Panduan Shalat Tarawih 4 Rakaat Salam Lengkap

Nur Jannah


Panduan Shalat Tarawih 4 Rakaat Salam Lengkap

Shalat tarawih 4 rakaat salam merupakan salah satu ibadah sunnah yang dilakukan pada bulan Ramadan. Shalat ini terdiri dari 8 rakaat yang dikerjakan secara berjamaah di masjid atau mushola. Setiap 2 rakaat diakhiri dengan salam, sehingga dinamakan shalat tarawih 4 rakaat salam.

Shalat tarawih memiliki banyak keutamaan, di antaranya dapat menghapus dosa, meningkatkan pahala, dan mendekatkan diri kepada Allah SWT. Selain itu, shalat tarawih juga memiliki sejarah panjang dalam perkembangan Islam. Pada masa Rasulullah SAW, shalat tarawih dilakukan secara berjamaah di Masjid Nabawi dan dipimpin langsung oleh Rasulullah SAW.

Shalat tarawih merupakan ibadah yang sangat dianjurkan untuk dikerjakan pada bulan Ramadan. Oleh karena itu, umat Islam sebaiknya tidak melewatkan kesempatan untuk melaksanakan shalat sunnah ini guna meraih keutamaan dan pahala yang berlimpah.

Shalat Tarawih 4 Rakaat Salam

Shalat tarawih 4 rakaat salam merupakan ibadah sunnah yang memiliki banyak keutamaan. Untuk dapat melaksanakan shalat tarawih dengan baik dan benar, ada beberapa aspek penting yang perlu diperhatikan, antara lain:

  • Waktu Pelaksanaan: Dilaksanakan pada bulan Ramadan, setelah shalat isya.
  • Jumlah Rakaat: 8 rakaat, dikerjakan secara berjamaah.
  • Tata Cara Pelaksanaan: Setiap 2 rakaat diakhiri dengan salam.
  • Niat: Niat melaksanakan shalat tarawih 4 rakaat salam.
  • Doa Qunut: Dibaca pada rakaat terakhir.
  • Keutamaan: Menghapus dosa, meningkatkan pahala, mendekatkan diri kepada Allah SWT.
  • Sejarah: Dilakukan secara berjamaah pada masa Rasulullah SAW di Masjid Nabawi.
  • Sunnah Muakkad: Sangat dianjurkan untuk dikerjakan.
  • Pahala Berlimpah: Bagi yang melaksanakan shalat tarawih akan mendapatkan pahala yang berlimpah.
  • Keistimewaan Bulan Ramadan: Shalat tarawih merupakan ibadah yang istimewa karena hanya dilaksanakan pada bulan Ramadan.

Dengan memperhatikan aspek-aspek penting tersebut, diharapkan umat Islam dapat melaksanakan shalat tarawih 4 rakaat salam dengan baik dan benar, sehingga dapat memperoleh keutamaan dan pahala yang berlimpah.

Waktu Pelaksanaan

Waktu pelaksanaan shalat tarawih 4 rakaat salam merupakan salah satu aspek penting yang perlu diperhatikan. Shalat tarawih dilaksanakan pada bulan Ramadan, setelah shalat isya. Hal ini berdasarkan pada sunnah Rasulullah SAW yang selalu melaksanakan shalat tarawih setelah shalat isya.

  • Waktu Setelah Isya

    Shalat tarawih dilaksanakan setelah shalat isya, yaitu setelah waktu shalat isya berakhir. Waktu isya sendiri dimulai ketika matahari terbenam dan berakhir ketika fajar menyingsing.

  • Bulan Ramadan

    Shalat tarawih hanya dilaksanakan pada bulan Ramadan. Bulan Ramadan merupakan bulan yang penuh berkah dan ampunan, sehingga sangat dianjurkan untuk memperbanyak ibadah pada bulan ini, termasuk shalat tarawih.

  • Sunnah Rasulullah SAW

    Pelaksanaan shalat tarawih setelah shalat isya sesuai dengan sunnah Rasulullah SAW. Rasulullah SAW selalu melaksanakan shalat tarawih setelah shalat isya, baik secara berjamaah maupun sendirian.

  • Keutamaan

    Shalat tarawih yang dilaksanakan pada waktu yang tepat, yaitu setelah shalat isya pada bulan Ramadan, memiliki keutamaan yang besar. Pahala yang diperoleh akan lebih besar dibandingkan dengan shalat tarawih yang dilaksanakan pada waktu selain setelah isya.

Dengan memahami waktu pelaksanaan shalat tarawih 4 rakaat salam dengan baik, diharapkan umat Islam dapat melaksanakan ibadah ini sesuai dengan tuntunan Rasulullah SAW dan memperoleh keutamaan yang besar.

Jumlah Rakaat

Jumlah rakaat dan cara pelaksanaan shalat tarawih 4 rakaat salam merupakan aspek penting yang perlu diperhatikan. Shalat tarawih 4 rakaat salam terdiri dari 8 rakaat yang dikerjakan secara berjamaah. Berikut adalah penjelasan mengenai jumlah rakaat dan cara pelaksanaan shalat tarawih 4 rakaat salam:

  • Jumlah Rakaat

    Shalat tarawih 4 rakaat salam terdiri dari 8 rakaat. Setiap 2 rakaat diakhiri dengan salam, sehingga dinamakan shalat tarawih 4 rakaat salam. Jumlah rakaat ini sesuai dengan sunnah Rasulullah SAW.

  • Dikerjakan Secara Berjamaah

    Shalat tarawih 4 rakaat salam dikerjakan secara berjamaah di masjid atau mushola. Pelaksanaan shalat tarawih secara berjamaah sesuai dengan sunnah Rasulullah SAW dan memiliki keutamaan yang lebih besar dibandingkan dengan shalat tarawih yang dikerjakan sendirian.

Dengan memahami jumlah rakaat dan cara pelaksanaan shalat tarawih 4 rakaat salam dengan baik, diharapkan umat Islam dapat melaksanakan ibadah ini sesuai dengan tuntunan Rasulullah SAW dan memperoleh keutamaan yang besar.

Tata Cara Pelaksanaan

Dalam shalat tarawih 4 rakaat salam, terdapat tata cara pelaksanaan yang khas, yaitu setiap 2 rakaat diakhiri dengan salam. Tata cara ini memiliki beberapa aspek penting yang perlu diperhatikan.

  • Salam Setiap 2 Rakaat

    Shalat tarawih 4 rakaat salam dilaksanakan dalam 8 rakaat. Setiap 2 rakaat diakhiri dengan salam, sehingga dinamakan shalat tarawih 4 rakaat salam. Salam dilakukan dengan mengucapkan “Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh” sambil membalikkan badan ke kanan dan ke kiri.

  • Duduk Tasyahud Awal

    Setelah setiap 2 rakaat, dilakukan duduk tasyahud awal sebelum salam. Duduk tasyahud awal dilakukan dengan duduk iftirasy, yaitu duduk di atas kaki kiri sementara kaki kanan ditegakkan. Pada saat duduk tasyahud awal, dibaca doa tasyahud awal.

  • Shalawat Nabi

    Setelah membaca doa tasyahud awal, dilanjutkan dengan membaca shalawat nabi. Shalawat nabi yang dibaca adalah “Allahumma shalli ‘ala Muhammad wa ‘ala ali Muhammad.” Shalawat nabi dibaca sebanyak 3 kali.

  • Doa Setelah Shalawat

    Setelah membaca shalawat nabi, dilanjutkan dengan membaca doa setelah shalawat. Doa setelah shalawat dibaca sebanyak 1 kali. Doa setelah shalawat dapat dibaca sesuai dengan doa yang biasa dibaca setelah shalat fardhu.

Dengan memahami tata cara pelaksanaan shalat tarawih 4 rakaat salam dengan baik, diharapkan umat Islam dapat melaksanakan ibadah ini sesuai dengan tuntunan Rasulullah SAW dan memperoleh keutamaan yang besar.

Niat

Dalam melaksanakan ibadah shalat tarawih 4 rakaat salam, niat memegang peranan yang sangat penting. Niat merupakan salah satu rukun shalat yang harus dipenuhi agar shalat menjadi sah. Niat melaksanakan shalat tarawih 4 rakaat salam memiliki beberapa aspek penting yang perlu dipahami.

  • Lafadz Niat

    Lafadz niat shalat tarawih 4 rakaat salam adalah sebagai berikut: “Ushalli sunnatal tarawih arba’a raka’atin lillahi ta’ala.” Niat ini dibaca dalam hati sebelum memulai shalat.

  • Waktu Niat

    Niat shalat tarawih 4 rakaat salam dilakukan pada saat takbiratul ihram. Takbiratul ihram adalah bacaan “Allahu akbar” yang diucapkan pada awal shalat.

  • Ikhlas

    Niat shalat tarawih 4 rakaat salam harus dilandasi dengan ikhlas karena Allah SWT. Ikhlas berarti bahwa shalat dilakukan semata-mata untuk mencari ridha Allah SWT, bukan karena tujuan duniawi.

  • Niat Sesuai dengan Jumlah Rakaat

    Niat shalat tarawih 4 rakaat salam harus sesuai dengan jumlah rakaat yang akan dikerjakan, yaitu 8 rakaat. Jika niat tidak sesuai dengan jumlah rakaat, maka shalat menjadi tidak sah.

Dengan memahami aspek-aspek penting niat dalam shalat tarawih 4 rakaat salam, diharapkan umat Islam dapat melaksanakan ibadah ini dengan baik dan benar, sehingga dapat memperoleh keutamaan dan pahala yang berlimpah.

Doa Qunut

Doa qunut merupakan salah satu amalan yang dianjurkan dalam shalat tarawih 4 rakaat salam. Doa qunut dibaca pada rakaat terakhir, yaitu pada rakaat ke-8 setelah i’tidal dari ruku’. Doa qunut memiliki beberapa keutamaan, antara lain dapat mengangkat derajat, menghapus dosa, dan dikabulkan permintaannya oleh Allah SWT.

Membaca doa qunut pada shalat tarawih 4 rakaat salam memiliki beberapa manfaat. Pertama, dapat menambah kekhusyukan dalam shalat. Kedua, dapat mempererat hubungan dengan Allah SWT. Ketiga, dapat menjadi sarana untuk memohon ampunan dan pertolongan kepada Allah SWT.

Dalam praktiknya, doa qunut dibaca setelah i’tidal dari ruku’ pada rakaat terakhir shalat tarawih. Doa qunut dapat dibaca dengan lafadz yang berbeda-beda, tergantung pada mazhab atau kebiasaan masing-masing. Namun, secara umum, doa qunut berisi pujian kepada Allah SWT, permohonan ampunan, dan doa-doa lainnya.

Dengan memahami keutamaan dan manfaat membaca doa qunut pada shalat tarawih 4 rakaat salam, diharapkan umat Islam dapat melaksanakan ibadah ini dengan lebih baik dan khusyuk. Membaca doa qunut dapat menjadi sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dan memohon ampunan serta pertolongan-Nya.

Keutamaan

Shalat tarawih 4 rakaat salam merupakan ibadah sunnah yang memiliki banyak keutamaan. Keutamaan-keutamaan tersebut antara lain dapat menghapus dosa, meningkatkan pahala, dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Keutamaan-keutamaan tersebut diperoleh karena shalat tarawih 4 rakaat salam merupakan ibadah yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Rasulullah SAW bersabda, “Barang siapa yang melaksanakan shalat tarawih pada bulan Ramadan karena iman dan mengharap pahala dari Allah SWT, maka akan diampuni dosanya yang telah lalu.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Selain itu, shalat tarawih 4 rakaat salam juga merupakan ibadah yang sangat bermanfaat bagi peningkatan kualitas spiritual seseorang. Melalui shalat tarawih, seseorang dapat menjalin hubungan yang lebih dekat dengan Allah SWT. Hal ini karena shalat tarawih merupakan ibadah yang dilakukan pada waktu malam, yaitu waktu yang sangat tepat untuk bermunajat dan memohon ampunan kepada Allah SWT.

Dengan memahami keutamaan-keutamaan shalat tarawih 4 rakaat salam, diharapkan umat Islam dapat lebih termotivasi untuk melaksanakan ibadah ini pada bulan Ramadan. Shalat tarawih merupakan ibadah yang sangat baik untuk menghapus dosa, meningkatkan pahala, dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Sejarah

Pelaksanaan shalat tarawih 4 rakaat salam secara berjamaah pada masa Rasulullah SAW di Masjid Nabawi memiliki hubungan yang sangat erat dengan bentuk shalat tarawih yang kita kenal sekarang ini. Shalat tarawih pada awalnya dilakukan secara berjamaah oleh Rasulullah SAW pada bulan Ramadan di Masjid Nabawi. Pada masa itu, shalat tarawih dilaksanakan sebanyak 8 rakaat dengan 4 salam, sesuai dengan yang dilakukan oleh Rasulullah SAW.

Pelaksanaan shalat tarawih secara berjamaah pada masa Rasulullah SAW ini kemudian menjadi tradisi yang diikuti oleh umat Islam di seluruh dunia. Shalat tarawih 4 rakaat salam yang kita laksanakan pada bulan Ramadan saat ini merupakan warisan dari shalat tarawih yang dilakukan oleh Rasulullah SAW di Masjid Nabawi. Oleh karena itu, memahami sejarah shalat tarawih sangat penting untuk memahami makna dan keutamaan ibadah ini.

Contoh nyata dari hubungan antara sejarah shalat tarawih dan pelaksanaan shalat tarawih 4 rakaat salam adalah jumlah rakaat dan salam. Shalat tarawih pada masa Rasulullah SAW dilaksanakan sebanyak 8 rakaat dengan 4 salam, dan bentuk shalat tarawih inilah yang kemudian menjadi dasar dari pelaksanaan shalat tarawih 4 rakaat salam yang kita lakukan sekarang ini.

Sunnah Muakkad

Shalat tarawih 4 rakaat salam termasuk dalam kategori sunnah muakkad, yaitu ibadah sunnah yang sangat dianjurkan untuk dikerjakan. Kedudukan shalat tarawih sebagai sunnah muakkad didasarkan pada beberapa faktor, di antaranya:

  1. Hadits dari Aisyah ra. yang menyatakan bahwa Rasulullah SAW selalu mengerjakan shalat tarawih di bulan Ramadan, baik secara berjamaah maupun sendirian.
  2. Shalat tarawih merupakan salah satu bentuk ibadah yang dapat mendekatkan diri kepada Allah SWT dan mendapatkan pahala yang berlimpah.
  3. Shalat tarawih memberikan kesempatan bagi umat Islam untuk meningkatkan kualitas ibadahnya pada bulan Ramadan.

Dengan demikian, sangat dianjurkan bagi umat Islam untuk mengerjakan shalat tarawih 4 rakaat salam pada bulan Ramadan. Shalat tarawih dapat dikerjakan secara berjamaah di masjid atau mushola, maupun secara sendiri-sendiri di rumah.

Contoh nyata dari penerapan sunnah muakkad dalam shalat tarawih 4 rakaat salam adalah pelaksanaan shalat tarawih secara berjamaah di masjid-masjid. Pelaksanaan shalat tarawih secara berjamaah sesuai dengan sunnah Rasulullah SAW dan memiliki keutamaan yang lebih besar dibandingkan dengan shalat tarawih yang dikerjakan sendiri-sendiri.

Dengan memahami sunnah muakkad dalam shalat tarawih 4 rakaat salam, umat Islam dapat meningkatkan kualitas ibadahnya dan mendapatkan pahala yang berlimpah pada bulan Ramadan. Shalat tarawih merupakan sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dan meningkatkan ketakwaan kepada-Nya.

Pahala Berlimpah

Shalat tarawih 4 rakaat salam merupakan ibadah sunnah yang sangat dianjurkan untuk dikerjakan pada bulan Ramadan. Salah satu keutamaan shalat tarawih adalah pahalanya yang berlimpah. Bagi yang melaksanakan shalat tarawih dengan ikhlas karena Allah SWT, akan mendapatkan pahala yang sangat besar.

  • Penghapus Dosa

    Salah satu pahala yang dapat diperoleh dari shalat tarawih adalah penghapusan dosa-dosa. Rasulullah SAW bersabda, “Barang siapa yang melaksanakan shalat tarawih pada bulan Ramadan karena iman dan mengharap pahala dari Allah SWT, maka akan diampuni dosanya yang telah lalu.” (HR. Bukhari dan Muslim)

  • Peningkatan Derajat

    Selain menghapus dosa, shalat tarawih juga dapat meningkatkan derajat seseorang di sisi Allah SWT. Rasulullah SAW bersabda, “Shalat tarawih adalah salah satu amalan yang dapat mengangkat derajat seseorang di surga.” (HR. Tirmidzi)

  • Pahala Sunnah Muakkad

    Shalat tarawih termasuk dalam kategori sunnah muakkad, yaitu ibadah sunnah yang sangat dianjurkan untuk dikerjakan. Pahala yang diperoleh dari shalat sunnah muakkad lebih besar dibandingkan dengan pahala ibadah sunnah biasa.

  • Kedekatan dengan Allah SWT

    Shalat tarawih merupakan ibadah yang dapat mendekatkan diri kepada Allah SWT. Melalui shalat tarawih, seseorang dapat menjalin hubungan yang lebih dekat dengan Allah SWT dan memohon ampunan serta pertolongan-Nya.

Dengan memahami keutamaan dan pahala yang berlimpah dari shalat tarawih, diharapkan umat Islam dapat lebih termotivasi untuk melaksanakan ibadah ini pada bulan Ramadan. Shalat tarawih merupakan salah satu ibadah yang sangat bermanfaat untuk meningkatkan kualitas spiritual dan memperoleh pahala yang berlimpah dari Allah SWT.

Keistimewaan Bulan Ramadan

Bulan Ramadan merupakan bulan yang penuh berkah dan ampunan. Salah satu ibadah yang istimewa yang hanya dilaksanakan pada bulan Ramadan adalah shalat tarawih. Shalat tarawih merupakan ibadah sunnah yang sangat dianjurkan untuk dikerjakan karena memiliki banyak keutamaan dan pahala yang berlimpah.

Shalat tarawih 4 rakaat salam merupakan salah satu bentuk pelaksanaan shalat tarawih yang umum dilakukan. Shalat tarawih 4 rakaat salam terdiri dari 8 rakaat yang dikerjakan secara berjamaah, dengan setiap 2 rakaat diakhiri dengan salam. Pelaksanaan shalat tarawih 4 rakaat salam sesuai dengan sunnah Rasulullah SAW dan memiliki keutamaan yang lebih besar dibandingkan dengan shalat tarawih yang dikerjakan sendiri-sendiri.

Keistimewaan shalat tarawih yang hanya dilaksanakan pada bulan Ramadan menjadikannya sebagai ibadah yang sangat dinantikan oleh umat Islam. Pada bulan Ramadan, umat Islam berlomba-lomba untuk melaksanakan shalat tarawih di masjid-masjid atau mushola-mushola. Kehadiran umat Islam dalam shalat tarawih menunjukkan keimanan dan ketakwaan mereka kepada Allah SWT.

Dengan memahami keistimewaan shalat tarawih yang hanya dilaksanakan pada bulan Ramadan, diharapkan umat Islam dapat lebih termotivasi untuk melaksanakan ibadah ini pada bulan yang penuh berkah ini. Shalat tarawih merupakan sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT, menghapus dosa-dosa, dan meningkatkan kualitas spiritual.

Pertanyaan yang Sering Diajukan tentang Shalat Tarawih 4 Rakaat Salam

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan tentang shalat tarawih 4 rakaat salam, beserta jawabannya:

Pertanyaan 1: Apa itu shalat tarawih 4 rakaat salam?

Jawaban: Shalat tarawih 4 rakaat salam adalah shalat sunnah yang terdiri dari 8 rakaat, dengan setiap 2 rakaat diakhiri dengan salam. Shalat ini biasanya dilaksanakan secara berjamaah di masjid atau mushola pada bulan Ramadan.

Pertanyaan 2: Apa shalat tarawih 4 rakaat salam?

Jawaban: Shalat tarawih 4 rakaat salam memiliki banyak , di antaranya dapat menghapus dosa, meningkatkan pahala, dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Pertanyaan 3: Bagaimana tata cara melaksanakan shalat tarawih 4 rakaat salam?

Jawaban: Tata cara pelaksanaan shalat tarawih 4 rakaat salam adalah sebagai berikut:

  1. Niat shalat tarawih 4 rakaat salam.
  2. Takbiratul ihram.
  3. Membaca surah Al-Fatihah dan surat pendek.
  4. Ruku.
  5. I’tidal.
  6. Sujud.
  7. Duduk di antara dua sujud.
  8. Sujud kedua.
  9. Duduk tasyahud akhir.
  10. Salam.

Pertanyaan 4: Bolehkah shalat tarawih 4 rakaat salam dikerjakan sendiri-sendiri?

Jawaban: Boleh, namun lebih utama dikerjakan secara berjamaah.

Pertanyaan 5: Apakah ada doa khusus yang dibaca saat shalat tarawih 4 rakaat salam?

Jawaban: Ada, yaitu doa qunut pada rakaat terakhir.

Pertanyaan 6: Bisakah shalat tarawih 4 rakaat salam dikerjakan di luar bulan Ramadan?

Jawaban: Tidak, shalat tarawih 4 rakaat salam hanya dikerjakan pada bulan Ramadan.

Demikianlah beberapa pertanyaan yang sering diajukan tentang shalat tarawih 4 rakaat salam. Semoga dapat memberikan pemahaman yang lebih baik tentang ibadah ini.

Selanjutnya, kita akan membahas tentang tata cara shalat tarawih 4 rakaat salam secara lebih rinci.

Tips Melaksanakan Shalat Tarawih 4 Rakaat Salam

Shalat tarawih 4 rakaat salam merupakan ibadah sunnah yang sangat dianjurkan pada bulan Ramadan. Untuk mendapatkan manfaat dan keutamaan shalat tarawih secara optimal, berikut adalah beberapa tips yang dapat diterapkan:

Tip 1: Niat yang Kuat
Niatkan shalat tarawih 4 rakaat salam semata-mata karena Allah SWT, dengan mengharap pahala dan ampunan-Nya.

Tip 2: Berjamaah di Masjid
Utamakan shalat tarawih secara berjamaah di masjid, karena memiliki keutamaan yang lebih besar dibandingkan shalat sendiri-sendiri.

Tip 3: Khusyuk dan Tenang
Laksanakan shalat tarawih dengan khusyuk, tenang, dan tidak tergesa-gesa. Nikmati setiap gerakan dan bacaan shalat.

Tip 4: Membaca Doa Qunut
Bacalah doa qunut pada rakaat terakhir shalat tarawih, sebagai bentuk doa dan permohonan kepada Allah SWT.

Tip 5: Perbanyak Zikir dan Doa
Perbanyak zikir dan doa di sela-sela shalat tarawih, terutama memohon ampunan dan pertolongan dari Allah SWT.

Tip 6: Menjaga Kekonsistenan
Usahakan untuk melaksanakan shalat tarawih 4 rakaat salam secara konsisten setiap malam pada bulan Ramadan.

Tip 7: Berpakaian Rapi dan Suci
Berpakaianlah dengan rapi dan suci saat melaksanakan shalat tarawih, sebagai wujud penghormatan terhadap ibadah dan kesucian masjid.

Tip 8: Mengikuti Sunnah Rasulullah SAW
Dalam melaksanakan shalat tarawih, hendaknya merujuk pada sunnah Rasulullah SAW, baik dari segi jumlah rakaat, tata cara, maupun adab-adabnya.

Dengan menerapkan tips-tips tersebut, diharapkan umat Islam dapat melaksanakan shalat tarawih 4 rakaat salam dengan baik dan mendapatkan manfaat serta keutamaan yang terkandung di dalamnya. Shalat tarawih merupakan sarana untuk meningkatkan keimanan, ketakwaan, dan kedekatan diri kepada Allah SWT.

Tips-tips di atas juga menjadi pengingat bahwa shalat tarawih bukan hanya ibadah ritual semata, tetapi juga sarana untuk meningkatkan kualitas diri dan mempererat hubungan dengan Sang Pencipta.

Kesimpulan

Shalat tarawih 4 rakaat salam merupakan ibadah sunnah yang sangat dianjurkan pada bulan Ramadan. Ibadah ini memiliki banyak keutamaan, di antaranya dapat menghapus dosa, meningkatkan pahala, dan mendekatkan diri kepada Allah SWT. Shalat tarawih 4 rakaat salam terdiri dari 8 rakaat yang dikerjakan secara berjamaah, dengan setiap 2 rakaat diakhiri dengan salam.

Beberapa poin penting yang saling berkaitan dalam ibadah shalat tarawih 4 rakaat salam adalah:

  1. Niat dan Khusyuk: Niatkan shalat tarawih semata-mata karena Allah SWT dan laksanakan dengan khusyuk dan tenang.
  2. Kekonsistenan dan Berjamaah: Usahakan melaksanakan shalat tarawih secara konsisten setiap malam pada bulan Ramadan, dan utamakan shalat berjamaah di masjid.
  3. Doa dan Zikir: Perbanyak doa dan zikir di sela-sela shalat tarawih, terutama memohon ampunan dan pertolongan dari Allah SWT.

Shalat tarawih 4 rakaat salam merupakan ibadah yang sangat istimewa dan hanya dilaksanakan pada bulan Ramadan. Melalui ibadah ini, umat Islam dapat meningkatkan keimanan, ketakwaan, dan kedekatan diri kepada Allah SWT. Marilah kita melaksanakan shalat tarawih 4 rakaat salam dengan sebaik-baiknya dan memperoleh limpahan pahala dan keberkahan dari Allah SWT.



Artikel Terkait

Bagikan:

Nur Jannah

Halo, Perkenalkan nama saya Nur. Saya adalah salah satu penulis profesional yang suka berbagi ilmu. Dengan Artikel, saya bisa berbagi dengan teman - teman. Semoga semua artikel yang telah saya buat bisa bermanfaat. Pastikan Follow iainpurwokerto.ac.id ya.. Terimakasih..

Artikel Terbaru