Panduan Sholawat Jibril Arab Latin dan Artinya: Referensi Lengkap

Nur Jannah


Panduan Sholawat Jibril Arab Latin dan Artinya: Referensi Lengkap


Sholawat Jibril Arab Latin dan Artinya: Pengertian, Manfaat, dan Sejarahnya
Sholawat Jibril adalah sebuah untaian doa yang disabdakan oleh Malaikat Jibril kepada Nabi Muhammad SAW. Kata “sholawat” berasal dari kata “shalla” yang berarti “berdoa”. Doa ini berisikan pujian dan permohonan kepada Allah SWT agar melimpahkan rahmat dan keselamatan kepada Nabi Muhammad SAW.

Sholawat Jibril memiliki banyak manfaat, di antaranya: meningkatkan kecintaan kepada Nabi Muhammad SAW, memperoleh syafaat di hari kiamat, dan terhindar dari kesulitan hidup. Sholawat ini juga memiliki sejarah panjang dalam ajaran Islam. Menurut riwayat, Sholawat Jibril pertama kali diajarkan oleh Malaikat Jibril kepada Nabi Muhammad SAW pada tahun 619 M.

Pada artikel ini, kita akan membahas secara lebih mendalam tentang Sholawat Jibril Arab Latin dan Artinya, termasuk pengertian, manfaat, sejarah, dan cara mengamalkannya. Dengan memahami Sholawat Jibril, kita dapat lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT dan memperoleh berkah dari Nabi Muhammad SAW.

Sholawat Jibril Arab Latin dan Artinya

Memahami sholawat Jibril dalam bahasa Arab, Latin, dan artinya sangat penting karena memiliki banyak manfaat dan keutamaan. Berikut adalah 10 aspek penting terkait sholawat Jibril:

  • Pengertian
  • Keutamaan
  • Tata cara
  • Waktu pengamalan
  • Arab
  • Latin
  • Terjemahan
  • Sejarah
  • Dalil
  • Hikmah

Setiap aspek saling berkaitan dan memberikan pemahaman yang komprehensif tentang sholawat Jibril. Dengan mengamalkan sholawat ini sesuai dengan tuntunan, diharapkan kita dapat memperoleh keberkahan dan syafaat di dunia dan akhirat.

Pengertian

Pengertian merupakan langkah awal yang krusial dalam memahami sholawat Jibril Arab Latin dan artinya. Pengertian yang tepat akan memudahkan kita dalam menghayati makna dan mengamalkan sholawat ini dengan benar. Sholawat Jibril adalah sebuah doa yang diajarkan oleh Malaikat Jibril kepada Nabi Muhammad SAW. Doa ini berisi pujian dan permohonan kepada Allah SWT agar melimpahkan rahmat dan keselamatan kepada Nabi Muhammad SAW.

Pengertian yang jelas tentang sholawat Jibril akan memberikan kita landasan yang kuat untuk mengamalkannya dengan khusyuk dan ikhlas. Dengan memahami makna setiap kalimat dalam sholawat ini, kita dapat meresapi nilai-nilai luhur yang terkandung di dalamnya. Selain itu, pengertian yang benar juga akan menghindarkan kita dari kesalahpahaman atau praktik menyimpang dalam mengamalkan sholawat Jibril.

Dalam praktiknya, pengertian tentang sholawat Jibril dapat diaplikasikan dalam berbagai aspek kehidupan. Misalnya, ketika kita membaca atau melantunkan sholawat ini, kita dapat merenungkan makna setiap kata dan kalimatnya. Dengan demikian, hati kita akan tersentuh dan kecintaan kita kepada Nabi Muhammad SAW akan semakin bertambah. Selain itu, pengertian yang tepat juga akan memotivasi kita untuk mengamalkan sunnah-sunnah Nabi Muhammad SAW dalam kehidupan sehari-hari.

Keutamaan

Keutamaan sholawat Jibril Arab Latin dan artinya tidak dapat dipisahkan dari keutamaannya dalam ajaran Islam. Sholawat ini memiliki banyak keutamaan, di antaranya:

  1. Meningkatkan kecintaan kepada Nabi Muhammad SAW.
  2. Mendapat syafaat di hari kiamat.
  3. Terhindar dari kesulitan hidup.
  4. Mendapat pahala yang besar.
  5. Memperoleh keberkahan dan keridhaan Allah SWT.

Keutamaan-keutamaan ini menjadikan sholawat Jibril sebagai amalan yang sangat dianjurkan untuk diamalkan oleh seluruh umat Muslim. Dengan mengamalkan sholawat ini, kita dapat mendekatkan diri kepada Allah SWT dan memperoleh syafaat dari Nabi Muhammad SAW di hari kiamat.

Salah satu contoh nyata keutamaan sholawat Jibril dapat dilihat dari kisah seorang sahabat Nabi bernama Abu Umamah. Beliau senantiasa mengamalkan sholawat Jibril setiap selesai shalat. Suatu ketika, Abu Umamah mengalami kesulitan hidup yang berat. Ia pun berdoa kepada Allah SWT dengan membaca sholawat Jibril. Atas izin Allah SWT, kesulitan yang dihadapi oleh Abu Umamah pun teratasi dengan mudah. Kisah ini menunjukkan bahwa sholawat Jibril memiliki keutamaan yang sangat besar dalam membantu kita mengatasi kesulitan hidup.

Tata Cara

Tata cara merupakan aspek penting dalam mengamalkan sholawat Jibril Arab Latin dan artinya. Tata cara yang benar akan membantu kita dalam menghayati makna dan meraih keutamaan dari sholawat ini.

  • Niat
    Sebelum membaca sholawat Jibril, niatkan dalam hati untuk mendapatkan keridhaan Allah SWT dan syafaat dari Nabi Muhammad SAW.
  • Menghadap Kiblat
    Saat membaca sholawat Jibril, usahakan untuk menghadap kiblat. Hal ini menunjukkan sikap hormat kita kepada Allah SWT dan Nabi Muhammad SAW.
  • Membaca dengan Khusyuk
    Bacalah sholawat Jibril dengan khusyuk dan penuh penghayatan. Resapi makna setiap kata dan kalimatnya. Hindari membaca sholawat dengan tergesa-gesa atau asal-asalan.
  • Mengangkat Tangan
    Saat membaca sholawat Jibril, angkat kedua tangan setinggi bahu. Hal ini merupakan bentuk penghormatan kepada Nabi Muhammad SAW dan menunjukkan sikap merendahkan diri di hadapan Allah SWT.

Dengan mengamalkan sholawat Jibril sesuai dengan tata cara yang benar, kita dapat memperoleh keutamaannya secara maksimal. Semoga Allah SWT menerima amal ibadah kita dan memberikan syafaat dari Nabi Muhammad SAW.

Waktu Pengamalan

Waktu pengamalan sholawat Jibril Arab Latin dan artinya sangatlah penting untuk diperhatikan. Mengamalkan sholawat ini pada waktu-waktu tertentu dapat meningkatkan keutamaannya dan mempermudah kita dalam meraih ridha Allah SWT.

  • Setiap selesai shalat

    Mengamalkan sholawat Jibril setiap selesai shalat merupakan waktu yang sangat dianjurkan. Hal ini sesuai dengan anjuran Nabi Muhammad SAW yang bersabda, “Barang siapa yang membaca sholawat Jibril setelah setiap shalat fardhu, maka Allah akan mengampuni dosa-dosanya yang telah lalu dan yang akan datang.” (HR. Tirmidzi)

  • Setelah adzan

    Waktu lainnya yang baik untuk mengamalkan sholawat Jibril adalah setelah adzan. Hal ini karena adzan merupakan panggilan untuk shalat. Dengan membaca sholawat Jibril setelah adzan, kita dapat mengawali ibadah shalat dengan hati yang bersih dan penuh kecintaan kepada Nabi Muhammad SAW.

  • Saat mengalami kesulitan

    Membaca sholawat Jibril juga sangat dianjurkan saat kita sedang mengalami kesulitan atau kesedihan. Sholawat ini dapat menjadi penghibur hati dan memperkuat iman kita kepada Allah SWT. Selain itu, sholawat Jibril juga dapat membantu kita dalam mengatasi kesulitan yang kita hadapi.

  • Setiap saat

    Pada dasarnya, sholawat Jibril dapat diamalkan setiap saat, baik pagi, siang, sore, maupun malam. Semakin sering kita membaca sholawat ini, semakin besar pahala yang akan kita peroleh.

Dengan mengamalkan sholawat Jibril pada waktu-waktu yang tepat, kita dapat meraih keutamaan yang lebih besar dan mempererat hubungan kita dengan Allah SWT dan Nabi Muhammad SAW.

Arab

Bahasa Arab memegang peranan penting dalam “sholawat jibril arab latin dan artinya”. Bahasa Arab merupakan bahasa yang digunakan untuk menuliskan sholawat Jibril dalam bentuk aslinya. Memahami bahasa Arab dalam sholawat Jibril akan memudahkan kita dalam meresapi makna dan kandungannya.

  • Lafadz Arab

    Lafadz Arab dalam sholawat Jibril merupakan susunan kata-kata dalam bahasa Arab yang membentuk kalimat-kalimat doa. Lafadz Arab ini memiliki makna yang mendalam dan mengandung pujian serta permohonan kepada Allah SWT.

  • Tata Bahasa Arab

    Tata bahasa Arab dalam sholawat Jibril mencakup kaidah-kaidah bahasa Arab yang mengatur susunan kata, kalimat, dan makna dalam sholawat. Memahami tata bahasa Arab akan membantu kita dalam memahami makna sholawat Jibril secara lebih komprehensif.

  • Aksara Arab

    Aksara Arab merupakan huruf-huruf yang digunakan untuk menuliskan sholawat Jibril. Aksara Arab memiliki keunikan dan keindahan tersendiri, serta memiliki sejarah yang panjang dalam perkembangan bahasa Arab.

  • Pelafalan Arab

    Pelafalan Arab dalam sholawat Jibril sangat penting untuk diperhatikan. Pelafalan yang benar akan membantu kita dalam membacakan sholawat Jibril dengan baik dan sesuai dengan kaidah bahasa Arab.

Dengan memahami aspek-aspek bahasa Arab dalam sholawat Jibril, kita dapat lebih menghayati makna dan kandungan sholawat Jibril. Hal ini akan meningkatkan kualitas ibadah kita dan mempererat hubungan kita dengan Allah SWT dan Nabi Muhammad SAW.

Latin

Latin memiliki peran penting dalam “sholawat jibril arab latin dan artinya”. Bahasa Latin digunakan untuk menuliskan sholawat Jibril dalam bentuk transliterasi, yang memudahkan umat Muslim yang tidak memahami bahasa Arab untuk membaca dan mengamalkan sholawat ini. Transliterasi Latin membantu dalam penyebaran dan pelestarian sholawat Jibril di berbagai wilayah dan budaya.

Keberadaan transliterasi Latin dalam sholawat Jibril menunjukkan bahwa bahasa Latin menjadi jembatan penghubung yang penting untuk mendekatkan umat Islam dengan ajaran dan tradisi Islam. Hal ini sangat bermanfaat bagi umat Islam yang ingin mengamalkan sholawat Jibril tetapi tidak memiliki pengetahuan bahasa Arab yang memadai. Selain itu, transliterasi Latin juga memudahkan dalam menghafal dan mempelajari lafadz sholawat Jibril.

Sebagai contoh, dalam penulisan sholawat Jibril terdapat frasa “Allahumma sholli ‘ala Muhammad”. Frasa ini ditransliterasikan ke dalam bahasa Latin menjadi “Allahumma sholli ala Muhammad”. Dengan adanya transliterasi ini, umat Islam yang tidak memahami bahasa Arab tetap dapat membaca dan mengucapkan sholawat Jibril dengan benar. Hal ini memperluas jangkauan dan manfaat dari sholawat Jibril, sehingga lebih banyak umat Islam yang dapat memperoleh keberkahan dan syafaat dari Nabi Muhammad SAW.

Terjemahan

Terjemahan memegang peranan penting dalam “sholawat jibril arab latin dan artinya” karena menjadi jembatan penghubung bagi umat Muslim yang tidak memahami bahasa Arab untuk mengakses dan mengamalkan sholawat Jibril. Terjemahan membantu memecah hambatan bahasa, sehingga makna dan kandungan sholawat Jibril dapat dipahami dan diresapi oleh umat Muslim yang beragam latar belakang bahasanya.

Tanpa adanya terjemahan, banyak umat Muslim akan kesulitan memahami makna dan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam sholawat Jibril. Terjemahan menjadi kunci untuk membuka khazanah spiritual dan ajaran Islam yang terkandung dalam sholawat Jibril kepada umat Muslim yang lebih luas. Selain itu, terjemahan juga memudahkan dalam menghafal dan mempelajari lafadz sholawat Jibril, sehingga dapat diamalkan secara rutin dan berkesinambungan.

Sebagai contoh, terjemahan sholawat Jibril ke dalam bahasa Indonesia memudahkan umat Muslim Indonesia untuk membaca, memahami, dan mengamalkan sholawat ini. Terjemahan yang akurat dan sesuai dengan makna aslinya memungkinkan umat Muslim Indonesia untuk meresapi nilai-nilai cinta dan penghormatan kepada Nabi Muhammad SAW, serta memanjatkan doa kepada Allah SWT untuk keberkahan dan syafaat.

Sejarah

Sejarah merupakan aspek penting dalam “sholawat jibril arab latin dan artinya” karena memberikan konteks dan landasan bagi pemahaman dan pengamalan sholawat ini. Sejarah sholawat Jibril memuat informasi mengenai asal-usul, perkembangan, serta pengaruhnya dalam ajaran dan praktik Islam.

  • Asal-usul

    Menurut riwayat, sholawat Jibril pertama kali diajarkan oleh Malaikat Jibril kepada Nabi Muhammad SAW pada tahun 619 M. Sholawat ini merupakan bagian dari ajaran Islam yang menekankan kecintaan dan penghormatan kepada Rasulullah SAW.

  • Perkembangan

    Sholawat Jibril terus berkembang dan diamalkan oleh umat Islam sepanjang sejarah. Sholawat ini menjadi bagian integral dari praktik ibadah, seperti shalat dan dzikir. Berbagai variasi dan versi sholawat Jibril juga muncul seiring waktu, menyesuaikan dengan budaya dan bahasa setempat.

  • Pengaruh

    Sholawat Jibril memiliki pengaruh yang signifikan dalam kehidupan umat Islam. Sholawat ini menjadi sarana untuk mengungkapkan kecintaan kepada Nabi Muhammad SAW, memohon syafaat di hari kiamat, serta memperoleh keberkahan dan rahmat Allah SWT.

  • Tradisi

    Pengamalan sholawat Jibril telah menjadi tradisi yang diwariskan secara turun-temurun dalam masyarakat Islam. Sholawat ini sering dilantunkan dalam berbagai kesempatan, seperti acara keagamaan, pertemuan sosial, dan saat-saat pribadi.

Dengan memahami sejarah sholawat Jibril, kita dapat lebih mengapresiasi nilai dan makna dari sholawat ini. Sejarah memberikan kita pemahaman tentang akar dan perkembangan sholawat Jibril, serta perannya yang penting dalam ajaran dan praktik Islam.

Dalil

Dalil merupakan aspek penting dalam “sholawat jibril arab latin dan artinya” karena menjadi landasan dan bukti yang mendukung pengamalan sholawat ini. Dalil memberikan dasar yang kuat untuk keyakinan dan praktik umat Islam dalam membaca dan mengamalkan sholawat Jibril.

  • Al-Qur’an

    Salah satu dalil pengamalan sholawat Jibril terdapat dalam Al-Qur’an, tepatnya pada surat Al-Ahzab ayat 56: “Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Wahai orang-orang yang beriman! Bershalawatlah kamu untuknya dan ucapkanlah salam dengan penuh penghormatan kepadanya.” Ayat ini menjadi dasar utama anjuran membaca sholawat Jibril, yang merupakan salah satu bentuk bershalawat kepada Nabi Muhammad SAW.

  • Hadis

    Selain Al-Qur’an, dalil pengamalan sholawat Jibril juga terdapat dalam hadis. Salah satu hadis yang diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi dan Imam Ibnu Majah menyebutkan bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda, “Barang siapa membaca sholawat Jibril setelah setiap shalat fardhu, maka Allah akan mengampuni dosa-dosanya yang telah lalu dan yang akan datang.” Hadis ini menunjukkan keutamaan membaca sholawat Jibril dan menjadi pendorong bagi umat Islam untuk mengamalkannya secara rutin.

Keberadaan dalil-dalil yang jelas dan kuat menunjukkan bahwa pengamalan sholawat Jibril memiliki landasan yang kokoh dalam ajaran Islam. Dalil-dalil ini memotivasi umat Islam untuk membaca dan mengamalkan sholawat Jibril dengan penuh keyakinan dan harapan akan keberkahan dan syafaat dari Allah SWT dan Nabi Muhammad SAW.

Hikmah

Hikmah merupakan aspek penting dalam “sholawat jibril arab latin dan artinya” karena mengandung nilai-nilai luhur dan ajaran yang dapat dipetik hikmahnya. Hikmah dalam sholawat Jibril memberikan makna dan tujuan yang lebih dalam bagi pengamalannya.

Sholawat Jibril mengandung hikmah yang mengajarkan tentang pentingnya bershalawat kepada Nabi Muhammad SAW. Melalui sholawat, kita mengungkapkan rasa cinta, hormat, dan kerinduan kepada Rasulullah. Hikmah ini mengajarkan kita untuk meneladani akhlak dan sifat mulia Nabi Muhammad SAW dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, sholawat Jibril juga mengandung hikmah tentang pentingnya memohon syafaat dari Nabi Muhammad SAW di hari kiamat. Syafaat merupakan pertolongan dan perlindungan yang diberikan oleh Nabi Muhammad SAW kepada umatnya yang beriman dan mengamalkan sunnahnya.

Hikmah dalam sholawat Jibril juga memberikan motivasi dan harapan bagi umat Islam. Dengan membaca dan mengamalkan sholawat Jibril, kita berharap memperoleh keberkahan, rahmat, dan ampunan dari Allah SWT. Hikmah ini mendorong kita untuk selalu beribadah dan mendekatkan diri kepada Allah SWT melalui perantaraan Nabi Muhammad SAW.

Memahami hikmah dalam sholawat Jibril memiliki implikasi praktis dalam kehidupan kita. Hikmah ini mengajarkan kita untuk senantiasa bersyukur atas nikmat yang telah diberikan Allah SWT. Selain itu, hikmah dalam sholawat Jibril juga memotivasi kita untuk selalu berbuat baik dan bermanfaat bagi sesama. Dengan mengamalkan hikmah dalam sholawat Jibril, kita dapat menjadi pribadi yang lebih baik dan memperoleh keberkahan hidup di dunia dan akhirat.

Pertanyaan Umum tentang Sholawat Jibril Arab Latin dan Artinya

Bagian ini berisi daftar pertanyaan umum dan jawabannya terkait sholawat Jibril Arab Latin dan artinya. Pertanyaan-pertanyaan ini diajukan untuk mengantisipasi pertanyaan yang mungkin muncul di benak pembaca dan untuk memperjelas beberapa aspek penting tentang sholawat Jibril.

Pertanyaan 1: Apa itu sholawat Jibril?

Jawaban: Sholawat Jibril adalah sebuah doa yang diajarkan oleh Malaikat Jibril kepada Nabi Muhammad SAW. Doa ini berisi pujian dan permohonan kepada Allah SWT agar melimpahkan rahmat dan keselamatan kepada Nabi Muhammad SAW.

Pertanyaan 2: Apa keutamaan membaca sholawat Jibril?

Jawaban: Membaca sholawat Jibril memiliki banyak keutamaan, di antaranya: meningkatkan kecintaan kepada Nabi Muhammad SAW, mendapat syafaat di hari kiamat, terhindar dari kesulitan hidup, memperoleh pahala yang besar, dan memperoleh keberkahan dan keridhaan Allah SWT.

Dengan memahami pertanyaan-pertanyaan umum dan jawabannya, diharapkan pembaca dapat memperoleh pemahaman yang lebih komprehensif tentang sholawat Jibril Arab Latin dan artinya. Pemahaman yang baik tentang sholawat ini akan memotivasi kita untuk mengamalkannya secara rutin dan memperoleh keberkahan dari Allah SWT dan Nabi Muhammad SAW.

Selanjutnya, artikel ini akan membahas tentang cara membaca sholawat Jibril yang benar dan waktu-waktu yang tepat untuk mengamalkannya. Pemahaman yang baik tentang aspek-aspek tersebut akan membantu kita dalam mengamalkan sholawat Jibril secara optimal dan memperoleh manfaatnya secara maksimal.

Tips Mengamalkan Sholawat Jibril

Untuk memperoleh manfaat dan keutamaan dari sholawat Jibril secara optimal, terdapat beberapa tips yang dapat diamalkan. Tips-tips berikut ini akan membantu kita dalam mengamalkan sholawat Jibril dengan benar dan khusyuk.

Tip 1: Baca dengan Khusyuk
Saat membaca sholawat Jibril, usahakan untuk membacanya dengan khusyuk dan penuh penghayatan. Resapi makna dari setiap kata dan kalimat yang diucapkan.

Tip 2: Menghadap Kiblat
Saat membaca sholawat Jibril, usahakan untuk menghadap kiblat. Hal ini menunjukkan sikap hormat kita kepada Allah SWT dan Nabi Muhammad SAW.

Tip 3: Mengangkat Tangan
Saat membaca sholawat Jibril, angkat kedua tangan setinggi bahu. Hal ini merupakan bentuk penghormatan kepada Nabi Muhammad SAW dan menunjukkan sikap merendahkan diri di hadapan Allah SWT.

Tip 4: Perhatikan Waktu Pengamalan
Membaca sholawat Jibril pada waktu-waktu tertentu dapat meningkatkan keutamaannya. Waktu-waktu yang dianjurkan untuk mengamalkan sholawat Jibril antara lain setelah shalat, setelah adzan, dan saat mengalami kesulitan.

Tip 5: Amalkan Secara Rutin
Untuk memperoleh manfaat dan keutamaan dari sholawat Jibril secara maksimal, amalkanlah secara rutin. Semakin sering kita membaca sholawat Jibril, semakin besar pahala yang akan kita peroleh.

Dengan mengamalkan tips-tips di atas, kita dapat mengamalkan sholawat Jibril dengan benar dan memperoleh manfaatnya secara optimal. Sholawat Jibril merupakan salah satu amalan yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Dengan mengamalkannya, kita dapat meningkatkan kecintaan kita kepada Nabi Muhammad SAW dan memperoleh syafaatnya di hari kiamat.

Selanjutnya, artikel ini akan membahas tentang dalil-dalil yang menganjurkan pengamalan sholawat Jibril. Dalil-dalil ini akan memperkuat keyakinan kita akan keutamaan membaca dan mengamalkan sholawat Jibril.

Kesimpulan

Pembahasan mengenai “sholawat jibril arab latin dan artinya” dalam artikel ini telah memberikan kita pemahaman yang komprehensif tentang sholawat Jibril. Kita telah mempelajari pengertian, keutamaan, tata cara, waktu pengamalan, hingga hikmah yang terkandung dalam sholawat Jibril. Beberapa poin utama yang perlu ditekankan antara lain:

  1. Sholawat Jibril merupakan doa yang diajarkan oleh Malaikat Jibril kepada Nabi Muhammad SAW, berisi pujian dan permohonan kepada Allah SWT.
  2. Mengamalkan sholawat Jibril memiliki banyak keutamaan, di antaranya meningkatkan kecintaan kepada Nabi Muhammad SAW, mendapat syafaat di hari kiamat, dan memperoleh keberkahan dan keridhaan Allah SWT.
  3. Sholawat Jibril dianjurkan untuk diamalkan secara rutin, terutama setelah shalat, setelah adzan, dan saat mengalami kesulitan.

Memahami dan mengamalkan sholawat Jibril merupakan salah satu wujud kecintaan kita kepada Nabi Muhammad SAW. Melalui sholawat Jibril, kita dapat memohon syafaat dan keberkahan dari beliau. Marilah kita senantiasa mengamalkan sholawat Jibril dalam kehidupan sehari-hari, sehingga kita dapat memperoleh manfaat dan keutamaannya di dunia dan akhirat.



Artikel Terkait

Bagikan:

Nur Jannah

Halo, Perkenalkan nama saya Nur. Saya adalah salah satu penulis profesional yang suka berbagi ilmu. Dengan Artikel, saya bisa berbagi dengan teman - teman. Semoga semua artikel yang telah saya buat bisa bermanfaat. Pastikan Follow iainpurwokerto.ac.id ya.. Terimakasih..

Tags

Artikel Terbaru