Pengertian Fathu Makkah

Nur Jannah


Pengertian Fathu Makkah


Pengertian Fathu Makkah adalah kemenangan kaum muslimin dalam menaklukkan kota Makkah pada tahun 8 Hijriyah.

Kemenangan ini sangat penting bagi perkembangan Islam, karena menjadi titik balik kemenangan bagi perjuangan kaum muslimin dan sekaligus menjadi simbol persatuan dan kekuatan umat Islam. Fathu Makkah juga merupakan peristiwa krusial dalam sejarah Islam yang membuka jalan bagi penyebaran Islam ke seluruh Jazirah Arab dan dunia.

Pada artikel ini, kita akan membahas secara mendalam tentang pengertian Fathu Makkah, latar belakang, proses penaklukkan, dampak, dan signifikansinya dalam sejarah Islam.

Pengertian Fathu Makkah

Pengertian Fathu Makkah merupakan aspek krusial dalam memahami peristiwa bersejarah ini. Berikut adalah 10 aspek penting yang mengeksplorasi berbagai dimensinya:

  • Latar belakang
  • Penyebab
  • Proses penaklukkan
  • Dampak
  • Signifikansi
  • Tokoh kunci
  • Hikmah
  • Relevansi masa kini
  • Sumber sejarah
  • Kontroversi

Aspek-aspek ini saling terkait dan membentuk pemahaman komprehensif tentang Fathu Makkah. Misalnya, memahami latar belakang peristiwa membantu kita menghargai motivasi dan strategi kaum muslimin. Mempelajari dampaknya menyoroti pentingnya kemenangan ini bagi perkembangan Islam. Mengetahui tokoh-tokoh kunci memberikan wawasan tentang kepemimpinan dan pengorbanan individu. Dengan mengeksplorasi aspek-aspek ini, kita memperoleh apresiasi yang lebih dalam tentang peristiwa Fathu Makkah dan relevansinya yang berkelanjutan.

Latar Belakang Fathu Makkah

Latar belakang Fathu Makkah mengacu pada serangkaian peristiwa dan faktor yang mengarah pada kemenangan kaum Muslimin dalam menaklukkan kota Makkah pada tahun 8 Hijriyah. Latar belakang ini sangat penting untuk memahami motivasi, strategi, dan dampak dari peristiwa Fathu Makkah.

Salah satu faktor utama yang melatarbelakangi Fathu Makkah adalah pelanggaran Perjanjian Hudaibiyah oleh kaum Quraisy. Dalam perjanjian tersebut, kaum Muslimin dan kaum Quraisy sepakat untuk gencatan senjata selama 10 tahun. Namun, pada tahun 6 Hijriyah, kaum Quraisy melanggar perjanjian ini dengan membantu sekutu mereka, suku Khuza’ah, menyerang suku Bani Bakar yang merupakan sekutu kaum Muslimin. Pelanggaran ini memberikan alasan bagi kaum Muslimin untuk membatalkan perjanjian dan mempersiapkan diri untuk menaklukkan Makkah.

Selain pelanggaran Perjanjian Hudaibiyah, ada beberapa faktor lain yang melatarbelakangi Fathu Makkah, di antaranya:

  • Pertumbuhan dan kekuatan kaum Muslimin setelah Perjanjian Hudaibiyah.
  • Dukungan dari kabilah-kabilah Arab yang baru masuk Islam.
  • Strategi Nabi Muhammad SAW dalam mempersiapkan pasukan dan mengatur rencana penyerangan.

Dengan memahami latar belakang Fathu Makkah, kita dapat lebih menghargai pentingnya peristiwa ini dalam sejarah Islam. Fathu Makkah bukan hanya kemenangan militer, tetapi juga merupakan kemenangan diplomatik dan spiritual yang membuka jalan bagi penyebaran Islam ke seluruh Jazirah Arab dan dunia.

Penyebab

Penyebab Fathu Makkah merujuk pada serangkaian faktor dan peristiwa yang berkontribusi pada kemenangan kaum Muslimin dalam menaklukkan kota Makkah pada tahun 8 Hijriyah. Memahami penyebab Fathu Makkah sangat penting untuk mengapresiasi dinamika kompleks yang mendasari peristiwa bersejarah ini.

Salah satu penyebab utama Fathu Makkah adalah pelanggaran Perjanjian Hudaibiyah oleh kaum Quraisy. Dalam perjanjian tersebut, kaum Muslimin dan kaum Quraisy sepakat untuk gencatan senjata selama 10 tahun. Namun, pada tahun 6 Hijriyah, kaum Quraisy melanggar perjanjian ini dengan membantu sekutu mereka, suku Khuza’ah, menyerang suku Bani Bakar yang merupakan sekutu kaum Muslimin. Pelanggaran ini memberikan alasan bagi kaum Muslimin untuk membatalkan perjanjian dan mempersiapkan diri untuk menaklukkan Makkah.

Selain pelanggaran Perjanjian Hudaibiyah, ada beberapa faktor lain yang berkontribusi pada Fathu Makkah, di antaranya:

  • Pertumbuhan dan kekuatan kaum Muslimin setelah Perjanjian Hudaibiyah.
  • Dukungan dari kabilah-kabilah Arab yang baru masuk Islam.
  • Strategi Nabi Muhammad SAW dalam mempersiapkan pasukan dan mengatur rencana penyerangan.

Dengan memahami penyebab Fathu Makkah, kita dapat lebih menghargai pentingnya peristiwa ini dalam sejarah Islam. Fathu Makkah bukan hanya kemenangan militer, tetapi juga merupakan kemenangan diplomatik dan spiritual yang membuka jalan bagi penyebaran Islam ke seluruh Jazirah Arab dan dunia.

Proses Penaklukan

Proses penaklukan merupakan bagian krusial dalam pengertian Fathu Makkah. Proses ini merujuk pada serangkaian peristiwa dan strategi yang dilakukan oleh kaum Muslimin untuk menaklukkan kota Makkah pada tahun 8 Hijriyah.

Proses penaklukan diawali dengan persiapan matang oleh Nabi Muhammad SAW. Beliau mengumpulkan pasukan yang kuat, menyusun strategi penyerangan, dan mengatur logistik dengan baik. Pada bulan Ramadan tahun 8 Hijriyah, kaum Muslimin berangkat dari Madinah menuju Makkah dengan kekuatan sekitar 10.000 pasukan.

Kaum Quraisy yang mendengar kabar tentang kedatangan kaum Muslimin bersiap untuk mempertahankan kota Makkah. Mereka mengumpulkan pasukan dan membangun parit pertahanan. Namun, kaum Muslimin berhasil menembus pertahanan kaum Quraisy dan memasuki kota Makkah dengan damai. Hal ini disebabkan karena sebagian besar penduduk Makkah telah memeluk Islam atau menyatakan netral.

Proses penaklukan Fathu Makkah memberikan dampak yang sangat besar bagi perkembangan Islam. Kemenangan ini membuktikan kekuatan dan persatuan umat Islam. Selain itu, Fathu Makkah juga membuka jalan bagi penyebaran Islam ke seluruh Jazirah Arab dan dunia.

Dampak

Dampak Fathu Makkah merupakan aspek penting dalam memahami peristiwa bersejarah ini. Fathu Makkah membawa perubahan signifikan dalam berbagai aspek, baik bagi kaum Muslimin maupun bagi perkembangan Islam secara keseluruhan.

  • Dampak Politik

    Fathu Makkah memperkuat posisi politik kaum Muslimin. Kemenangan ini menjadikan Madinah sebagai pusat kekuasaan Islam dan melemahkan pengaruh kaum Quraisy.

  • Dampak Sosial

    Fathu Makkah mempersatukan umat Islam dari berbagai kabilah dan suku. Kemenangan ini juga menghapus praktik diskriminasi dan perbudakan.

  • Dampak Ekonomi

    Fathu Makkah menjadikan Makkah sebagai pusat perdagangan dan ekonomi. Kota Makkah menjadi tempat berkumpulnya para pedagang dari berbagai penjuru dunia.

  • Dampak Keagamaan

    Fathu Makkah memperkuat kedudukan Islam sebagai agama yang diakui dan dihormati. Kemenangan ini juga membuka jalan bagi penyebaran Islam ke seluruh Jazirah Arab dan dunia.

Dampak Fathu Makkah sangat luas dan mendalam. Kemenangan ini tidak hanya mengubah peta politik Jazirah Arab, tetapi juga membentuk perkembangan Islam sebagai agama dan peradaban.

Signifikansi

Signifikansi Fathu Makkah tidak dapat dipisahkan dari pengertian Fathu Makkah itu sendiri. Fathu Makkah merupakan peristiwa penting dalam sejarah Islam yang memiliki dampak besar bagi perkembangan Islam dan peradaban dunia.

Salah satu aspek signifikansi Fathu Makkah adalah kemenangan umat Islam atas kaum Quraisy. Kemenangan ini menunjukkan kekuatan dan persatuan umat Islam, serta menjadi bukti kenabian Muhammad SAW. Selain itu, Fathu Makkah juga membuka jalan bagi penyebaran Islam ke seluruh Jazirah Arab dan dunia.

Fathu Makkah juga memiliki signifikansi spiritual bagi umat Islam. Kemenangan ini membuktikan bahwa Allah SWT senantiasa memberikan pertolongan kepada hamba-Nya yang beriman dan berjuang di jalan-Nya. Fathu Makkah juga menjadi simbol pembebasan dari penindasan dan kesyirikan, serta menjadi tonggak awal bagi berdirinya negara Islam yang kuat dan makmur.

Tokoh Kunci

Tokoh kunci dalam pengertian Fathu Makkah mengacu pada individu-individu yang memainkan peran penting dalam penaklukan kota Makkah pada tahun 8 Hijriyah. Tokoh-tokoh ini memiliki pengaruh besar dalam merencanakan, melaksanakan, dan menyukseskan peristiwa Fathu Makkah.

Salah satu tokoh kunci yang paling penting adalah Nabi Muhammad SAW. Beliau adalah pemimpin umat Islam dan panglima perang yang memimpin pasukan Muslim dalam penaklukan Makkah. Strategi dan kepemimpinan beliau sangat penting dalam keberhasilan Fathu Makkah.

Selain Nabi Muhammad SAW, terdapat beberapa tokoh kunci lainnya yang berkontribusi pada Fathu Makkah, di antaranya:

  • Khalifah Abu Bakar: Beliau adalah sahabat dekat Nabi Muhammad SAW dan khalifah pertama setelah wafatnya beliau. Abu Bakar memainkan peran penting dalam mempersiapkan pasukan dan memotivasi umat Islam untuk menaklukkan Makkah.
  • Khalifah Umar bin Khattab: Beliau adalah sahabat Nabi Muhammad SAW dan khalifah kedua setelah Abu Bakar. Umar bin Khattab dikenal karena keberanian dan kecerdikannya dalam mengatur strategi perang.
  • Khalid bin Walid: Beliau adalah salah satu panglima perang terbaik dalam sejarah Islam. Khalid bin Walid memimpin pasukan Muslim dalam beberapa pertempuran penting dalam penaklukan Makkah.

Tokoh-tokoh kunci ini memainkan peran penting dalam Fathu Makkah. Kepemimpinan, strategi, dan keberanian mereka berkontribusi pada kemenangan umat Islam dan keberhasilan penaklukan kota Makkah.

Hikmah

Hikmah merupakan salah satu aspek penting dalam pengertian Fathu Makkah. Hikmah adalah kebijaksanaan atau pelajaran yang dapat dipetik dari suatu peristiwa. Dalam konteks Fathu Makkah, hikmah memiliki peran penting dalam membentuk makna dan dampak dari peristiwa tersebut.

Salah satu hikmah utama dari Fathu Makkah adalah pentingnya kesabaran dan ketekunan dalam menghadapi kesulitan. Perjalanan kaum Muslimin menuju kemenangan di Makkah tidaklah mudah. Mereka menghadapi banyak tantangan dan rintangan, termasuk penganiayaan, penindasan, dan peperangan. Namun, kaum Muslimin tetap bersabar dan tekun dalam perjuangan mereka, dan pada akhirnya mereka berhasil menaklukkan Makkah.

Hikmah lainnya dari Fathu Makkah adalah pentingnya persatuan dan persaudaraan. Kemenangan kaum Muslimin di Makkah tidak hanya merupakan kemenangan militer, tetapi juga kemenangan spiritual. Fathu Makkah mempersatukan umat Islam dari berbagai kabilah dan suku, dan menciptakan rasa persaudaraan yang kuat di antara mereka.

Fathu Makkah juga mengajarkan pentingnya pengampunan dan rekonsiliasi. Setelah menaklukkan Makkah, Nabi Muhammad SAW tidak membalas dendam kepada kaum Quraisy yang pernah menganiaya kaum Muslimin. Beliau justru mengampuni mereka dan mengajak mereka untuk masuk Islam. Sikap pengampunan dan rekonsiliasi ini menunjukkan bahwa Islam adalah agama yang mengajarkan kedamaian dan kasih sayang.

Hikmah-hikmah dari Fathu Makkah memiliki relevansi yang besar bagi kehidupan kita saat ini. Hikmah-hikmah ini mengajarkan kita pentingnya kesabaran, ketekunan, persatuan, pengampunan, dan rekonsiliasi. Dengan merenungkan hikmah-hikmah ini, kita dapat mengambil pelajaran berharga untuk diterapkan dalam kehidupan kita sendiri.

Relevansi Masa Kini

Relevansi Fathu Makkah di masa sekarang sangatlah penting untuk dipahami. Peristiwa ini memberikan banyak pelajaran berharga yang masih relevan dengan kehidupan kita saat ini.

  • Toleransi dan Keberagaman
    Fathu Makkah mengajarkan pentingnya toleransi dan keberagaman. Nabi Muhammad SAW tidak membalas dendam kepada kaum Quraisy yang pernah menganiaya kaum Muslimin. Beliau justru mengampuni mereka dan mengajak mereka untuk masuk Islam. Sikap toleransi dan keberagaman ini sangat penting di masa sekarang, di mana perbedaan seringkali menjadi sumber konflik.
  • Persatuan dan Kesatuan
    Fathu Makkah juga mengajarkan pentingnya persatuan dan kesatuan. Kemenangan kaum Muslimin di Makkah tidak hanya merupakan kemenangan militer, tetapi juga kemenangan spiritual. Fathu Makkah mempersatukan umat Islam dari berbagai kabilah dan suku, dan menciptakan rasa persaudaraan yang kuat di antara mereka. Persatuan dan kesatuan ini sangat penting di masa sekarang, di mana perpecahan dan konflik sering terjadi.
  • Keberanian dan Keteguhan
    Fathu Makkah juga mengajarkan pentingnya keberanian dan keteguhan. Perjalanan kaum Muslimin menuju kemenangan di Makkah tidaklah mudah. Mereka menghadapi banyak tantangan dan rintangan, termasuk penganiayaan, penindasan, dan peperangan. Namun, kaum Muslimin tetap berani dan teguh dalam perjuangan mereka. Keberanian dan keteguhan ini sangat penting di masa sekarang, di mana banyak orang menghadapi kesulitan dan tantangan.
  • Keadilan dan Perdamaian
    Fathu Makkah juga mengajarkan pentingnya keadilan dan perdamaian. Nabi Muhammad SAW tidak hanya membebaskan Makkah dari penindasan, tetapi juga menegakkan keadilan dan perdamaian di kota tersebut. Beliau menghapuskan praktik-praktik yang tidak adil dan menindas, dan menciptakan masyarakat yang damai dan harmonis. Keadilan dan perdamaian ini sangat penting di masa sekarang, di mana ketidakadilan dan konflik masih banyak terjadi.

Relevansi Fathu Makkah di masa sekarang sangatlah jelas. Peristiwa ini mengajarkan banyak pelajaran berharga yang masih relevan dengan kehidupan kita saat ini. Pelajaran-pelajaran ini dapat membantu kita membangun masyarakat yang lebih baik, adil, dan damai.

Sumber Sejarah

Sumber sejarah merupakan komponen penting dalam memahami pengertian Fathu Makkah. Sumber sejarah menyediakan informasi dan bukti mengenai peristiwa sejarah, termasuk Fathu Makkah. Tanpa sumber sejarah, kita tidak akan dapat mengetahui secara pasti apa yang terjadi pada saat itu.

Ada berbagai jenis sumber sejarah yang dapat digunakan untuk mempelajari Fathu Makkah. Sumber-sumber ini meliputi:

  • Sumber tertulis, seperti kitab sejarah, catatan perjalanan, dan dokumen resmi.
  • Sumber lisan, seperti tradisi lisan dan kesaksian para saksi mata.
  • Sumber arkeologi, seperti reruntuhan bangunan, artefak, dan prasasti.

Sumber-sumber sejarah ini memberikan informasi yang berharga tentang Fathu Makkah. Misalnya, sumber tertulis memberikan catatan tentang peristiwa-peristiwa yang terjadi sebelum, selama, dan setelah Fathu Makkah. Sumber lisan memberikan informasi tentang pengalaman pribadi para saksi mata, yang dapat memberikan wawasan tentang dampak Fathu Makkah terhadap individu dan masyarakat. Sumber arkeologi memberikan bukti material tentang kehidupan dan budaya masyarakat Makkah pada masa Fathu Makkah.

Dengan mengkaji berbagai sumber sejarah, kita dapat memperoleh pemahaman yang lebih komprehensif tentang pengertian Fathu Makkah. Sumber-sumber ini membantu kita memahami penyebab dan dampak Fathu Makkah, serta memberikan wawasan tentang kehidupan dan budaya masyarakat Makkah pada masa itu.

Kontroversi

Kontroversi merupakan bagian tak terpisahkan dari pengertian Fathu Makkah. Peristiwa penting dalam sejarah Islam ini telah menjadi subyek perdebatan dan kontroversi selama berabad-abad. Salah satu kontroversi utama seputar Fathu Makkah adalah mengenai sifat penaklukan itu sendiri. Beberapa pihak berpendapat bahwa Fathu Makkah adalah sebuah penaklukan militer, sementara pihak lain berpendapat bahwa itu adalah sebuah pembebasan.

Kontroversi ini disebabkan oleh adanya perbedaan pandangan tentang sifat misi Nabi Muhammad SAW. Beberapa pihak berpendapat bahwa Nabi Muhammad SAW datang sebagai seorang pemimpin agama yang ingin menyebarkan Islam dengan damai. Pihak lain berpendapat bahwa Nabi Muhammad SAW juga seorang pemimpin politik dan militer yang ingin menaklukkan dan menguasai wilayah.

Perdebatan tentang Fathu Makkah telah melahirkan sejumlah implikasi praktis. Misalnya, pandangan bahwa Fathu Makkah adalah sebuah penaklukan militer telah digunakan untuk membenarkan penggunaan kekerasan dalam penyebaran Islam. Sebaliknya, pandangan bahwa Fathu Makkah adalah sebuah pembebasan telah digunakan untuk mempromosikan toleransi dan koeksistensi antar umat beragama.

Pada akhirnya, kontroversi seputar Fathu Makkah mencerminkan kompleksitas peristiwa itu sendiri. Fathu Makkah adalah sebuah peristiwa yang memiliki aspek militer, politik, dan agama. Dengan memahami kontroversi seputar Fathu Makkah, kita dapat memperoleh pemahaman yang lebih komprehensif dan bernuansa tentang peristiwa penting ini.

Pertanyaan Umum tentang Pengertian Fathu Makkah

Bagian ini berisi beberapa pertanyaan umum dan jawabannya untuk memberikan pemahaman yang lebih komprehensif tentang pengertian Fathu Makkah.

Pertanyaan 1: Apa pengertian Fathu Makkah?

Jawaban: Fathu Makkah adalah peristiwa penaklukan kota Makkah oleh kaum Muslimin pada tahun 8 Hijriyah, yang dipimpin oleh Nabi Muhammad SAW.

Pertanyaan 2: Apa latar belakang Fathu Makkah?

Jawaban: Latar belakang Fathu Makkah antara lain pelanggaran Perjanjian Hudaibiyah oleh kaum Quraisy, pertumbuhan dan kekuatan kaum Muslimin, dan dukungan dari kabilah-kabilah Arab yang baru masuk Islam.

Pertanyaan 3: Bagaimana proses penaklukan Fathu Makkah?

Jawaban: Proses penaklukan Fathu Makkah diawali dengan persiapan matang oleh Nabi Muhammad SAW, kemudian kaum Muslimin berangkat dari Madinah menuju Makkah dan berhasil memasuki kota Makkah dengan damai.

Pertanyaan 4: Apa saja dampak Fathu Makkah?

Jawaban: Dampak Fathu Makkah antara lain memperkuat posisi politik kaum Muslimin, mempersatukan umat Islam, menjadikan Makkah sebagai pusat perdagangan dan ekonomi, serta memperkuat kedudukan Islam sebagai agama yang diakui.

Pertanyaan 5: Siapa saja tokoh kunci dalam Fathu Makkah?

Jawaban: Tokoh kunci dalam Fathu Makkah antara lain Nabi Muhammad SAW, Abu Bakar, Umar bin Khattab, dan Khalid bin Walid.

Pertanyaan 6: Apa relevansi Fathu Makkah di masa sekarang?

Jawaban: Fathu Makkah masih relevan di masa sekarang karena mengajarkan nilai-nilai penting seperti toleransi, persatuan, keberanian, keadilan, dan perdamaian.

Pertanyaan dan jawaban umum ini memberikan gambaran komprehensif tentang pengertian Fathu Makkah dan signifikansinya dalam sejarah Islam dan kehidupan modern.

Selanjutnya, kita akan membahas lebih dalam tentang latar belakang Fathu Makkah dan faktor-faktor yang menyebabkan peristiwa penting ini.

Tips Memahami Pengertian Fathu Makkah

Bagian ini menyajikan beberapa tips untuk membantu Anda memahami pengertian Fathu Makkah secara lebih mendalam.

Tip 1: Pelajari Latar Belakang Sejarah

Pahami peristiwa-peristiwa yang mengarah pada Fathu Makkah, seperti pelanggaran Perjanjian Hudaibiyah dan pertumbuhan kekuatan kaum Muslimin.

Tip 2: Kaji Sumber-sumber Primer

Baca sumber-sumber sejarah, seperti kitab sejarah dan catatan perjalanan, untuk mendapatkan informasi langsung tentang peristiwa Fathu Makkah.

Tip 3: Analisis Tokoh-Tokoh Kunci

Pelajari peran dan kontribusi tokoh-tokoh penting dalam Fathu Makkah, seperti Nabi Muhammad SAW, Abu Bakar, dan Khalid bin Walid.

Tip 4: Perhatikan Dampak dan Signifikansi

Jelajahi dampak jangka pendek dan jangka panjang dari Fathu Makkah, serta signifikansi peristiwa ini bagi perkembangan Islam dan sejarah dunia.

Tip 5: Cari Perspektif Berbeda

Baca berbagai sumber dan perspektif untuk mendapatkan pemahaman yang komprehensif tentang Fathu Makkah, termasuk pandangan dari sejarawan dan cendekiawan.

Kesimpulan

Dengan mengikuti tips ini, Anda dapat memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang pengertian Fathu Makkah dan dampaknya yang luas dalam sejarah Islam dan dunia.

Bagian selanjutnya dari artikel ini akan membahas secara mendalam tentang latar belakang Fathu Makkah, yang merupakan faktor penting untuk memahami peristiwa bersejarah ini.

Kesimpulan

Pemahaman yang komprehensif tentang pengertian Fathu Makkah sangat penting untuk memahami sejarah Islam dan perkembangan dunia. Artikel ini telah mengeksplorasi berbagai aspek Fathu Makkah, termasuk latar belakang, penyebab, proses penaklukan, dampak, dan signifikansinya.

Beberapa poin utama yang saling terkait dari artikel ini meliputi: Pelanggaran Perjanjian Hudaibiyah dan pertumbuhan kekuatan kaum Muslimin merupakan faktor penting yang menyebabkan Fathu Makkah. Fathu Makkah merupakan kemenangan militer dan spiritual yang membuka jalan bagi penyebaran Islam ke seluruh Jazirah Arab dan dunia. * Fathu Makkah mengajarkan nilai-nilai penting seperti toleransi, persatuan, keberanian, keadilan, dan perdamaian, yang masih relevan hingga saat ini.

Fathu Makkah adalah peristiwa monumental dalam sejarah manusia yang terus menginspirasi dan membentuk dunia kita hingga saat ini. Memahami pengertian Fathu Makkah memungkinkan kita untuk menghargai perjuangan dan pengorbanan para pendahulu kita, serta menerapkan nilai-nilai abadi yang mereka contohkan dalam kehidupan kita sendiri.



Artikel Terkait

Bagikan:

Nur Jannah

Halo, Perkenalkan nama saya Nur. Saya adalah salah satu penulis profesional yang suka berbagi ilmu. Dengan Artikel, saya bisa berbagi dengan teman - teman. Semoga semua artikel yang telah saya buat bisa bermanfaat. Pastikan Follow iainpurwokerto.ac.id ya.. Terimakasih..

Artikel Terbaru