang maksimal. Oleh karena itu, hendaknya umat Islam memperhatikan waktu-waktu tersebut ketika melaksanakan sholat tarawih.

Tata Cara

Tata cara sholat tarawih memiliki keterkaitan erat dengan niat sholat tarawih 2 rakaat. Niat sholat tarawih saja tidak cukup untuk melaksanakan ibadah ini, melainkan harus diikuti dengan tata cara yang benar sesuai dengan tuntunan Rasulullah SAW. Tata cara tersebut menjadi pedoman dalam melaksanakan sholat tarawih agar sesuai dengan syariat Islam dan memperoleh pahala yang maksimal.

Salah satu contoh nyata keterkaitan tata cara dengan niat sholat tarawih 2 rakaat adalah dalam hal jumlah rakaat. Niat sholat tarawih 2 rakaat mengharuskan kita untuk melaksanakan sholat dengan jumlah 2 rakaat pada setiap setnya. Tata cara sholat tarawih yang benar menjelaskan bahwa sholat ini dilaksanakan dalam beberapa set, dengan jumlah rakaat 2, 4, 6, atau 8 rakaat pada setiap setnya. Jumlah rakaat ini harus sesuai dengan niat awal yang telah diucapkan.

Memahami keterkaitan antara tata cara dan niat sholat tarawih 2 rakaat sangat penting dalam praktik ibadah. Dengan memahami tata cara yang benar, kita dapat melaksanakan sholat tarawih sesuai dengan tuntunan syariat dan memperoleh pahala yang maksimal. Sebaliknya, jika tata cara tidak dilaksanakan dengan benar, maka sholat tarawih yang dilakukan tidak sesuai dengan niat awal dan berpotensi mengurangi pahala yang diperoleh.

Rakaat

Dalam konteks niat sholat tarawih 2 rakaat, memahami aspek “rakaat” memegang peranan penting dalam melaksanakan ibadah ini dengan benar. Rakaat merupakan satuan dasar dalam sholat, yang terdiri dari gerakan-gerakan tertentu seperti rukuk, sujud, dan duduk.

  • Jumlah Rakaat

    Pada niat sholat tarawih 2 rakaat, jumlah rakaat yang harus dilaksanakan adalah 2 rakaat pada setiap set sholat. Jumlah rakaat ini sesuai dengan niat awal yang diucapkan.

  • Tata Cara Rakaat

    Tata cara pelaksanaan rakaat dalam sholat tarawih sama seperti sholat pada umumnya, meliputi gerakan rukuk, sujud, dan duduk sesuai dengan urutannya.

  • Waktu Pelaksanaan Rakaat

    Waktu pelaksanaan rakaat dalam sholat tarawih disesuaikan dengan waktu pelaksanaan sholat tarawih secara keseluruhan, yaitu setelah sholat Isya hingga sebelum masuk waktu sholat Subuh.

  • Kekhususan Rakaat dalam Sholat Tarawih

    Dalam sholat tarawih, terdapat kekhususan dalam pelaksanaan rakaat, yaitu adanya rakaat witir yang dilaksanakan pada akhir sholat tarawih dengan jumlah ganjil, biasanya 1 atau 3 rakaat.

Dengan memahami aspek-aspek rakaat yang terkait dengan niat sholat tarawih 2 rakaat, umat Islam dapat melaksanakan ibadah ini sesuai dengan tuntunan syariat dan memperoleh pahala yang maksimal. Pelaksanaan rakaat yang benar merupakan bagian penting dalam kesempurnaan sholat tarawih dan menjadi salah satu syarat diterimanya ibadah tersebut.

Jumlah

Jumlah merupakan salah satu aspek penting dalam niat sholat tarawih 2 rakaat. Jumlah dalam konteks ini merujuk pada banyaknya rakaat yang akan dikerjakan dalam setiap set sholat tarawih.

  • Jumlah Rakaat per Set

    Dalam niat sholat tarawih 2 rakaat, jumlah rakaat yang dikerjakan pada setiap set adalah 2 rakaat. Hal ini sesuai dengan niat awal yang diucapkan.

  • Jumlah Set

    Jumlah set dalam sholat tarawih tidak ditentukan secara pasti. Namun, umumnya sholat tarawih dikerjakan dalam 8, 10, atau 12 set. Setiap set terdiri dari 2 rakaat.

  • Jumlah Keseluruhan

    Jumlah keseluruhan rakaat dalam sholat tarawih tergantung pada jumlah set yang dikerjakan. Misalnya, jika sholat tarawih dikerjakan dalam 8 set, maka jumlah keseluruhan rakaatnya adalah 16 rakaat (8 set x 2 rakaat per set).

  • Jumlah Rakaat Witir

    Selain rakaat pada set utama, sholat tarawih juga diakhiri dengan rakaat witir. Jumlah rakaat witir biasanya ganjil, antara 1 atau 3 rakaat.

Memahami aspek jumlah dalam niat sholat tarawih 2 rakaat sangat penting agar ibadah yang dikerjakan sesuai dengan ketentuan syariat dan memperoleh pahala yang maksimal. Jumlah rakaat yang dikerjakan harus sesuai dengan niat awal dan tidak boleh dikurangi atau ditambah.

Hukum

Hukum dalam konteks niat sholat tarawih 2 rakaat merujuk pada ketentuan atau peraturan syariat Islam mengenai ibadah sholat tarawih. Hukum ini menjadi dasar bagi umat Islam dalam melaksanakan ibadah tarawih, termasuk dalam menentukan niat yang benar.

Hukum sholat tarawih adalah sunnah muakkadah, artinya sangat dianjurkan untuk dikerjakan. Sholat ini memiliki keutamaan yang besar, terutama jika dikerjakan secara berjamaah di masjid. Niat sholat tarawih 2 rakaat merupakan salah satu bentuk pelaksanaan sholat tarawih yang sesuai dengan ketentuan syariat, karena jumlah 2 rakaat termasuk dalam jumlah rakaat yang diperbolehkan dalam sholat tarawih, yaitu minimal 2 rakaat dan maksimal 8 rakaat pada setiap setnya.

Memahami hukum sholat tarawih sangat penting dalam membentuk niat yang benar. Dengan mengetahui bahwa sholat tarawih adalah ibadah yang dianjurkan, maka umat Islam akan termotivasi untuk melaksanakannya dengan sebaik-baiknya, termasuk dalam menentukan jumlah rakaat yang sesuai dengan ketentuan syariat. Hal ini akan berdampak pada keabsahan dan kesempurnaan ibadah sholat tarawih yang dikerjakan.

Keutamaan

Keutamaan merupakan salah satu aspek penting yang berkaitan erat dengan niat sholat tarawih 2 rakaat. Keutamaan dalam konteks ini merujuk pada manfaat dan pahala yang dapat diperoleh dengan melaksanakan sholat tarawih, termasuk dengan niat 2 rakaat.

Niat sholat tarawih 2 rakaat memiliki keutamaan karena sesuai dengan tuntunan Rasulullah SAW. Beliau menganjurkan umatnya untuk mengerjakan sholat tarawih dengan jumlah rakaat yang sedikit, salah satunya adalah 2 rakaat. Dengan melaksanakan sholat tarawih sesuai dengan ajaran Rasulullah SAW, maka umat Islam dapat memperoleh pahala yang besar dan berkah dari Allah SWT.

Selain itu, sholat tarawih dengan niat 2 rakaat juga memiliki keutamaan dalam hal kemudahan pelaksanaannya. Jumlah rakaat yang sedikit membuat sholat tarawih lebih ringan untuk dikerjakan, terutama bagi mereka yang memiliki keterbatasan waktu atau tenaga. Dengan kemudahan ini, umat Islam dapat lebih istiqomah dalam melaksanakan sholat tarawih selama bulan Ramadan.

Memahami keutamaan sholat tarawih dengan niat 2 rakaat dapat memotivasi umat Islam untuk melaksanakan ibadah ini dengan penuh semangat dan keikhlasan. Dengan mengharapkan pahala dan keberkahan dari Allah SWT, serta kemudahan dalam pelaksanaannya, niat sholat tarawih 2 rakaat menjadi pilihan yang tepat untuk memperoleh keutamaan ibadah tarawih di bulan Ramadan.

Syarat

Syarat merupakan salah satu aspek penting yang berkaitan dengan niat sholat tarawih 2 rakaat. Syarat dalam konteks ini merujuk pada ketentuan-ketentuan tertentu yang harus dipenuhi agar sholat tarawih yang dilakukan menjadi sah dan sesuai dengan syariat Islam.

Terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi dalam niat sholat tarawih 2 rakaat, di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Islam: Sholat tarawih hanya dapat dikerjakan oleh umat Islam yang beriman dan bertakwa.
  2. Suci dari hadas: Pelaksanaan sholat tarawih harus dilakukan dalam keadaan suci dari hadas, baik hadas besar maupun hadas kecil.
  3. Menutup aurat: Sholat tarawih harus dilakukan dengan menutup aurat sesuai dengan ketentuan syariat Islam.
  4. Menghadap kiblat: Sholat tarawih harus dikerjakan dengan menghadap kiblat.
  5. Niat ikhlas karena Allah SWT: Sholat tarawih harus dikerjakan dengan niat yang ikhlas karena Allah SWT, bukan karena tujuan-tujuan duniawi.

Syarat-syarat tersebut merupakan komponen penting dalam niat sholat tarawih 2 rakaat. Jika salah satu syarat tidak terpenuhi, maka sholat tarawih yang dikerjakan tidak dianggap sah dan tidak memperoleh pahala yang sempurna.

Sunnah

Sunnah merupakan segala sesuatu yang diajarkan, diperbuat, atau dibiarkan oleh Nabi Muhammad SAW. Sunnah menjadi pedoman bagi umat Islam dalam menjalankan kehidupan, termasuk dalam beribadah, seperti sholat tarawih. Niat sholat tarawih 2 rakaat memiliki keterkaitan erat dengan sunnah, karena pelaksanaan sholat tarawih didasarkan pada ajaran dan amalan Rasulullah SAW.

Sunnah menjadi landasan utama dalam menentukan tata cara pelaksanaan sholat tarawih, termasuk jumlah rakaatnya. Rasulullah SAW menganjurkan umatnya untuk mengerjakan sholat tarawih dengan rakaat yang sedikit, di antaranya adalah 2 rakaat. Dengan demikian, niat sholat tarawih 2 rakaat sesuai dengan sunnah dan dianjurkan untuk dilaksanakan.

Dalam praktiknya, niat sholat tarawih 2 rakaat dapat diwujudkan dengan mengucapkan lafadz niat sebagai berikut: “Aku niat sholat tarawih dua rakaat karena Allah Ta’ala.” Niat ini harus diucapkan sebelum memulai sholat, tepatnya setelah takbiratul ihram. Pelaksanaan sholat tarawih dengan niat 2 rakaat sesuai sunnah akan memberikan pahala yang besar dan berkah dari Allah SWT.

Keutamaan

Keutamaan sholat tarawih dengan niat 2 rakaat tidak terlepas dari ajaran dan amalan Rasulullah SAW. Pelaksanaan sholat tarawih dengan jumlah rakaat yang sedikit sesuai dengan sunnah Nabi, sehingga memiliki keutamaan yang besar bagi umat Islam.

  • Pahala Berlipat

    Salah satu keutamaan sholat tarawih dengan niat 2 rakaat adalah pahala yang berlipat ganda. Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa mengerjakan sholat pada bulan Ramadan karena iman dan mengharap pahala, maka dosanya yang telah lalu akan diampuni.” (HR. Bukhari dan Muslim)

  • Penghapus Dosa

    Selain pahala yang berlipat, sholat tarawih dengan niat 2 rakaat juga menjadi penghapus dosa-dosa kecil. Rasulullah SAW bersabda, “Shalat lima waktu, sholat Jumat ke sholat Jumat berikutnya, dan sholat tarawih pada bulan Ramadhan menghapus dosa-dosa di antara waktu tersebut selama dosa-dosa besar dijauhi.” (HR. Muslim)

  • Mendekatkan Diri Kepada Allah

    Sholat tarawih dengan niat 2 rakaat merupakan salah satu ibadah yang dapat mendekatkan diri kepada Allah SWT. Dengan mengerjakan sholat tarawih secara ikhlas, umat Islam dapat merasakan ketenangan hati dan semakin dekat dengan Rabb-nya.

  • Memperoleh Syafaat

    Keutamaan lain dari sholat tarawih dengan niat 2 rakaat adalah memperoleh syafaat di akhirat kelak. Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa yang mengerjakan sholat tarawih pada bulan Ramadan karena iman dan mengharap pahala, maka ia akan mendapat syafaat di hari kiamat.” (HR. Ibnu Majah)

Dengan memahami keutamaan-keutamaan sholat tarawih dengan niat 2 rakaat, umat Islam dapat semakin termotivasi untuk melaksanakan ibadah ini dengan penuh keikhlasan dan kesungguhan. Keutamaan yang besar tersebut menjadi bukti akan kecintaan Rasulullah SAW kepada umatnya, sehingga memberikan kesempatan untuk memperoleh pahala, pengampunan dosa, kedekatan dengan Allah, dan syafaat di hari akhir.

Tanya Jawab Umum tentang Niat Sholat Tarawih 2 Rakaat

Tanya jawab ini akan membahas pertanyaan-pertanyaan umum seputar niat sholat tarawih 2 rakaat, termasuk pengertian, hukum, tata cara, dan keutamaannya. Dengan memahami aspek-aspek ini, diharapkan umat Islam dapat melaksanakan sholat tarawih dengan baik dan benar, sehingga memperoleh pahala yang maksimal.

Pertanyaan 1: Apa pengertian niat sholat tarawih 2 rakaat?

Jawaban: Niat sholat tarawih 2 rakaat adalah keinginan dalam hati untuk melaksanakan sholat tarawih sebanyak 2 rakaat karena Allah Ta’ala.

Pertanyaan 2: Bagaimana hukum sholat tarawih dengan niat 2 rakaat?

Jawaban: Hukum sholat tarawih dengan niat 2 rakaat adalah sunnah muakkadah, artinya sangat dianjurkan untuk dikerjakan. Sholat ini memiliki keutamaan yang besar, terutama jika dikerjakan secara berjamaah di masjid.

Pertanyaan 3: Bagaimana tata cara sholat tarawih dengan niat 2 rakaat?

Jawaban: Tata cara sholat tarawih dengan niat 2 rakaat sama dengan tata cara sholat tarawih pada umumnya, terdiri dari 2 rakaat pada setiap setnya. Setelah selesai sholat 2 rakaat, dilanjutkan dengan salam dan duduk sejenak sebelum melanjutkan set berikutnya.

Pertanyaan 4: Kapan waktu pelaksanaan sholat tarawih dengan niat 2 rakaat?

Jawaban: Waktu pelaksanaan sholat tarawih dengan niat 2 rakaat adalah pada malam hari setelah sholat Isya hingga sebelum masuk waktu sholat Subuh.

Pertanyaan 5: Apa keutamaan sholat tarawih dengan niat 2 rakaat?

Jawaban: Keutamaan sholat tarawih dengan niat 2 rakaat adalah mendapatkan pahala yang berlipat ganda, pengampunan dosa, dijauhkan dari api neraka, dan memperoleh syafaat di akhirat kelak.

Pertanyaan 6: Apakah diperbolehkan mengerjakan sholat tarawih dengan niat lebih dari 2 rakaat pada setiap setnya?

Jawaban: Ya, diperbolehkan mengerjakan sholat tarawih dengan niat lebih dari 2 rakaat pada setiap setnya, seperti 4, 6, atau 8 rakaat. Namun, Rasulullah SAW menganjurkan untuk mengerjakan sholat tarawih dengan rakaat yang sedikit, salah satunya adalah 2 rakaat.

Dengan memahami tanya jawab ini, diharapkan umat Islam dapat lebih memahami tentang niat sholat tarawih 2 rakaat dan melaksanakannya dengan baik dan benar. Pertanyaan-pertanyaan lain yang berkaitan dengan topik ini akan dibahas lebih lanjut pada artikel berikutnya.

Selanjutnya, kita akan membahas tentang hal-hal yang membatalkan sholat tarawih, sehingga umat Islam dapat menghindari hal-hal yang dapat mengurangi pahala atau bahkan membatalkan sholat tarawih yang dikerjakan.

Tips Melaksanakan Niat Sholat Tarawih 2 Rakaat

Dalam melaksanakan sholat tarawih dengan niat 2 rakaat, terdapat beberapa tips yang dapat dilakukan untuk menyempurnakan ibadah dan memperoleh pahala yang maksimal. Berikut adalah lima tips yang dapat diterapkan:

Tip 1: Niat yang Tulus
Pastikan niat sholat tarawih 2 rakaat dilakukan dengan tulus ikhlas karena Allah SWT, bukan karena tujuan duniawi atau pujian dari orang lain.

Tip 2: Menjaga Kekhusyuan
Jaga kekhusyuan dalam sholat tarawih dengan menghindari gangguan dan memusatkan pikiran pada ibadah. Nikmati setiap gerakan dan bacaan sholat.

Tip 3: Sholat Berjamaah
Utamakan sholat tarawih secara berjamaah di masjid karena memiliki keutamaan lebih besar dibandingkan sholat sendirian di rumah.

Tip 4: Perbanyak Doa
Perbanyak doa pada saat sholat tarawih, terutama pada sepertiga malam terakhir. Mohon ampunan, rezeki, dan keberkahan dari Allah SWT.

Tip 5: Istirahat yang Cukup
Pastikan istirahat yang cukup sebelum melaksanakan sholat tarawih untuk menjaga kondisi fisik dan kekhusyuan dalam beribadah.

Dengan menerapkan tips-tips ini, diharapkan umat Islam dapat melaksanakan sholat tarawih dengan niat 2 rakaat dengan baik dan benar, sehingga memperoleh pahala yang berlipat ganda, pengampunan dosa, dan keberkahan di bulan Ramadan.

Selanjutnya, kita akan membahas tentang hal-hal yang membatalkan sholat tarawih, sehingga umat Islam dapat menghindari hal-hal yang dapat mengurangi pahala atau bahkan membatalkan sholat tarawih yang dikerjakan.

Kesimpulan

Artikel ini telah memberikan pemahaman mendalam tentang “niat sholat tarawih 2 rakaat”, meliputi pengertian, hukum, tata cara, keutamaan, dan tips pelaksanaannya. Niat yang tulus, kekhusyuan dalam beribadah, dan pemahaman tentang hal-hal yang membatalkan sholat tarawih sangat penting untuk memperoleh pahala maksimal dari ibadah ini.

Beberapa poin utama yang saling terkait meliputi:

  1. Niat yang tulus dan sesuai dengan sunnah, yaitu mengerjakan sholat tarawih dengan jumlah 2 rakaat pada setiap set, akan memberikan pahala yang berlipat ganda dan ampunan dosa.
  2. Menjaga kekhusyuan dalam sholat tarawih dengan menghindari gangguan dan memusatkan pikiran pada ibadah akan meningkatkan kualitas ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.
  3. Sholat tarawih berjamaah di masjid memiliki keutamaan lebih besar dibandingkan sholat sendirian di rumah, karena dapat memperkuat ukhuwah Islamiah dan meningkatkan kekhusyuan dalam beribadah.

Dengan memahami dan mengamalkan poin-poin tersebut, umat Islam diharapkan dapat melaksanakan sholat tarawih dengan baik dan benar, sehingga memperoleh keberkahan dan ampunan di bulan Ramadhan yang penuh berkah ini.



Artikel Terkait

Bagikan:

Nur Jannah

Halo, Perkenalkan nama saya Nur. Saya adalah salah satu penulis profesional yang suka berbagi ilmu. Dengan Artikel, saya bisa berbagi dengan teman - teman. Semoga semua artikel yang telah saya buat bisa bermanfaat. Pastikan Follow iainpurwokerto.ac.id ya.. Terimakasih..

Artikel Terbaru