Teks Bilal Tarawih 23 Rakaat

Nur Jannah


Teks Bilal Tarawih 23 Rakaat

Teks bilal tarawih 23 rakaat adalah panduan tata cara sholat tarawih yang terdiri dari 23 rakaat. Biasanya, teks ini dibacakan oleh bilal atau imam saat memimpin sholat tarawih di masjid atau musala.

Teks bilal tarawih 23 rakaat memiliki peran penting dalam menjaga keseragaman dan kekhusyukan ibadah tarawih. Selain itu, teks ini juga memuat doa-doa dan zikir yang dianjurkan untuk dibaca saat sholat tarawih.

Dalam perkembangannya, teks bilal tarawih 23 rakaat mengalami beberapa perubahan dan penyesuaian seiring waktu. Hal ini dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti perbedaan mazhab dan tradisi di berbagai daerah.

Teks Bilal Tarawih 23 Rakaat

Teks bilal tarawih 23 rakaat merupakan panduan penting dalam pelaksanaan ibadah sholat tarawih. Berikut adalah beberapa aspek penting yang perlu diperhatikan terkait teks bilal tarawih 23 rakaat:

  • Tata Cara
  • Doa
  • Zikir
  • Sunnah
  • Rakaat
  • Waktu
  • Tempat
  • Imam
  • Jamaah
  • Keutamaan

Aspek-aspek tersebut saling berkaitan dan membentuk kesatuan dalam pelaksanaan ibadah sholat tarawih. Tata cara sholat tarawih yang sesuai dengan tuntunan Rasulullah SAW menjadi pedoman utama dalam penyusunan teks bilal tarawih. Doa dan zikir yang dibaca saat sholat tarawih juga memiliki makna dan keutamaan tertentu. Selain itu, aspek waktu, tempat, imam, dan jamaah juga perlu diperhatikan agar ibadah sholat tarawih dapat dilaksanakan dengan baik dan khusyuk.

Tata Cara

Tata cara merupakan aspek penting dalam teks bilal tarawih 23 rakaat. Tata cara yang dimaksud adalah urutan dan gerakan sholat tarawih yang sesuai dengan tuntunan Rasulullah SAW. Tata cara ini harus dijalankan dengan baik dan benar agar ibadah sholat tarawih dapat dilaksanakan dengan sah dan khusyuk.

  • Niat
    Niat merupakan syarat sah sholat, termasuk sholat tarawih. Niat dilakukan di awal sholat dengan mengucapkan kalimat tertentu dalam hati.
  • Takbiratul Ihram
    Takbiratul ihram adalah ucapan “Allahu Akbar” yang diucapkan di awal sholat. Takbiratul ihram menandakan dimulainya sholat.
  • Rukuk
    Rukuk adalah gerakan membungkukkan badan dengan meletakkan kedua tangan di atas lutut. Rukuk dilakukan setelah membaca surat Al-Fatihah.
  • I’tidal
    I’tidal adalah gerakan berdiri tegak setelah rukuk. I’tidal dilakukan dengan mengangkat kedua tangan setinggi bahu.

Tata cara sholat tarawih secara lengkap dapat dilihat pada teks bilal tarawih 23 rakaat. Dengan mengikuti tata cara yang benar, ibadah sholat tarawih dapat dilaksanakan dengan sempurna dan bernilai ibadah yang tinggi.

Doa

Doa merupakan bagian penting dalam teks bilal tarawih 23 rakaat. Doa-doa yang dibacakan dalam sholat tarawih memiliki makna dan keutamaan tertentu. Doa-doa ini biasanya berisi permohonan kepada Allah SWT agar diberikan ampunan, rahmat, dan keberkahan.

Salah satu doa yang sering dibacakan dalam sholat tarawih adalah doa qunut. Doa qunut dibaca setelah i’tidal pada rakaat terakhir sholat witir. Doa qunut berisi permohonan kepada Allah SWT agar dijauhkan dari bencana, fitnah, dan azab. Selain doa qunut, ada juga doa-doa lain yang dibacakan dalam sholat tarawih, seperti doa iftitah, doa sebelum salam, dan doa setelah salam.

Membaca doa dalam sholat tarawih memiliki beberapa manfaat, diantaranya:

  • Menambah kekhusyukan dalam sholat.
  • Menunjukkan rasa syukur kepada Allah SWT atas nikmat yang telah diberikan.
  • Memohon ampunan dan rahmat dari Allah SWT.
  • Mengharapkan keberkahan dari Allah SWT.

Dengan memahami hubungan antara doa dan teks bilal tarawih 23 rakaat, kita dapat melaksanakan ibadah sholat tarawih dengan lebih baik dan khusyuk. Kita dapat membaca doa-doa yang terdapat dalam teks bilal tarawih dengan penuh penghayatan dan harapan agar doa-doa tersebut dikabulkan oleh Allah SWT.

Zikir

Zikir merupakan amalan penting dalam ibadah sholat tarawih. Zikir adalah mengingat dan menyebut nama Allah SWT dengan lisan dan hati. Dalam teks bilal tarawih 23 rakaat, terdapat beberapa bagian yang berisi zikir, seperti tasbih, tahmid, dan tahlil.

  • Tasbih (Subhanallah)
    Tasbih adalah zikir yang berisi pengagungan terhadap kesucian Allah SWT. Tasbih biasanya dibaca pada saat rukuk dan sujud.
  • Tahmid (Alhamdulillah)
    Tahmid adalah zikir yang berisi pujian kepada Allah SWT. Tahmid biasanya dibaca pada saat i’tidal dan duduk di antara dua sujud.
  • Tahlil (Laa ilaha illallah)
    Tahlil adalah zikir yang berisi penegasan bahwa tiada tuhan selain Allah SWT. Tahlil biasanya dibaca pada saat duduk tasyahud akhir.

Membaca zikir dalam sholat tarawih memiliki beberapa manfaat, diantaranya:

  • Menambah kekhusyukan dalam sholat.
  • Menunjukkan rasa cinta dan pengagungan kepada Allah SWT.
  • Menghapus dosa-dosa kecil.
  • Memohon ampunan dan rahmat dari Allah SWT.

Sunnah

Sunnah merupakan aspek penting dalam teks bilal tarawih 23 rakaat. Sunnah adalah segala sesuatu yang diajarkan dan dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW, baik perkataan, perbuatan, maupun ketetapannya. Dalam konteks teks bilal tarawih 23 rakaat, sunnah meliputi tata cara, doa, zikir, dan hal-hal lain yang berkaitan dengan ibadah sholat tarawih.

  • Tata Cara
    Tata cara sholat tarawih yang sesuai dengan sunnah Rasulullah SAW, seperti jumlah rakaat, bacaan surat, dan gerakan sholat.
  • Doa
    Doa-doa yang dibaca dalam sholat tarawih, seperti doa qunut, doa iftitah, dan doa setelah salam, merupakan sunnah yang diajarkan oleh Rasulullah SAW.
  • Zikir
    Zikir-zikir yang dibaca dalam sholat tarawih, seperti tasbih, tahmid, dan tahlil, merupakan sunnah yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW.
  • Waktu Pelaksanaan
    Waktu pelaksanaan sholat tarawih yang paling utama adalah pada sepertiga malam terakhir, sebagaimana yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW.

Dengan memahami dan melaksanakan sunnah-sunnah dalam teks bilal tarawih 23 rakaat, kita dapat melaksanakan ibadah sholat tarawih dengan lebih baik dan sesuai dengan tuntunan Rasulullah SAW. Hal ini akan menambah kekhusyukan, pahala, dan keberkahan dalam ibadah kita.

Rakaat

Rakaat adalah satuan dasar dalam sholat, termasuk sholat tarawih. Satu rakaat terdiri dari beberapa gerakan, yaitu takbiratul ihram, qiyam, rukuk, i’tidal, sujud, dan duduk di antara dua sujud. Jumlah rakaat dalam sholat tarawih bervariasi, namun yang paling umum adalah 23 rakaat.

Teks bilal tarawih 23 rakaat merupakan panduan tata cara sholat tarawih yang terdiri dari 23 rakaat. Teks ini memuat urutan gerakan sholat, bacaan surat, dan doa-doa yang dibaca pada setiap rakaat. Dengan adanya teks bilal tarawih 23 rakaat, umat Islam dapat melaksanakan sholat tarawih dengan tertib dan sesuai dengan tuntunan Rasulullah SAW.

Rakaat merupakan komponen penting dalam teks bilal tarawih 23 rakaat. Jumlah rakaat yang tepat harus diperhatikan agar sholat tarawih dapat dilaksanakan dengan sah dan sempurna. Jika jumlah rakaat kurang atau lebih dari yang ditentukan, maka sholat tarawih menjadi tidak sah. Oleh karena itu, umat Islam harus memahami dengan baik tata cara sholat tarawih, termasuk jumlah rakaatnya, agar dapat melaksanakan ibadah ini dengan benar.

Waktu

Waktu memiliki kaitan erat dengan teks bilal tarawih 23 rakaat. Teks bilal tarawih 23 rakaat merupakan panduan tata cara pelaksanaan sholat tarawih yang terdiri dari 23 rakaat. Pelaksanaan sholat tarawih memiliki waktu-waktu tertentu yang dianjurkan, yaitu pada malam hari di bulan Ramadhan setelah sholat Isya.

Waktu menjadi komponen penting dalam teks bilal tarawih 23 rakaat karena menentukan sah atau tidaknya sholat tarawih. Sholat tarawih yang dilaksanakan di luar waktu yang ditentukan, seperti pada siang hari atau setelah waktu Isya habis, maka sholat tarawih tersebut tidak sah. Oleh karena itu, umat Islam harus memperhatikan waktu pelaksanaan sholat tarawih agar ibadahnya dapat diterima oleh Allah SWT.

Dalam teks bilal tarawih 23 rakaat, terdapat ketentuan waktu pelaksanaan sholat tarawih, yaitu pada sepertiga malam terakhir. Waktu ini dianggap sebagai waktu yang paling utama untuk melaksanakan sholat tarawih karena pada waktu tersebut umat Islam diharapkan dapat lebih fokus dan khusyuk dalam beribadah. Selain itu, pada sepertiga malam terakhir juga terdapat keutamaan tersendiri, yaitu waktu dikabulkannya doa-doa.

Dengan memahami hubungan antara waktu dan teks bilal tarawih 23 rakaat, umat Islam dapat melaksanakan sholat tarawih dengan baik dan sesuai dengan tuntunan Rasulullah SAW. Hal ini akan menambah kekhusyukan, pahala, dan keberkahan dalam ibadah sholat tarawih.

Tempat

Tempat memiliki hubungan yang erat dengan teks bilal tarawih 23 rakaat. Teks bilal tarawih 23 rakaat merupakan panduan tata cara pelaksanaan sholat tarawih yang terdiri dari 23 rakaat. Sholat tarawih merupakan salah satu ibadah sunnah yang sangat dianjurkan untuk dilaksanakan pada bulan Ramadhan. Tempat pelaksanaan sholat tarawih memiliki pengaruh terhadap kekhusyukan dan kenyamanan dalam beribadah.

Tempat yang baik untuk melaksanakan sholat tarawih adalah masjid atau mushola. Masjid dan mushola merupakan tempat yang bersih, tenang, dan jauh dari kebisingan. Selain itu, masjid dan mushola juga memiliki fasilitas yang lengkap untuk mendukung pelaksanaan ibadah, seperti tempat wudhu, sajadah, dan imam yang memimpin sholat.

Dalam teks bilal tarawih 23 rakaat, tidak disebutkan secara khusus mengenai tempat pelaksanaan sholat tarawih. Namun, dari anjuran Rasulullah SAW untuk melaksanakan sholat tarawih di masjid atau mushola, dapat disimpulkan bahwa tempat tersebut merupakan tempat yang paling baik untuk melaksanakan sholat tarawih.

Dengan memahami hubungan antara tempat dan teks bilal tarawih 23 rakaat, umat Islam dapat memilih tempat yang tepat untuk melaksanakan sholat tarawih. Hal ini akan menambah kekhusyukan, kenyamanan, dan pahala dalam beribadah.

Imam

Dalam teks bilal tarawih 23 rakaat, terdapat peran penting yang disebut imam. Imam adalah orang yang memimpin jalannya sholat tarawih, baik dari segi gerakan maupun bacaannya. Kehadiran imam sangat penting untuk memastikan bahwa sholat tarawih dilaksanakan dengan tertib dan sesuai dengan tuntunan Rasulullah SAW.

  • Syarat Menjadi Imam

    Untuk menjadi seorang imam, terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi, di antaranya adalah berjenis kelamin laki-laki, baligh, berakal sehat, dan mengetahui tata cara sholat tarawih dengan baik.

  • Tugas Imam

    Tugas utama seorang imam adalah memimpin jalannya sholat tarawih. Imam bertugas membaca niat, takbiratul ihram, surat Al-Fatihah, surat pendek, doa qunut, dan doa-doa lainnya. Selain itu, imam juga bertugas mengatur gerakan sholat, seperti rukuk, sujud, dan i’tidal.

  • Keutamaan Menjadi Imam

    Terdapat beberapa keutamaan bagi orang yang menjadi imam sholat tarawih, di antaranya adalah mendapatkan pahala yang berlipat ganda, diampuni dosa-dosanya, dan dijauhkan dari siksa neraka.

  • Contoh Imam

    Salah satu contoh imam yang terkenal adalah Abu Hanifah. Abu Hanifah adalah seorang ulama besar yang hidup pada abad ke-8 Masehi. Beliau dikenal sebagai salah satu pendiri mazhab Hanafi dan menjadi imam di Masjid Agung Kufah.

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa peran imam dalam teks bilal tarawih 23 rakaat sangatlah penting. Imam bertugas memimpin jalannya sholat tarawih, memastikan bahwa sholat dilaksanakan dengan tertib dan sesuai dengan tuntunan Rasulullah SAW. Oleh karena itu, umat Islam harus menghormati dan menghargai peran imam dalam sholat tarawih.

Jamaah

Dalam pelaksanaan sholat tarawih, jamaah memiliki peran penting. Jamaah adalah kumpulan orang yang berkumpul untuk melaksanakan sholat berjamaah, termasuk sholat tarawih. Kehadiran jamaah dalam sholat tarawih dapat menambah kekhusyukan dan pahala dalam beribadah.

  • Jumlah Jamaah
    Jumlah jamaah dalam sholat tarawih tidak ditentukan secara pasti. Namun, semakin banyak jamaah yang hadir, maka pahala yang didapat juga semakin besar.
  • Jenis Kelamin Jamaah
    Sholat tarawih dapat dilaksanakan oleh jamaah laki-laki dan perempuan. Namun, biasanya sholat tarawih untuk laki-laki dan perempuan dilaksanakan secara terpisah.
  • Keutamaan Jamaah
    Terdapat beberapa keutamaan bagi jamaah yang melaksanakan sholat tarawih berjamaah, di antaranya adalah mendapatkan pahala yang berlipat ganda, diampuni dosa-dosanya, dan dijauhkan dari siksa neraka.
  • Tata Tertib Jamaah
    Jamaah yang hadir dalam sholat tarawih harus menjaga tata tertib dan kekhusyukan selama pelaksanaan sholat. Jamaah tidak diperkenankan berbicara, tertawa, atau melakukan perbuatan yang dapat mengganggu kekhusyukan orang lain.

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa jamaah memiliki peran penting dalam teks bilal tarawih 23 rakaat. Kehadiran jamaah dapat menambah kekhusyukan dan pahala dalam beribadah. Selain itu, jamaah juga harus menjaga tata tertib dan kekhusyukan selama pelaksanaan sholat tarawih.

Keutamaan

Teks bilal tarawih 23 rakaat merupakan panduan tata cara sholat tarawih yang berisi keutamaan-keutamaan tertentu. Keutamaan-keutamaan ini menjadi motivasi bagi umat Islam untuk melaksanakan sholat tarawih dengan penuh kekhusyukan dan kesungguhan.

Salah satu keutamaan sholat tarawih adalah dapat menghapus dosa-dosa kecil. Hal ini sebagaimana sabda Rasulullah SAW, “Barangsiapa yang melaksanakan sholat tarawih karena iman dan mengharap pahala dari Allah, maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Selain itu, sholat tarawih juga menjadi sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Sholat tarawih merupakan ibadah sunnah yang sangat dianjurkan, terutama pada bulan Ramadhan. Dengan melaksanakan sholat tarawih, umat Islam dapat memperbanyak ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Dengan memahami keutamaan-keutamaan sholat tarawih, umat Islam dapat termotivasi untuk melaksanakan ibadah ini dengan sebaik-baiknya. Sholat tarawih bukan hanya sekedar ibadah rutin, tetapi juga menjadi sarana untuk menghapus dosa, mendekatkan diri kepada Allah SWT, dan mendapatkan pahala yang berlimpah.

Pertanyaan Umum tentang Teks Bilal Tarawih 23 Rakaat

Teks bilal tarawih 23 rakaat merupakan panduan tata cara sholat tarawih yang terdiri dari 23 rakaat. Panduan ini berisi urutan gerakan sholat, bacaan surat, dan doa-doa yang dibaca pada setiap rakaat. Berikut ini adalah beberapa pertanyaan umum yang sering ditanyakan terkait teks bilal tarawih 23 rakaat:

Pertanyaan 1: Apa saja keutamaan sholat tarawih?
Jawaban: Sholat tarawih memiliki banyak keutamaan, diantaranya adalah dapat menghapus dosa-dosa kecil, mendekatkan diri kepada Allah SWT, dan mendapatkan pahala yang berlimpah.Pertanyaan 2: Bagaimana cara melaksanakan sholat tarawih?
Jawaban: Tata cara pelaksanaan sholat tarawih dapat dilihat pada teks bilal tarawih 23 rakaat. Secara umum, sholat tarawih dilaksanakan dengan cara melaksanakan 2 rakaat sholat sunnah, dilanjutkan dengan 8 rakaat sholat witir, dan diakhiri dengan 3 rakaat sholat witir.Pertanyaan 3: Berapa jumlah rakaat dalam sholat tarawih?
Jawaban: Jumlah rakaat dalam sholat tarawih adalah 23 rakaat, terdiri dari 20 rakaat sholat sunnah dan 3 rakaat sholat witir.Pertanyaan 4: Kapan waktu pelaksanaan sholat tarawih?
Jawaban: Waktu pelaksanaan sholat tarawih adalah pada malam hari bulan Ramadhan, setelah sholat Isya.Pertanyaan 5: Di mana tempat yang baik untuk melaksanakan sholat tarawih?
Jawaban: Tempat yang baik untuk melaksanakan sholat tarawih adalah masjid atau mushola.Pertanyaan 6: Siapa yang bertugas menjadi imam dalam sholat tarawih?
Jawaban: Imam dalam sholat tarawih adalah orang yang memimpin jalannya sholat, baik dari segi gerakan maupun bacaannya. Biasanya, imam dipilih dari kalangan yang memiliki pengetahuan agama yang baik dan hafal bacaan sholat.

Demikianlah beberapa pertanyaan umum tentang teks bilal tarawih 23 rakaat. Semoga jawaban-jawaban di atas dapat memberikan pemahaman yang lebih jelas bagi umat Islam yang ingin melaksanakan sholat tarawih dengan baik dan benar. Sholat tarawih merupakan ibadah sunnah yang sangat dianjurkan, terutama pada bulan Ramadhan. Dengan melaksanakan sholat tarawih, umat Islam dapat meraih pahala yang berlimpah dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Selanjutnya, kita akan membahas tentang manfaat melaksanakan sholat tarawih secara berjamaah. Sholat tarawih berjamaah memiliki keutamaan dan manfaat yang lebih besar dibandingkan dengan sholat tarawih sendirian.

Tips Melaksanakan Sholat Tarawih Berjamaah

Melaksanakan sholat tarawih secara berjamaah memiliki keutamaan dan manfaat yang lebih besar dibandingkan dengan sholat tarawih sendirian. Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat dilakukan untuk melaksanakan sholat tarawih berjamaah dengan baik:

1. Niat yang Kuat
Niat yang kuat menjadi dasar dalam melaksanakan ibadah apapun, termasuk sholat tarawih. Niatkanlah untuk melaksanakan sholat tarawih berjamaah karena Allah SWT dan mengharapkan pahala dari-Nya.

2. Datang Tepat Waktu
Datang tepat waktu ke masjid atau mushola untuk melaksanakan sholat tarawih berjamaah. Dengan datang tepat waktu, kita dapat mengikuti sholat tarawih sejak awal dan tidak ketinggalan rakaat-rakaat awal.

3. Jaga Kekhusyukan
Sholat tarawih adalah ibadah yang membutuhkan kekhusyukan. Jaga kekhusyukan selama melaksanakan sholat tarawih berjamaah. Hindari berbicara, tertawa, atau melakukan perbuatan yang dapat mengganggu kekhusyukan orang lain.

4. Ikuti Imam dengan Tertib
Dalam sholat tarawih berjamaah, terdapat seorang imam yang memimpin jalannya sholat. Ikuti gerakan dan bacaan imam dengan tertib. Jangan terburu-buru atau ketinggalan gerakan imam.

5. Perhatikan Bacaan Imam
Selain mengikuti gerakan imam, perhatikan juga bacaan imam. Usahakan untuk membaca surat dan doa yang sama dengan yang dibaca oleh imam. Hal ini akan menambah kekhusyukan dan pahala dalam beribadah.

6. Lengkapi dengan Sholat Witir
Setelah melaksanakan sholat tarawih, disunnahkan untuk melanjutkan dengan sholat witir. Sholat witir merupakan sholat sunnah yang terdiri dari 3 rakaat. Dengan melengkapi sholat tarawih dengan sholat witir, ibadah kita akan lebih sempurna.

7. Berdoa Bersama
Setelah selesai melaksanakan sholat tarawih dan witir, sempatkan untuk berdoa bersama. Berdoa bersama dapat menambah keberkahan dan pahala dalam beribadah.

Dengan melaksanakan tips-tips di atas, kita dapat melaksanakan sholat tarawih berjamaah dengan baik dan memperoleh keutamaannya secara maksimal. Sholat tarawih berjamaah merupakan salah satu ibadah yang sangat dianjurkan, terutama pada bulan Ramadhan. Dengan melaksanakan sholat tarawih berjamaah, kita dapat meraih pahala yang berlimpah, mendekatkan diri kepada Allah SWT, dan mempererat tali persaudaraan dengan sesama Muslim.

Tips-tips di atas merupakan langkah awal untuk meningkatkan kualitas ibadah sholat tarawih kita. Pada bagian selanjutnya, kita akan membahas tentang keutamaan dan manfaat melaksanakan sholat tarawih secara berjamaah.

Kesimpulan

Teks bilal tarawih 23 rakaat merupakan panduan penting dalam pelaksanaan ibadah sholat tarawih selama bulan Ramadhan. Teks ini memuat tata cara sholat, doa, zikir, dan sunnah yang harus diperhatikan agar ibadah sholat tarawih dapat dilaksanakan dengan sah dan khusyuk. Beberapa poin penting yang perlu diperhatikan antara lain:

  • Tata cara sholat tarawih sesuai dengan tuntunan Rasulullah SAW, termasuk jumlah rakaat, bacaan surat, dan gerakan sholat.
  • Doa dan zikir yang dibaca dalam sholat tarawih memiliki makna dan keutamaan tertentu, seperti memohon ampunan, rahmat, dan keberkahan dari Allah SWT.
  • Melaksanakan sholat tarawih berjamaah memiliki keutamaan dan manfaat yang lebih besar dibandingkan dengan sholat tarawih sendirian, seperti mempererat tali persaudaraan dan menambah kekhusyukan.

Dengan memahami dan mengamalkan teks bilal tarawih 23 rakaat, umat Islam dapat melaksanakan ibadah sholat tarawih dengan baik dan benar. Sholat tarawih merupakan salah satu ibadah sunnah yang sangat dianjurkan, terutama pada bulan Ramadhan. Dengan melaksanakan sholat tarawih, umat Islam dapat memperoleh pahala yang berlimpah, mendekatkan diri kepada Allah SWT, dan mempererat tali silaturahmi dengan sesama Muslim.



Artikel Terkait

Bagikan:

Nur Jannah

Halo, Perkenalkan nama saya Nur. Saya adalah salah satu penulis profesional yang suka berbagi ilmu. Dengan Artikel, saya bisa berbagi dengan teman - teman. Semoga semua artikel yang telah saya buat bisa bermanfaat. Pastikan Follow iainpurwokerto.ac.id ya.. Terimakasih..

Tags

Artikel Terbaru